Terhubung dengan kami

Tips

Jalan Ninja Kalo Mobil Mogok di Tol, Gak Usah Panik!

Bacaan 2 menit

Mobil mogok di jalan tol

Jangan langsung panik kalo lagi asyik nyetir tiba-tiba mobil mogok di tol. Apalagi kalo kedengeran suara letusan kenceng dari arah mobil kita. Mending nenangin diri biar kamu bisa konsentrasi dan berpikir apa yang harus kamu lakuin.

Biar gak panikan kalo mobil mogok di tol malam atau siang hari, coba simak beberapa hal ini!

Cari tahu penyebab mobil mogok

Penyebab mobil mogok di tol itu bervariasi. Tapi, kebanyakan hal ini terjadi karena kurangnya persiapan saat bepergian jauh. Kalau udah terlanjur mogok, kemungkinan penyebabnya ini. 

  • Ban bocor

Masalah yang umum adalah ban bocor atau kempes. Saat kita bawa melewati tol, bisa aja tekanan udara berubah atau ban tertusuk benda tajam. Makanya, cek kondisi ban kalau kamu mendengar suara letusan ban atau mobil tiba-tiba gak mau bergerak.

  • Mesin overheat

Sering bawa mobil sampe ratusan KM tapi jarak cek kondisi mesin? Risikonya mobil bisa overheat sampe mogok di tol. FYI, overheat terjadi kalau suhu mobil mengalami kenaikan yang gak wajar. Kemungkinan penyebabnya itu radiator coolant habis, kipas pendinginan rusak, radiator rusak atau tersumbat, dan kualitas oli rendah. 

  • Bahan bakar atau baterai habis

Mobil mogok di tol juga terjadi karena bahan bakar atau daya listriknya habis. Hal seperti ini biasanya terjadi karena kurang perhitungan sebelum bepergian. Kalau gak mau mogok, selalu cek indikator bahan bakar atau daya baterai di dashboard mobil kamu, ya!

Baca juga: 5 Mobil Terbaru Tahun 2024, Cek Paling Favorit!

Tips mengatasi mobil macet

Sekarang gimana kalau tiba-tiba mobil berhenti di tol? Pastikan kamu tetap tenang dan jangan injak rem dulu. Biar kamu bisa menepi ke pinggir tol, sebaiknya kamu atur stir sekuat tenaga dan nyalain lampu hazard plus lampu sen kiri. Biarkan mobil kamu mengubah ke posisi aman pelan-pelan tanpa mengganggu orang di sekitar.

Kalau mobil sudah dirasa aman, segera pasang segitiga pengaman biar orang lain tahu kondisi kamu. Kalau mobil mogok di tol karena kempes atau bocor, segera siapin peralatan ganti ban. 

Beda lagi kalau mobil mogok karena masalah mesin atau kehabisan daya. Kamu bisa panggil nomor telepon darurat dari Jasa Marga atau Polisi PJR. Tenang aja, mereka selalu siap sedia berpatroli atau bantu kamu 24 jam. 

Biasanya, petugas memberikan penderekan gratis bagi pengguna jalan tol kalau ada di dekat gerbang tol. Kalau terlalu jauh, tarif bakal ngikutin jenis kendaraan dan jarak tempuh kamu. Intinya, jangan panik lagi!

Ini nomor telepon Jasa Marga yang bisa kamu simpan, ya!14080.

Baca juga: Mau Mobil Pickup Versi Elite? Ini Keunggulan Tesla Cybertruck!

4 komentar

1 Komentar

  1. Untuk Pingback: Kamu Pasti Bisa, Ini Tips Biar Berani Nyetir di Jalan! - Halotomotif

  2. Untuk Pingback: Ini 5 Suara Aneh di Mobil, Hati-hati Kalo Denger Suara Ini! - Halotomotif

  3. Untuk Pingback: Trik Jitu Nyari Tahu Orang Kentut di Mobil!  - Halotomotif

  4. Untuk Pingback: Penyebab Rem Blong Karena Apa? - Halotomotif

Tinggalkan Jawaban

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tips

Rekomendasi Kaca Film, Gak Usah Merem-merem Lagi di Mobil! 

Bacaan 2 menit

Rekomendasi Kaca Film Terbaik

Males banget gak sih lagi nyetir tapi kesorot cahaya matahari, Sob? Udah bikin silau, nyetir jadi gak fokus. Belum lagi kalo kamu punya mata silinder, bisa-bisa langsung pusing tuh. Sabar aja yak, sebenarnya kamu cuma butuh rekomendasi kaca film terbaik aja. 

Emang kaca film buat apa sih? Kalo diliat dari fungsinya, kaca film bisa menghalau panas matahari berlebihan plus sinar UV-nya. Jadi, kamu gak bakal takut belang atau kesilauan di mobil.

Langsung aja, ini beberapa rekomendasi ini buat Sobat Halotomotif!

Rekomendasi kaca film mobil

Pilih kaca mobil jangan asal murah aja. Pastiin kaca mobil aman, berfungsi, dan bikin mobil makin keliatan cakep. Nah, ini dia beberapa daftar kaca film buat kamu. 

Llumar

Pernah denger merek satu ini belum? Rekomendasi kaca film satu ini harganya sekitar Rp 1,4 juta sampe Rp 3 jutaan dengan tingkat kegelapan dari 20% sampe 80%. Tenang aja, kaca satu ini gak ada efek cermin yang biasa ganggu penglihatan. So, udah pasti tenang dan aman kan?

V-Kool

Rekomendasi kaca film yang cukup populer merek V-Kool. Kaca satu ini pakai teknologi nano yang bisa nolak 96% sinar infrared rejection. Dengan kualitas kayak gini, gak heran kalo dijual harga Rp3-4 juta.

Huper Optik

Gak kalah canggih sama rekomendasi kaca film yang lain. Merek asal Indonesia ini nawarin spectrum infrared 96% yang bikin dalem mobil tetap dingin. Soal harga juga terjangkau atau mulai Rp 1 jutaan aja. 

Perfectionist 

Mau kaca film yang pakai teknologi nano metal oxide gak? Merek Perfectionist ini jawabannya. Dijual dengan harga Rp 700 ribuan, kaca ini bisa ngelindungi sinar UV dan pantulan cahaya sampe 8%. Paling penting gak silau lagi kan?

Spectrum

Satu lagi merek kaca film buat kamu. Spectrum nawarin kaca yang bisa menangkal 90% sinar UV dengan harga cukup terjangkau, atau mulai Rp 1,7 jutaan aja. 

Jadi, mau pilih kaca film yang mana nih? Langsung aja beli barangnya biar gak silau lagi, Sob! 

Lanjutkan membaca

Tips

GPS Tracker Mobil, Penting!

Bacaan 2 menit

GPS tracker di mobil

Ngaku deh yang suka cemas kalo pacar atau pasangan kalian sering pergi jauh?  Bukannya buat mata-mata, daripada spam chat mulu sama pasangan, kalian bisa pasang GPS tracker di mobil. Alat canggih ini bakal ngirim sinyal secara real time buat ngelacak pergerakan mobil. 

Asal gak disalah gunain, GPS ini bisa ngelindungi mobil dari pencurian. Soalnya GPS biasa dibekali alarm otomatis. Gak cuma itu, kalo pasanganmu tersesat, kamu bisa langsung buru-buru ke TKP. So sweet kan?

Penasaran gak kalian sama cara pasang GPS di mobil? Simak cara di bawah ini, ya!

Pilih GPS tracker mobil

Jangan buru-buru pasang GPS tracker kalo belum tau kebutuhanmu. Kira-kira kamu butuh fitur lacak keamanan aja atau ada tambahan alarm dan pemantauan kecepatan? Sesuaikan juga model GPS tracker sama budget pribadi. Ini beberapa rekomendasi GPS yang bisa kamu pilih.

  • GPS Tracker Arvento lmt X1 Basic Tracking: Rp 1.799.900
  • GPS Garmin Nuvi 65LM: Rp1.300.000
  • GPS Tracker GT06N Concox: Rp370.000
  • GPS T2 Pro Key Finder Wireless Tracker Baseus: Rp289.000
  • GPS Tracker Mobil / Motor GF-09: Rp150.000

Pasang kartu sim di GPS

Setelah pilih GPS tracker, sekarang waktunya pasang kartu SIM card di dalem GPS. SIM Card fungsinya untuk nyalurin sinyal ke HP. Makanya, kamu harus isi data atau kuota internet dulu, ya!

Pilih lokasi GPS

Model udah dapet, waktunya pasang GPS tracker di mobil. Pasang di lokasi tersembunyi tapi perangkat masih bisa nerima sinyal GPS. Contoh, pasang di bawah dasbor atau gak di balik panel trim interior. Oiya, usahain gak ada kabel atau komponen mobil lain yang ganggu kinerja GPS.

Aktivasi

GPS tracker di mobil biasanya udah user smartphone friendly atau bisa diakses lewat aplikasi HP. Pokoknya kamu tinggal registrasi dan verifikasi di aplikasi GPS yang kamu pilih. Kalo udah terpasang, aplikasi bakal nampilin lokasi mobil dan status baterai. 

Cek kinerja GPS

Biar pun GPS di mobil udah kepasang, jangan lupa buat meriksa kinerjanya. Apakah sistem ada gangguan nerima sinyal atau deteksi lokasinya gak akurat. Kalo ada masalah, kamu bisa langsung perbaiki, deh!

Itu tadi beberapa cara pake GPS buat mobil. Jangan lupa manfaatin sebaik mungkin, ya!

Lanjutkan membaca

Tips

Beda Warna Asap Mobil Beda Masalahnya, Udah Tau Belum?

Bacaan 2 menit

Warna Asap Mobil

Kalian notice gak sih kalo warna asap mobil gak sama? Ada asap warna biru, putih, atau hitam yang keluar dari knalpot. Dibalik warna-warni itu ternyata setiap asap punya arti tersendiri  dan nandain permasalahan mobil kita. Hayo, dah tau belum? 

Demi mengantisipasi hal di luar kendali, mending cari tau arti warna asap mobil di sini!

Warna asap mobil

Sama halnya kayak tubuh manusia, asap bisa jadi indikator masalah mobil. Berikut ini warna asap yang wajib kamu perhatiin.

Asap putih

Warna putih termasuk warna asap mobil yang sering muncul di pagi hari. Tapi kamu pernah kepikiran gak kenapa warna putih? Ternyata asap ini terbuat dari hasil kondensasi di dalem knalpot.

Uap air yang terkumpul di dalam knalpot bakal berubah jadi asap putih. Makanya, kalo asap keluar di pagi hari aja gak usah khawatir.

Sebaliknya ya, Guys! Kalo asap putih terus keluar meski mesin udah panas, bisa jadi ada masalah serius tuh sama mobil kamu. Entah itu kebocoran cairan pendingin atau karena retakan di blok mesin.

Asap hitam

Pernah gak ngalamin asap mobil warna hitam? atau yang biasa disebut cumi darat. Asap yang keluar dari knalpot nandain rasio bahan bakar terlalu berlebihan. Gak heran kalo kinerja mesin gak bisa efisien. Penyebabnya Sendiri karena sensor udara rusak, injektor bahan bakar kotor, atau ada masalah di sistem manajemen sistem. Kalo dah gini mending langsung bawa ke bengkel aja!

Asap biru

Selain warna hitam, asap mobil juga ngeluarin warna briu. Khususnya kalo seal katup lagi aus, ring piston aus, atau oli bocor ke ruang bakar. Kalo mobilmu udah ada turbocharger, bagian turbo yang rusak juga bikin asap mobil berwarna biru. Ati-ati aja, ya!

Asap abu-abu

Kamu pasti sering liat warna asap ini di jalanan kan? Warna abu-abu nandain beberapa masalah, seperti gangguan transmisi otomatis. Ketika oli transmisi bocor ke sistem pembakaran, kondisi ini memicu asap warna abu-abu.

Gak cuma itu aja, asap knalpot warna abu-abu juga nandain masalah di turbocharger. Bagian turbo yang rusak bikin oli bocor sampe sistem pembakaran. Makanya, kalo kamu ngeliat warna ini langsung dari knalpot, langsung cek level oli transmisi sama mesin aja.

Mau asap warna putih, hitam, biru, atau abu-abu tetep harus kamu waspadai. Sebelum masalah makin serius, mending langsung bawa ke bengkel aja!

Lanjutkan membaca

Trending