News
MINI Aceman Crossover Elektrik Pertama
Wew setelah mini cooper electric hadir, sekarang ada versi lebih gedenya yaitu MINI Aceman. Kayaknya crossover 5-kursi ini bakal banyak di incar oleh fans berat MINI. Soalnya lebih compact dan lebih besar.
Dari luar, mobil ini udah keliatan sporty banget. Model khas dari mini tetap ada, gak terlihat futuristik kaya rival-rivalnya tapi ya udah tetep classic aja.
Eksterior
Crossover dengan panjang 4,07 meter, lebar 1,75 meter dan tinggi 1,50 meter, MINI Aceman diposisikan di antara MINI Cooper dan MINI Countryman.
Tampilan bagian depan ramping, overhang yang pendek dan desain dua kotak yang fungsional, prinsip desain “Clever Use of Space” yang menjadi ciri khas merek ini punya karakter baru yang berbeda.
Untuk ban memakai velg 17 “hingga 19”, dan perlindungan underride di bagian depan, belakang, dan samping kendaraan.
Desain bagian depan yang modern dengan lampu depan LED yang mencolok.
Kalau lihat desain bagian depannya terkesan ya modern dan sporty. Dari mulai grill depan di beri warna baru Vibrant Silver atau Jet Black yang mengkilap, ada frame berbentuk segi 8 yang bikin mobil ini kalau dipantengin gak bosen.
Dengan desainnya yang unik, lampu depannya LED bersudut mobil ini juga memberikan penekanan pada posisi khas di mobil listrik ini. Elemen lampu LED daytime running light pada lampu depan dapat di ganti ke tiga mode yang berbeda.
Interior
Bagian depan, ada circular OLED dengan diameter 240mm, di sini bisa operate infotainmentnya dan juga operate mobilnya. Udah pakai sistem operasi MINI 9 yang inovatif jadi semua fungsi mengemudi dioperasikan bisa dengan sentuhan atau suara. Area bawah layar OLED, ada item menu Navigasi, Media, Telepon, dan Iklim dapat di pilih secara langsung kapan saja.
Bagian belakang kendaraan juga cukup luas bisa untuk tiga penumpang. Kalau kursi belakang di lipat bisa jadi 60:40, ruang bagasi jadi makin luas dari 300 liter hingga 1.005 liter sesuai kebutuhan.
Spesifikasi Mini Aceman
Varian MINI Aceman E dengan konsumsi listrik 14,7 – 14,1 kWh per 100 km memiliki jarak tempuh 298 – 310km. Untuk versi MINI Aceman SE konsumsi listrik 14,8 – 13,9 kWh/100 km jarak tempuh 382 – 406km.
Motor listrik 135 kW/184 hp dari MINI Aceman E menghasilkan torsi 290 Nm, akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam cuma dalam 7,9 detik, highspeednya 160 km/jam. MINI Aceman SE output 160 kW/218 hp, torsi 330 Nm, akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya 7,1 detik dan highspeed 170 km/jam.
Baterai mobil listrik ini dapat diisi melalui arus bolak-balik dengan 11 kW. Untuk arus DC dapat dilakukan pada varian E dengan 75 kW dan pada varian SE hingga 95 kW. Kalau fast charging, memungkinkan baterai terisi dari 10% hingga 80% hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.
Kira-kira masuk Indonesia tahun berapa ya? Soalnya di pasar eropa baru bisa di beli sekitar bulan Juni 2024 ini.
News
SUV Harga 300 Jutaan, Lengkap Fiturnya dan Nyaman.
Yang lagi cari mobil apalagi tipe SUV harga 300 jutaan, ada 2 mobil dari Jetour yang bisa lo pertimbangin. Tanggal 15 November 2024, PT Jetour Motor Indonesia akhirnya rilis harga dua produk barunya, yakni Dashing dan X70 Plus. Kedua mobil ini udah di unveil pas GIIAS 2024 Juli lalu.
Apa sih beda? Sini Halotomotif ceritain dulu ~
Jetour Dashing
SUV ini muat untuk 5 orang, tampilan luarnya cakep banget. Grill depannya keliatan stylish banget ya kan. Terus yang kekinian, handle pintunya model tersembunyi (Hidden Door Handle). Bagian belakangnya juga ada yang unik, lampu belakang bermotif papan catur (lucuuk!). Tim halotomotif udah cobain test drive, dan kesan pertama adalah “Waaah enteng banget setirnya, dan nyaman”. Mobil ini 1.5TCI Turbocharged Engine, 115hp dengan torsi 230Nm.
Ada dua tipe yang di tawarin Journey dan tipe tertinggi Inspira. Apa bedanya? Yang ketara banget, kalau tipe Inspira dilengkapi sunroof. Dan di tipe Inspira sistem keamanannya udah lengkap mulai dari airbag lengkap dari mulai driver, penumpang depan, penumpang belakang, cruise control, kamera belakang dengan garis bantu parkir, blind spot warning, rear side collision alert, lane departure warning system, automatic emergency brake system, dan kamera 540 derajat. Kalau tipe Journey ADAS-nya cuma ada cruise control dan kamera belakang dengan garis bantu parkir.
Untuk interior dalamnya, ada layar gede yang disebut wide control screen. Di layar ini bisa atur AC, entertainment, liat indikator, dan masih banyak lagi. Fitur lainnya, ada Intelligent Voice Control, dan bisa apple car play dan andorid auto juga tanpa kabel. Yang paling penting ada wireless rapid charging 40W buat hape lo yang suka lowbat.
Harga Jetour Dashing tipe Journey ditawarkan dengan harga Rp 389,8 juta dan Inspira Rp 430,8 juta.
Jetour X70 Plus
Kalau yang ini muat untuk 7 orang. Dari luar keliatan sporty banget, karena ada aksen line warna merah di samping LED fog lampsnya, samping kiri dan belakang. Grill depannya cakep, desainnya kayak bulu burung yang kesusun rapi hehe. Lampu belakang beda desain dengan Jetour Dashing, kalau ini lampu belakangnya garis-garis vertical dan nyambung juga.
Dari segi performa, Dashing dan X70 Plus punya mesin 1.500 cc turbo 6DCT yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 156 PS dan torsi puncak 230 Nm. Sistem keamanannya juga udah lengkap banget, ada airbag segala sisi, TPMS, blind spot detection, hill hold/descent control, lane changing assist, door open warning, rear cross traffic alert, dan masih banyak lagi. Ada 2 tipe juga Journey dan Inspira (tertinggi), yang ngebedain kalau Inspira ada panoramic sunroof-nya.
Dari segi interior, secara looks didalam hampir sama dengan Dashing. Ada wide control screen dengan ukuran 10,25 inch, tapi kalau di Jetour X70 Plus wireless rapid charging-nya sebesar 50 watt, makin cepet tuh buat charge hp dan ada teknologi anti panasnya jadi aman hp lo pas ngecharge. Ruang bagasinya juga gede 1.680 liter.
Harga Jetour X70 Plus Journey Rp 414,8 juta, dan Inspira Rp 444,8 juta.
Kedua mobil ini udah diproduksi di Indonesia ya, tepatnya di fasilitas perakitan milik PT Handal Indonesia Motor. Jadi gak perlu nunggu lama kalau lo pesen! So, yang lagi cari SUV harga 300 jutaan, ini bisa jadi pilihan soalnya fiturnya udah komplit.
News
Mazda MX-30: Mobil Listrik Pertama Mazda
11 November 2024, atau 11.11. Selain banyak diskon, tanggal ini dipilih khusus buat jadi hari launching-nya mobil listrik pertama Mazda. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) yang jadi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) akhirnya unveil mobil listrik pertamanya. Halo, Mazda MX-30. Congraaats!
COO PT EMI, Ricky Thio, menyebutkan bahwa Mazda MX-30 ini unik dan nyaman soalnya signature dari Mazda yaitu KODO Design yang elegan minimalis dan feel Jinba-Ittai-nya masih digunakan di mobil listrik ini.
Eksterior dan interior Mazda MX-30
Tampilan luarnya jelas ‘Mazda Banget’ yang khas dengan kesederhanaan dan minimalis. Di bagian depan dan belakang, lampu dari Mazda MX-30 ini kayak ada pahatannya (sculpted).
Yang bikin wooow, mobil listrik ini pake Freestyle Doors kaya RX-8, maksudnya gimana? (liat gambar). Jadi pintunya kebuka beda arah tujuannya biar penumpang punya akses yang enak buat keluar masuk dari mobil. Gak cuma itu, Mazda MX-30 ini warnanya two tone, makin keliatan cakep dengan kabin ala coupe.
Karena udah mobil listrik, gak afdol kalau interiornya gak ramah lingkungan. Material yang dipakai adalah cork dan bahan daur ulang lainnya. Klaim dari Mazda ini bisa ngebantu ngurangin zat emisi karbon dalam proses pemanenan material mentahnya. Kain yang dipilih juga sifatnya Breathing Fabric, jadi terbuat dari daur ulang botol plastik (recycled plastic bottle) yang didesain khusus untuk dipasang di bagian atas trim pintu Mazda MX-30. Selain itu, di bagian kursi pakai 20% benang daur ulang (recycled threads).
Interior depan juga ada floating console. Mazda MX-30 dan display layar sentuh untuk kontrol temperatur kabin mobil. Tapi tenang, biar gampang nge-operate-nya, ada tombol fisik juga. Audio-system dari Bose (12-speaker), jadi kalau di jalan mau sing a long, ya suaranya gak brebet kaya suara sumbang lo.
Spesifikasi
Mazda MX-30 ini pakai mesin e-SKYACTIV yang ngehasilin tenaga 107 kW (145 ps) dan torsi 271 Nm. Baterainya lithium-ion kapasitas 35,5 kWh, jarak tempuh kurang lebih 200 km (WLTP). Port pengisian cepat CCS2. Jadi gampang kalau mau nge-charge.
Dari segi keamanan, ada airbag ganda di bagian depan, samping, tirai, dan lutut pengemudi. Ditambah sistem ADAS-nya Mazda i-Activsense mulai dari : Smart Brake Support (SBS), Adaptive LED Headlights (ALH), High Beam Control (HBC), 360° View Monitor, Front Cross Traffic Alert (FCTA), Blind Sport Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Traffic Jam Assit, Driver Attention Alert (DAA), Driver Monitoring, Mazda Radar Cruise Control (MRCC), dan masih banyak lagi.
Tertarik? Mobil listrik ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp860.000.000,- (termasuk perangkat wall-charger 22kW merk ABB dan portable-charger, tidak termasuk biaya pasang). Kalau mau Premium Colour nambah Rp4.000.000,-. Garansi yang di dapet, 5-Years MyMazda Warranty atau 150.000 kilometer, 5-Years MyMazda Service atau hingga 100.000 kilometer, dan garansi baterai lithium selama 8 tahun atau hingga 160.000 kilometer (mana yang lebih dulu tercapai).
News
Go International, Chery Indonesia Ekspor OMODA 5 ke Vietnam
Ada aja gebrakannya Chery Indonesia!
Hari ini, Jumat, 1 November 2024, jadi momen bersejarah PT Chery Motor Indonesia. Untuk pertama kalinya, ekspor 120 unit mobil Chery OMODA 5 ke Vietnam. Wooow setir kiri lho yang dikirim.
Lokasi pengiriman dari Cikarang Dry Port, Kabupaten Bekasi, ekspor perdana ini pertanda komitmen besar PT Chery Motor Indonesia dalam memperkuat posisi merek Chery di kancah internasional. Ini juga jadi bukti nyata ya, bukan cuma laris di Indonesia tapi di negara lain juga banyak peminatnya. Ada Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita yang ikut hadir di acara ini.
Komitmen Ekspor Chery OMODA 5
Kegiatan ekspor ini pasti ada untungnya buat Indonesia bisa membuka peluang pasar baru di luar negeri jadi lebih luas nambah deh devisa negara, bisa jadi ada yang mau investasi di Indonesia karena ngelihat barang produksi Indonesia bagus, terus jadi bawa nama Indonesia di kenal di negara lain.
“Ekspor perdana Chery OMODA 5 ke Vietnam merupakan momen bersejarah bagi Chery Motor Indonesia. Ini adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk terus berkembang dan memperluas pasar. Kami optimis bahwa Chery OMODA 5 akan mendapatkan sambutan yang hangat di pasar Vietnam, seperti halnya di Indonesia. Chery Indonesia akan menjadi produsen mobil dengan pertumbuhan ekspor tercepat,” ujar Chen Chunqing, Executive Vice President of Chery International
Gak cuma ke Vietnam aja bakal ada lagi negara lain yang dituju. Dari sisi produksi PT Chery Motor Indonesia udah siap banget nge-supply kebutuhan market dalam negeri atau ke negara tetangga. Karena Indonesia jadi basis produksi di Asia Tenggara, faktor kualitas pun jadi salah satu concern yang bakal Chery jagain.
Flashback di tahun 2023, Chery OMODA 5 pertama kali diperkenalkan di Indonesia dan ‘BOOOM’ langsung berhasil curi perhatian warga +62. Sampai kejual 8.000 unit, applause!
Inget banget pas pertama kali liat OMODA 5 langsung jelas terpampang desain futuristiknya. Sempet nyobain kerasa performa tangguhnya, dan fitur-fitur canggihnya.
“Penerimaan yang positif di Indonesia juga merupakan gambaran penerimaan di pasar global. Chery berhasil masuk Fortune 500 dengan peringkat ke-385 dan menduduki peringkat nomor satu untuk ekspor mobil penumpang asal China selama 21 tahun berturut-turut,” tutup Chen.
Jadi, yang punya keluarga di Vietnam. Kabarin ya kalau Chery OMODA 5 lagi berlayar kesana.
Sukses Chery OMODA 5, ditunggu gebrakan selanjutnya!
- NewsBacaan 2 menit
Mercedes Benz AMG SL 63 Nampang Di Queen Of Tears
- NewsBacaan < 1 menit
iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi
- NewsBacaan 2 menit
Lampu DRL Audi A3 Terbaru Bisa Diubah Sesuai Selera
- Duotomotif
Review Modifikasi Semi-alto Hyundai Creta Prime
- NewsBacaan 3 menit
Intip Perbedaan Hyundai Stargazer X
- Duotomotif
Review Wuling AIR EV Termurah Se-Indonesia
- Duotomotif
Review Honda WR-V
- TipsBacaan 3 menit
Bahaya Vape di Dalam Mobil
Pingback: Mending Beli Mobil Baru atau Bekas, Mana Paling Untung sih? - Halotomotif
Pingback: Hindari Berkendara Kalau Belum Tahu Bahaya Microsleep! - Halotomotif
Pingback: Fix Harga Wuling Cloud EV Gak Sampe 400 Juta - Halotomotif
Pingback: Mau Mobil Pick Up Versi Elite? Ini Keunggulan Tesla Cybertruck! - Halotomotif
Pingback: Si Paling Legendaris, Ini Pesona Mobil Baru Suzuki Jimny 5 Pintu - Halotomotif