Connect with us

News

Rivian Release 3 Electric SUV R2, R3, R3X

Bacaan 4 menit

Tanggal 7 Maret 2024 di Laguna Beach, California, U.S. Rivian resmi memperkenalkan 3 electric SUV mereka yang berkonsep family friendly dan juga adventure.

Setelah meluncurkan R1, banyak masukan yang diterima oleh Rivian untuk membuat mobil yang cocok digunakan sehari-hari dan jelasnya yang lebih murah ya. Dari masukan tersebut, Rivian mengabulkan permintaan fans mereka, dengan mengeluarkan mobil Rivian 5 seater, yang sebelumnya Rivian memiliki double cabin R1T dan 7 seater R1S.

Welcome R2,

Rivian R2

Boxy style masih dibawa oleh Rivian di mobil ini. Dengan panjang 4.715 mm, lebar 1.700mm serta wheelbase 2.935mm. Mengutip dari omongan sang CEO RJ Scaringe dia menambahkan compartment sebanyak 2 gloves box jadi nambah storage si Rivian R2 ini. Karena konsepnya ini mobil untuk adventure, row 1 dan row 2 bisa dilipat secara data atau Fold-flat seats, keren bisa jadi invisible mattress!!

Untuk bagian kaca belakang bagian kiri dan kanan bisa dibuka keluar biar angin sejuk bisa masuk kedalam sehingga sirkulasi udaranya baik, terus kaca bagasi belakang ada powered rear glass jadi bisa diturunin ke bawah guys. Fungsinya kalau mau masukin barang seperti papan surfing, atau mungkin bawa tiang yang panjang mobil R2 ini masih muat hehe.
Rivian R2 juga tidak melupakan signature dari mobil Rivian lain, ada flashlight di pintu depan jadi kalau sewaktu-waktu butuh senter bisa langsung dipakai.

Halotomotif_Rivian R2

Gimana sih performanya? Waaaah ya pasti tidak biasa dong.

Dengan rakitan teknologi internal Rivian, akan ada konfigurasi Single-Motor (RWD), Dual-Motor (AWD), dan Tri-Motor (dua motor di belakang dan satu di depan) pada mobil ini. Rivian R2 ini punya 4.629 cylinder battery cell yang bisa menempuh jarak kurang lebih 300 km. Mode fast charging jadi kalau ngisi baterai 10-80% hanya dalam 30 menit. Dan yang paling penting Rivian R2 ini kecepatannya kurang dari 3 detik untuk 0-60 mph. Kenyamanan berkendara juga diperhatikan, sudah dilengkapi dengan 11 sensor mengelilingi mobil dengan 5 radar.

Harganya? Ya jauh lebih murah dari SUV R1, dibanderol dari harga $45.000 dan sudah bisa dipesan sekarang, tapi baru dikirim di tahun 2026.

Kalau misalkan gak suka model boxy dan lebih compact lagi, berarti silahkan idam-idamkan Rivian R3 ini.

Hello gorgeous R3,

Rivian R3

Ukuran dari Rivian R3 ini sedikit lebih kecil dari R2, wheelbase-nya 1.800mm. Kalau interior dan spesifikasinya sih kurang lebih sama dengan R2, yang bikin beda bagian bagasi. Rivian R3 bagasinya udah elektrik, jadi gak ribet kalau mau buka, ada wiper juga dibagian belakang mobil, dan kaca belakangnya bisa dibuka keatas. Lagi-lagi gunanya untuk memuat barang-barang yang panjang.

Rivian R3
Rivian R3

Gimana? lebih kece Rivian R3 kan? Untuk harga Rivian R3 ini akan lebih murah dari Rivian R2 karena ukurannya lebih kecil juga kan. Kita tunggu aja di 2027 mobil ini sudah bisa dibeli langsung di dealer Rivian.

Nah sekarang, apa perbedaan dengan R3X?

This is R3X,

Menurut CEO RJ Scaringe, “It’s not a rock crawling vehicle, but it’s more of a higher speed type of vehicle” , jadi otomatis lajunya dibikin lebih cepat dari R3. Selain itu, interiornya dibikin kombinasi warna yang playful, sehingga menampilkan kesan sporty dan adventure banget.

Rivian R3
Rivian R3X
Rivian R3X
Rivian R3X
Rivian R3X

Sama halnya dengan R3, R3X masih belum bisa dipesan tahun ini, kemungkinan akan ready di 2027 juga. So, kalau udah ngincer yang R3 dan R3X nabung dulu mulai sekarang!

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: New Volkswagen: ID.3 GTX dan ID.7 GTX Tourer - Halotomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

Chery TIGGO 8 CSH Seberapa Irit?

Bacaan 3 menit

Chery Tiggo 8 CSH

Chery Indonesia kemarin udah bikin kaget sama harga Chery Tiggo Cross. Sekarang bawa teknologi baru Chery Super Hybrid (CSH) atau bisa dibilang ini PHEV. Yang di launch pertama kali adalah Chery TIGGO 8 CSH.

Tim Halotomotif udah cobain Chery TIGGO 8 CSH dan hasilnya enak banget. Mobil ini kan pakai teknologi hybrid berarti masih ada mesin yang ditaruh di depan dari mobil ini, tapi percaya atau gak mobil ini sunyi banget! Bahkan transisi dari EV ke ICE nya gak berasa sama sekali. Gak dengar tuh bunyi starting mesin yang ganggu pas lagi jalan.

Soal peredaman, yang tim Halotomotif rasain di dalam kabin mobil ini kedap banget, bahkan road noise yang masuk kedalam kabin juga minim. Padahal saat ngetes mobil ini di jalan conblock yang notabene gak mulus dan banyak grasak ngusuknya. Suspensi mobil ini juga jadi patut diacungi jempol! Karena pengaturannya itu kerasa pas, gak yang lembut banget, gak yang keras banget. Rasanya bener-bener smooth.

Terus karena ini pakai teknologi Chery Super Hybrid, konsumsi bahan bakar Chery TIGGO 8 CSH ini bisa dibilang hemat. Klaimnya bisa tembus 76 km/liter! Jadi misal diibaratin kalau mau pergi ke Jakarta ke Bali, gak perlu isi bensin atau isi listriknya sama sekali. Tapi syaratnya pas berangkat udah keisi full semua ya. Waduh bisa ngalah-ngalahin konsumsi bahan bakar motor ya!

Chery Tiggo 8 CSH
Chery Tiggo 8 CSH
Chery Tiggo 8 CSH
Chery Tiggo 8 CSH

Mobil hemat tapi performanya gimana?

Chery TIGGO 8 CSH pakai mesin turbo 1.5L ACTECO generasi kelima yang bisa hasilin tenaga hingga 243 PS dan torsinya 215 Nm. Baterainya pakai Lithium Iron Phosphate (Li-Po) bersertifikasi IP68 yang tahan cuaca ekstrem. Dalam mode full EV, mobil ini bisa menempuh jarak hingga 90 km. Bisa fast charging juga dari 30% ke 80% dalam waktu 20 menit!

Mobil ini juga punya fitur cukup menarik! Seperti Nap Mode untuk istirahat nyaman di dalam mobil, ada Vehicle-to-Load (V2L) yang bisa supply listrik buat perangkat elektronik kalo lagi camping atau road trip. Kabinnya luas terus dilengkapi massage seat, ventilated seat, voice command offline, sampai panoramic sunroof.

Urusan keamanan, TIGGO 8 CSH ada kamera 540 derajat, ISOFIX untuk kursi anak, dan 14 fitur ADAS. Seperti Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, hingga rem otomatis.
Kalau bicara kekurangan dari mobil ini, baris ketiganya itu sedikit sempit. Jadi menurut tim Halotomotif lebih enak kalau nyebutnya 5+2 dibandingkan 7 seaters.

Jadi penasaran, berapa ya kira-kira harga mobil ini?

Continue Reading

News

Jeep Wrangler 4-Door Rubicon, Apa yang baru?

Bacaan 2 menit

Jeep Wrangler 4 Door Rubicon

Jeep resmi meluncurkan Wrangler 4-Door Rubicon di Indonesia lewat PT Indomobil National Distributor. SUV legendaris ini tetap mempertahankan DNA Jeep yang tangguh dan berkarakter, tapi kini dibekali teknologi dan kenyamanan yang makin canggih.

Dibekali mesin 2.0L turbo dengan tenaga 270 PS dan torsi 400 Nm, Wrangler Rubicon siap diajak menjelajah medan apa pun. Transmisi otomatis 8-percepatan plus sistem penggerak 4×4 Rock-TracⓇ bikin mobil ini stabil di jalur berat maupun di jalanan kota. Ada juga fitur-fitur off-road seperti Tru-LokⓇ axle lockers, sway bar yang bisa dilepas secara elektronik, dan axle heavy-duty generasi baru—semua demi traksi maksimal di medan ekstrem.

Soal tampilan, Wrangler Rubicon tetap bawa gaya klasik khas Jeep tapi dengan sentuhan modern. Ada antena stealth yang nyatu di kaca depan dan kaca Corning Gorilla Glass yang tahan benturan. Ban 32 inci dan velg black alloy 17 inci memperkuat aura petualangannya.

Masuk ke kabin, suasananya langsung terasa mewah dan nyaman. Kursi depan elektrik dengan 12 arah pengaturan dibalut kulit Nappa, dan layar sentuh 12,3 inci dengan sistem UconnectⓇ 5 siap temani perjalanan kamu. Ada juga TrailCam yang bantu lihat kondisi jalan di depan saat off-road.

Fitur keselamatan juga gak main-main. Wrangler Rubicon dibekali sistem seperti Forward Collision Warning, Blind Spot Monitoring, hingga ParkView dan ParkSense yang bantu saat parkir atau mundur. Ada juga Off-Road+ Mode, navigasi satelit, dan saklar tambahan yang bisa diprogram sendiri sesuai kebutuhan. Jadi buat pecinta Off-Road ini bisa jadi salah satu pilihan ya, gak kaleng-kaleng kalo Rubicon!

Harganya?

Jeep Wrangler 4-Door Rubicon dibanderol mulai Rp2,38 miliar (OTR Jakarta) dan hadir dalam delapan pilihan warna. Konsumen juga dapat garansi 3 tahun/100.000 km serta gratis servis dan suku cadang selama 1 tahun/10.000 km.

Untuk urusan servis, Jeep Indonesia udah nyiapin jaringan dealer dan teknisi bersertifikasi di berbagai kota besar. Jadi, kamu bisa tenang bawa Wrangler ke mana pun—mau ke gunung, pantai, atau sekadar keliling kota, ya let’s gooooo!

Continue Reading

News

Mazda CX 60 Pro, Worth to Buy?

Bacaan 3 menit

Mazda CX 60 Pro

5-seaters dari Mazda ini emang bikin orang yang mau beli Mazda CX 5 mikir. Karena dari segi ukuran sedikit lebih gede daripada Mazda CX 5. Ini beberapa reason yang perlu lo tau kenapa Mazda CX 60 Pro kayak untuk di beli.

Biar gak bingung, varian Mazda CX 60 itu ada 3 yaitu Pro, Elite dan Kuro. Bedanya apa? Kalau yang Pro punya harga sekitar Rp818.000.000 mesinnya 2.500cc sedangkan yang Elite/Kuro harganya sekitar Rp1.188.800.000 mesinnya 3.300cc. Beda around 300 jutaan ya. So, bahas yang Pro aja karena lebih ramah dikantong.

Spesifikasi Mazda CX 60 Pro

Mesin Mazda CX-60 Pro 2.500 cc 4-silinder yang bisa ngehasilin tenaga 185 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.000 rpm. Penggeraknya All Wheel Drive (AWD).

Kalau dari size dan kualitasnya gak ada yang beda dibandingin sama tipe diatasnya. Cuma dari sisi tenaga aja lebih kalem dan untuk harian nyaman. Soal dimensinya, mobil ini punya ukuran (PxLxT) 4.740 mm x 1.890 mm x 1.687 mm yang bikin bagian depan dan row kedua masih lega kalau keisi penuh. Bagian bagasi juga kedapatan lebih luas daripada Mazda CX 5,

Bagian interior didominasi warna hitam ada detail karbon di dashboard dan console tengahnya. Sound system-nya pakai BOSE. Center Display berukuran 12 inci, apple car play dan android auto wireless, dan udah dilengkapi sama Head-up Display,

Karena filosofi Mazda Jinba-Ittai yang berarti pengendara dan kendaraan menyatu, di Mazda CX 60 Pro ini ada fitur Driver Personalization System. Jadi bisa atur posisi duduk, posisi kemudi secara otomatis tinggal masukin tinggi badan doang. Oh iya, bisa ngedetect wajah pengemudi juga, jadi pas masuk ke mobil siap berkendara, sistemnya bakal langsung ngenalin wajahnya dan bakal ngesetting sesuai dengan memory yang udah di save. Canggih bukan ~

Safety Features

Walaupun harganya lebih murah dibanding versi Kuro dan Elite, fitur keamanan yang ada di mobil ini gak berkurang. Fitur keamanan i-ACTIVSENSE yang ada:
– Adaptive LED Headlamp (ALH)
– Smart Brake Support (SBS) & Forward Obstruction Warning (FOW)
– Mazda Radar Cruise Control (MRCC)
– Lane Departure Warning System (LDWS)
– Lane Keep Assist System (LAS)
– Driver Monitor
– Blind Spot Monitoring (BSM)
– Rear Cross-Traffic Alert (RCTA)

Kalau dibandingin sama Mazda CX 5, fitur keselamatannya lebih lengkap di mobil ini. Karena di Mazda CX 5 cuma ada Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Spot Monitoring (BSM) and Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Halotomotif udah cobain Mazda CX 60 Pro ini, di tol dengan kecepatan penuh mobil ini firm, mantap dan tangguh hehe. Untuk dipakai sehari-hari udah lebih dari cukup, karena kalau di Jakarta kenanya macet lagi macet lagi. Jadi pilih mobil yang nyaman di dalam, tapi masih enak kalau diajakin ngebut.

Continue Reading

Trending