Connect with us

Tips

SUV dan Crossover Bedanya Apa?

Bacaan 2 menit

Bedanya SUV dan Crossover

Nah, saat kita ngomongin SUV dan crossover, karena bentuk yang hampir sama banyak orang yang tidak mengetahui apa saja perbedaan antara kedua type ini loh. Padahal ada perbedaan mulai dari kapasitas, performa, kenyamanan, hingga konsumsi bahan bakarnya. Jadi langsung aja kita ulik perbedaan antara SUV dan crossover!

Ukuran dan kapasitas

Jadi, perbedaan pertama antara SUV dan crossover itu ada di ukurannya. SUV atau Sport Utility Vehicle biasanya punya desain yang lebih kokoh dan besar, mirip mobil off-road gitu. Sementara crossover lebih ramping dan cenderung lebih mirip mobil penumpang biasa. Jadi, kalo mau tahu, lihat aja bentuknya, SUV biasanya lebih ‘sangar’ sementara crossover lebih ‘lembut’. Karena bodinya yang lebih besar, SUV biasanya punya kapasitas penumpang dan bagasi yang lebih besar juga. So, kalo kita butuh ruang yang lebih banyak untuk membawa barang atau penumpang, SUV bisa jadi pilihan yang lebih cocok untuk digunakan.

Platform dan penggerak

Selain ukuran, perbedaan lainnya ada di platform dan penggeraknya. SUV biasanya menggunakan platform truk yang kokoh dan sistem penggerak empat roda (four-wheel drive/4WD) yang bisa digunakan untuk berkendara off-road. Sementara itu, crossover lebih sering menggunakan platform mobil penumpang dan biasanya punya sistem penggerak dua roda (front-wheel drive/FWD) yang lebih efisien untuk penggunaan sehari-hari di jalan raya.

Performa off-road

Karena punya platform dan penggerak yang lebih kokoh, SUV biasanya lebih unggul dalam performa off-road. Jelas lebih mampu mengatasi medan yang kasar dan menantang, seperti jalan berbatu atau berlumpur. Crossover juga bisa, tapi kemampuannya mungkin tidak sebaik SUV.

Kenyamanan dan efisiensi

Sementara itu, crossover biasanya lebih nyaman dan efisien untuk penggunaan sehari-hari di kota. Mereka punya manuverabilitas yang lebih baik dan bahan bakar yang lebih hemat, jadi cocok buat keliling kota atau perjalanan jarak pendek.

Harga dan konsumsi bahan bakar

Karena ukurannya lebih besar dan punya kemampuan off-road yang lebih baik, kebanyakan SUV punya konsumsi bahan bakar lebih mahal dari pada crossover ini dikarenakan bobot dan ukurannya yang lebih besar.

Jadi, kalo mau pilih antara SUV dan crossover, pertimbangkan saja kebutuhan dan gaya hidup kamu. Kalo sering keluar kota atau suka petualangan off-road, mungkin SUV lebih cocok. Tapi kalau lebih sering di perkotaan atau butuh mobil yang hemat bahan bakar, crossover bisa jadi pilihan yang lebih masuk akal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips

Isi BBM Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Efektif?

Bacaan 2 menit

ron bensin setiap kendaraan berbeda ya

Pertanyaan soal waktu paling tepat isi Bahan Bakar Minyak (BBM) sering muncul di kalangan pemilik mobil. Ada yang bilang lebih hemat isi pagi hari, tapi ada juga yang yakin malam justru lebih aman buat kantong. Sebenarnya mana sih yang lebih efektif?

Secara teknis, BBM merupakan cairan yang bisa memuai saat suhu naik dan menyusut saat suhu turun. Artinya, di suhu yang lebih dingin, seperti pagi atau malam hari BBM cenderung lebih padat.

Dalam kondisi ini, volume BBM yang masuk ke tangki dianggap sedikit lebih optimal dibandingkan saat suhu panas, misalnya siang hari. Meski selisihnya tidak signifikan untuk pemakaian harian, secara teori isi BBM saat suhu rendah memang lebih menguntungkan.

Pagi vs Malam, Bedanya Tipis

Isi BBM pagi hari biasanya dilakukan saat suhu udara masih rendah dan tangki BBM SPBU belum banyak terganggu aktivitas. Sementara malam hari juga punya keuntungan serupa, karena suhu sudah turun setelah terpapar panas seharian.

Jadi kalau harus memilih, pagi atau malam sama-sama aman. Yang sebaiknya dihindari justru mengisi BBM di siang bolong saat suhu sedang tinggi, apalagi setelah SPBU baru saja menerima suplai BBM dari mobil tangki.

Obrolan di mobil

Faktor yang Lebih Penting dari Waktu

Dibandingkan waktu pengisian, ada hal lain yang justru lebih berpengaruh ke konsumsi BBM, contohnya.. gaya mengemudi (terlalu agresif bikin boros), tekanan ban yang gak sesuai, kondisi mesin dan filter udara yang kotor, sampai beban kendaraan yang berlebih.

Jadi, isi BBM pagi atau malam memang secara teknis sedikit lebih menguntungkan dibanding siang hari, tapi selisihnya sangat kecil untuk penggunaan normal.

Selama mengisi di waktu yang nyaman dan di SPBU terpercaya, gak perlu terlalu pusing soal jam. Yang penting, mobil dirawat dengan benar dan dikendarai dengan bijak, itu baru bisa bikin penggunaan BBM kamu lebih irit.

Continue Reading

Tips

Anti Drama Saat Hujan, Ini Trik Pilih Jas Hujan Buat Riders

Bacaan 3 menit

Naik motor pas musim hujan, musuh terbesar bukan cuma jalan licin, tapi jas hujan yang malah bikin ribet. Pas mau dipakai, kondisinya sudah gak layak, ada yang rembes di siku, ada yang sobek pas ditarik, atau malah bikin gerah.

Padahal, kalau pilih jas hujan yang bener, perjalanan hujan-hujanan bisa tetap aman dan nyaman.

Supaya nggak salah pilih, berikut beberapa tips simple tapi penting buat cari jas hujan yang beneran layak diajak hujan-hujanan.

  1. Pilih model yang sesuai: ponco atau setelan?

Dua tipe ini punya plus minusnya. Ponco, praktis, cepat dipakai, cocok buat kondisi darurat. Tapi kalau angin kenceng suka berkibar-kibar, dan potensi nyangkut ke rantai atau ban cukup tinggi.

Setelan (dua piece atau atas bawah), lebih aman dan rapi, angin gak gampang masuk, dan lebih terlindungi. Cuma, ya, minusnya memang ribet kalau buru-buru. Tapi kalau soal safety, ini jauh lebih aman.

Kalau mobilitas kamu tinggi atau sering riding jauh, setelan ini wajib dipilih biar lebih aman dan nyaman.

  1. Pastikan bahannya tebal tapi tetap fleksibel

Jas hujan yang bagus biasanya pakai bahan PVC, plastik tebal premium, atau parasut anti-air berkualitas tinggi.

Ada beberapa ciri-cirinya yang gampang dikenalin. Pertama gak gampang sobek, kedua tahan air bukan cuma tahan gerimis dan terakhir fleksibel walau sering dilipat.

Hindarin pilih bahan yang terlalu plastik, atau kayak “kantong kresek”. Karena sudah pasti ga akan tahan lama dan cepat rusak.

  1. Cek kualitas jahitan dan sealing bagian dalam

Ini sering disepelekan, padahal krusial. Banyak jas hujan kelihatan bagus dari luar, tapi rembes di bagian bahu atau punggung karena sealing dalamnya asal-asalan.

Ciri sealing yang bagus itu biasanya dijahit rapat, terus ada lapisan lem khusus di bagian sambungan. Rapi, gak ada celah menganga.

Kuncinya, lebih baik mencegah daripada menjemur tas dan dompet basah.

  1. Cari ukuran yang pas dan nyaman buat riding

Kebanyakan pengendara beli jas hujan asal muat badan, padahal harus disesuaikan juga dengan posisi berkendara.

Perhatikan panjang lengan jangan terlalu pendek, celana tidak terlalu ketat (biar tetap fleksibel di lutut). Terus bagian belakang atasan harus cukup panjang untuk menutupi punggung saat membungkuk

Kalau kebesaran juga gak nyaman, bisa mengganggu keseimbangan saat kena angin dan menghalangi pandangan samping.

  1. Pilih warna cerah atau ada reflektornya

Ini bukan soal gaya tapi lebih ke soal keamanan. Hujan bikin visibilitas menurun, jadi pengendara lain akan lebih mudah melihat kamu kalau jas hujan yang dipakai warna terang atau ada garis reflektif.

Hindari pemakaian warna jas hujan kamuflase seperti warna abu-abu. Kalau dipakai di malam hari, hal ini jadi krusial banget.

Jas hujan mungkin terlihat sepele, tapi perannya besar banget buat keamanan dan kenyamanan pengendara motor. Dengan memilih yang tepat, kamu bukan cuma menghindari basah kuyup, tapi juga perjalanan yang lebih aman dan nyaman saat cuaca gak bersahabat.

Continue Reading

Tips

Wiper Mulai Lemah Pas Musim Hujan? Ini Penyebabnya

Bacaan 2 menit

Musim hujan selalu jadi pengingat kalau kondisi mobil sebenarnya gak se-prima yang kita kira. Salah satu yang paling sering bikin kaget adalah wiper yang mendadak melemah justru saat hujan turun lebih deras dari biasanya.

Padahal, selama musim kemarau, wiper jarang bekerja berat. Cuma sesekali nyapu embun atau debu tipis, jadi kerusakan kecil di karet atau motor wiper sering gak ketahuan. Begitu hujan datang, baru deh kelihatan kalau sapuannya sudah gak bersih dan gerakannya mulai lambat.

Kenapa Wiper Bisa Tiba-Tiba Lemah?

Karet wiper yang sering kena panas matahari biasanya mengeras seiring waktu. Ketika hujan deras, beban kerja jadi lebih besar dan karet yang sudah kaku gak bisa menempel sempurna di kaca. Akhirnya, hasil sapuan meninggalkan garis-garis atau area buram.

Motor wiper juga punya batasan. Saat bekerja terus-menerus di hujan lebat, motor yang kondisinya sudah menurun akan terasa lebih berat dan gerakannya tidak secepat biasanya.

Selain wiper, kaca mobil yang sudah terlapisi minyak tipis juga sering jadi penyebab pandangan makin buram. Minyak dari polusi jalanan atau sisa sabun membuat air hujan menempel di kaca dan sulit disapu. Ini membuat wiper bekerja ekstra tapi hasilnya tetap tidak maksimal.

Wiper Mobil diangkat atau gak ya?

Tanda Wiper Sudah Perlu Diganti

Ada beberapa tanda ketika wiper harus diganti, biasanya tanda-tanda ini gampang dikenali.

  • Sapuan meninggalkan bekas atau garis
  • Suara wiper kasar atau berdecit
  • Karet terlihat retak atau mengeras
  • Gerakan wiper tidak stabil atau cenderung lambat

Kalau tanda-tanda ini sudah muncul, sebaiknya segera ganti sebelum semakin parah dan malah bahaya kalau dibiarin karena menyangkut visibilitas.

Cara sederhana merawat wiper di musim hujan, gak rumit sebetulnya. Cukup rajin membersihkan kaca mobil dari debu dan minyak, mengelap karet wiper dengan kain lembap secara berkala. Jangan lupa pastikan cairan washer terisi penuh dan berfungsi

Terakhir, ganti wiper minimal setahun sekali atau saat kalian rasa performanya mulai menurun, mending buru-buru ganti deh.

Wiper memang terlihat sepele, tapi fungsinya penting banget, apalagi di musim hujan kayak gini. Dengan perawatan sederhana, kamu bisa menghindari situasi gak nyaman saat hujan deras turun dan memastikan perjalanan tetap aman dan jelas.

Continue Reading

Trending