Tips
Cewek Juga Bisa! Ini Tips Aman Berkendara Motor di Jakarta

Kenapa ya kalau cewek yang berkendara motor tuh kayaknya selalu salah? ada aja tingkahnya yang bikin geleng-geleng kepala. Kebayang dong jalanan Jakarta yang lagi rame, padat, dan sering bikin emosi tiba-tiba denger teriakan ini di jalan. Atau jangan-jangan kamu yang pernah teriak kayak gini?.
“Pasti ibu-ibu yang bawa.”
“Belok gak nyalain sein, tuh.”
“Helmnya kok gak dipake sih?”
“Bawa motor pake heels, hello?”
Kebanyakan sih komentar itu ke pengendara cewek-cewek ya. Padahal kenyataannya, cewek bisa banget jadi pengendara motor yang keren dan aman. Nah biar makin pede berkendara motor di Jakarta, ini beberapa tips buat para ciwi-ciwi supaya gak diteriakin di jalanan dan tetep aman motoran di tengah ibu kota.
1. Cek Kondisi Motor Sebelum Gaskeun
Hal simpel tapi sering dilupain: ngecek kondisi motor. Cek bensin, ban, rem, lampu, dan lain-lain. Motor itu ibarat bestie loh—kalau gak diperhatiin apalagi gak dirawat, bisa ngambek di tengah jalan. Jangan sampe lagi buru-buru, tiba-tiba motornya mogok karena kelupaan isi bensin. Jadi gak boleh cuek, sebelum berkendara motor kemanapun, selalu cek dulu ya kondisi motornya.
2. Cek Rute Dulu, Jangan Asal Tancap Gas
Yakin udah tau rute lokasinya? apalagi kalo mau ke tempat baru, wajib banget cek Google Maps sebelum berangkat. Kenapa? biar gak bawa motor tapi matanya malah fokus terus ke HP. Itu bahaya banget, apalagi di jalanan Jakarta yang padet dan bukan beginner friendly. Udah liat maps? Oke sip! tapiii, kalau di tengah jalan masih bingung atau malah nyasar juga, minggir dulu sebelum buka HP, jangan tiba-tiba berhenti di tengah jalan ya, say! Berkendara motor itu ada aturannya. Kalau lengah, bisa-bisa ditabrak atau nabrak, jadi membahayakan diri sendiri dan orang lain juga.
3. Berkendara Motor Pake Helm Itu Wajib, Gak Ada Tapi-Tapian
Mau ke Indomaret, Alfamart, atau warung depan komplek—helm tetep harus dipake. Jalanan itu unpredictable, bisa aja kita hati-hati, tapi orang lain enggak. Helm bukan cuma buat gaya, tapi buat ngelindungin kepala dari hal-hal yang gak diinginkan saat berkendara motor. Jadi, jangan pernah mikir, “Ah deket doang kok…”. No! no! Safety tetep nomor satu! Biar gak kelupaan pake helm, bisa coba beli helm warna favorit, biar gak males pakenya.
Baca Juga: Jangan Asal Terobos Jalan, Kenali dulu Tilang Elektronik!
4. Perhatiin Rambut Kamu, Girls!
Kadang mau motoran pasti suka mikir, “Ah biarin aja rambut digerai, biar keren kena angin”. Wah iyaaa bener sih emang keren! Tapi… pas riding, rambut bisa masuk mata, nutupin pandangan, atau malah bikin gak fokus. Bayangin, lagi motoran di Jakarta yang ruwet tiba-tiba mata kelilipan rambut sendiri. Duh gak dulu deh! Better dikuncir rapi atau pakai buff. Nanti kalau udah sampe tujuan, bisa ke toilet sebentar trus ditata lagi rambutnya, lebih aman kan?.
5. Sunscreen & Jaket Itu Bestie Kedua
Motoran di Jakarta tuh panasnya gak kira-kira. Jangan remehin sinar UV plissss, bisa bikin kulit belang, gosong, bahkan iritasi. Pakai sunscreen dan jaket itu bukan cuma ‘kalau inget’ atau ‘kalau lagi mau’ aja, tapi wajib hukumnya! Inget say, harga skincare & treatment mahal, mending mencegah daripada menyesal nanti. Pilih sunscreen yang sesuai jenis kulit dan jaket yang nyaman. Supaya walaupun harus motoran di Jakarta, kulit bisa tetep terjaga, biar skincare dan treatment yang udah dilakuin itu gak sia-sia 🙂
6. Please, No Heels Saat Motoran
Motoran pake heels itu big no-no ya, girls! Walaupun mau pergi kondangan atau pengen keliatan stylish, tapi sangat tidak disarankan pakai heels. Selain bikin gak stabil, risiko kepleset atau nyangkut di pedal itu ada banget. Bahaya gak? banget dong. Kalau mau berkendara motor, better pakai sneakers atau flatshoes yang nyaman. Simpen heels nya di bagasi motor, kalau udah sampe tujuan, baru deh dipake heels nya. Selain lebih aman, jadi gak pegel juga kan pake heels kelamaan.
Berkendara motor di Jakarta itu gak gampang, Jakarta keras is reaaal. Kalo kata orang-orang, pengendara motor di Jakarta itu berasa pembalap MotoGP. Tapi, jangan lupain attitude di jalan. Iya, attitude bukan cuma di tempat kerja–di jalan juga ada & harus diperhatiin. Hormati sesama pengendara, patuhi aturan, jaga keselamatan diri dan orang lain. Pasti bisa kok jadi rider cewek yang oke berkendara motor di Jakarta dengan aman!
Tips
Mobil Manual Atau Matic, Mana yang Paling Cocok Buat Pemula?

Masih bingung mau belajar nyetir pake mobil manual atau matic? atau kamu lagi mikir mau beli mobil pertama yang pas, tapi belum yakin enaknya pilih manual atau langsung matic? Wajar kok! banyak juga yang ngalamin hal yang sama, apalagi kalo baru pertama kali mau punya mobil atau belajar dari 0. Gak usah buru-buru, cari tau dulu yuk sini!
Emang Bedanya Mobil Manual dan Matic Itu Apa Sih?
Mobil manual itu kamu harus nginjek kopling dan pindah-pindah gigi sendiri pake tuas persneling. Pedalnya ada tiga: gas, rem, dan kopling. Jadi pas nyetir, kamu harus atur sendiri kapan harus oper gigi, tergantung kebutuhan, kecepatan, dan pastinya kondisi jalan. Kalo nyetir pake mobil manual, koordinasi tangan sama kaki harus oke, di awal mungkin agak ribet ya tapi nanti lama-lama juga terbiasa, apalagi kalo udah ngerti ritmenya.
Nah, kalo mobil matic, semuanya udah serba otomatis. Pedalnya cuma ada dua: gas dan rem–gak ada kopling. Jadi kamu cuma perlu nginjek gas buat jalan dan rem buat berhenti, udah gitu aja. Kamu gak perlu mikirin mindahin gigi, emang lebih praktis apalagi buat yang baru belajar nyetir atau sering nyetir di jalanan macet. Pokoknya tinggal duduk, nyalain mesin, trus go jalan!
Baca juga: Tips Merawat Mobil Biar Jadi Warisan Anak Cucu
Manual vs Matic: Plus Minusnya Apa?
Plusnya, mobil manual lebih irit bahan bakar, karena kamu bisa atur sendiri giginya sesuai kebutuhan. Selain itu, harga mobil manual juga biasanya cenderung lebih murah. Ini bisa jadi salah satu pertimbangan kalo budget kamu terbatas. Gak cuma harga belinya aja yang murah, biaya perawatannya juga cenderung lebih rendah. Karena kalo mau beli mobil, perlu juga tuh dipikirin biaya-biaya perawatannya. Mobil manual juga punya kontrol lebih baik, terutama kalo harus lewatin jalan tanjakan atau turunan.
Kalo mobil matic, jelas lebih praktis dan nyaman terutama buat pemula. Kamu gak perlu mikirin kopling atau perpindahan gigi, cocok banget buat kamu yang gak suka ribet dan punya mobilitas tinggi di perkotaan yang macet udah jadi makanan sehari-hari. Nyetir mobil matic gak bikin gampang capek, apalagi kalo sering stop and go.
Tapiii, dibalik itu pastinya masing-masing ada kekurangannya juga. Mobil manual lebih teknis dan butuh banget skill nyetir yang lebih oke, jadi bisa terasa susah buat pemula. Apalagi kalo mobilitasnya tinggi di perkotaan, kaki bisa lebih cepet pegel karena harus sering mainin kopling.
Nah mobil matic emang lebih gampang sih, tapi harus siap biaya perawatan yang lebih tinggi dan lebih boros bahan bakar, walaupun sekarang udah banyak teknologi buat ngurangin konsumsi bahan bakar. Trus, karena semua otomatis, kamu juga harus banget pinter buat nyesuain tenaga mesin, apalagi kalo lewat jalan tanjakan. Harus extra hati-hati.
Terus, Buat Pemula Lebih Bagus Mana?
Jawabannya, tergantung kamu dan kebutuhannya kayak gimana. Intinya, kalo kamu baru banget belajar nyetir dan pingin cepet bisa jalan, mobil matic bisa jadi pilihan yang aman. Tapi kalo kamu pingin belajar nyetir yang “bener-bener nyetir”, mobil manual bisa kamu pertimbangin.
Yang pentinggg, kamu harus nyaman dan percaya diri. Gak masalah pake mobil manual atau mobil matic, yang penting bisa nyetir dengan aman, bijak, dan tanggung jawab. Ada sedikit tips buat kamu yang baru belajar nyetir.
- Gak usah gengsi belajar dari awal, semua orang juga pasti pernah kagok dan belajar dari 0
- Belajar di jalanan yang cenderung sepi, misal di jalanan komplek dulu. Jangan langsung ke jalan besar
- Cari orang yang sabar buat nemenin! Jangan sampe belajar nyetir jadi stres dan trauma buat kamu karena diomelin 🙁
Gimana? Udah siap nyetir mobil?
Tips
Ini 7 Penyebab AC Mobil Gak Dingin & Cara Ngatasinnya!

Siapa sih yang gak kesel pas masuk mobil abis kepanasan di luar, eh AC mobil gak dingin? Harusnya ngadem, ini malah makin gerah. Nah, bisa jadi tanda ada yang gak beres. Coba cek beberapa hal ini.
Kenapa AC Mobil Gak Dingin?
- Freon Mulai Habis
Salah satu penyebab paling umum: freon berkurang. Padahal freon ini penting banget buat nyerap panas, jadi bikin udara jadi adem. Biasanya kalau mobil kamu udah lumayan lama dipake, freonnya bisa aja mulai berkurang. Jadi, jangan lupa dicek, ya.
- Kompresor AC Bermasalah
Kompresor ac tuh komponen penting, karena kalau kompresor rusak, AC bisa langsung drop. Biasanya gara-gara oli kompresor gak pernah diganti atau udah kotor. Better sih kamu cek dan ganti oli kompresor tiap 6 bulan ya. Kalau gak, siap-siap deh keluar budget lebih buat benerinnya.
- Filter AC Kotor
Nah yang satu ini juga gak kalah penting dan seriiiiing banget dilupain! Filter yang penuh debu bikin aliran udara keganggu. Akhirnya yang keluar cuma angin doang, gak ada suhu dinginnya. Kalo terus didiemin, bisa ngaruh juga ke kinerja freon. Makanya, jangan sampe lupa buat bersihin filter rutin biar AC tetep adem maksimal.
- Extra Fan Mati
Extra fan tugasnya nambahin dingin, kalau dia mati atau gak muter otomatis proses pendinginannya jadi terganggu juga. Dampaknya? Yaaa AC mobil kamu jadi kayak gak nyala, padahal udah dikecilin sampe mentok. Gak nyaman kan?
- Kondesor Tersumbat
Basicnya kondesor ini yang ngubah freon dari gas ke cair, biar proses pendingannya jalan. Nah kalau kondesornya kotor atau tersumbat, udara dingin gak bakal nyampe ke dalam kabin mobil. Kebanyakan sih gara-gara debu atau kotoran nempel tapi gak dibersihin, kalau dibiarin aja nanti kondesornya bisa rusak.
- Kabel atau Konektor AC Putus
Nah yang paling bahaya, karena kabel atau konektor AC nya putus. Ini ganggu sistem kelistrikannya, bisa kacau dan AC gak nyala sama sekali. Wajib dicek, apalagi kalau tiba-tiba AC mobil mati mendadak.
- Kelistrikan Mobil Bermasalah
Bisa jadi, masalahnya bukan di AC-nya langsung, tapi di sistem listrik mobil kamu. Bisa aja ada komponen kelistrikan yang bermasalah, jadi harus diperbaiki atau diganti. Mending langsung bawa ke bengkel buat dicek total.
Baca juga: Penyebab Rem Blong Karena Apa?
Gimana Caranya Biar Tetap Adem?
- Jangan Merokok di Dalam Mobil
Yupsss asap rokok bisa nempel di filter AC mobil, bisa bikin umur filter jadi pendek. Selain bikin cepet rusak, sirkulasi udara di mobil juga jadi gak sehat. Jadi, tahan dulu deh ngerokoknya kalau masih sayang sama AC mobil dan tentu sajaa kesehatan diri sendiri.
- Rutin Cek Komponen AC
Mulai dari bersihin filter, cek dan ganti oli kompresor, sampe cek kelistrikan mobil. Gak usah nunggu rusak dulu baru panik. Cek rutin juga bisa cegah kerusakan dan pastinya ngurangi biaya servis yang tiba-tiba melonjak.
- Bijak Pakai AC Mobil
Better nya, suhu ideal AC mobil tuh 25°C. Jangan langsung diatur ke 16°C terus-terusan, supaya gak cepet drop. Suhu yang stabil bisa bikin AC lebih awet dan performanya tetep oke.
Nah coba sekarang udah cek filter AC mobil kamu belum?
Tips
Kena Tilang ETLE? Gak Usah Panik. Ini Cara Ceknya!

Lagi rame soal tilang ETLE niiih. Tiba-tiba dapet “Surat Cinta” dari Kepolisian padahal ngerasa gak ngelanggar apa-apa pas nyetir? Tenang, gak usah panik dulu. Ini caranya!
1. Cek Kena Tilang ETLE Atau Gak
Step pertama banget, kamu perlu cek Status Tilang ETLE kamu. Biasanya, ada informasi lewat WhatsApp resmi dari Kepolisian atau surat yang dikirim langsung ke rumah. Tapi, biar gak deg-degan, kamu juga bisa cek sendiri secara online. Ini caranya kalau kamu mau cek mandiri
- Siapin plat nomor kendaraan, 5 digit terakhir nomor rangka dan nomor mesin
- Cek statusnya di website https://etle-pmj.id/
- Masukin data-data yang diminta, trus klik “Cek Data”
Kalau muncul “No Data Available” berarti kamu aman, gak kena tilang. Tapi kalau terekam ngelakuin pelanggaran, bakal muncul informasi mulai dari tanggal dan lokasi kejadian, jenis pelanggaran, status kendaraan, sampai bukti foto pelanggaran.
Misalnya kamu dapet Surat Fisik dari Polda, bakal ada barcode buat masuk ke laman Konfirmasi. Tapi, sebelum move ke step konfirmasi, pastiin dulu kalau semua datanya udah benar ya.
2. Ternyata Datanya Salah? Gini Cara Sanggah Tilang ETLE
Oke, kalau setelah kamu review ternyata ada data yang salah, misalnya plat nomornya beda. Kamu bisa ajuin penyanggahan. Gampang banget, kamu bisa langsung klik tombol sanggah di laman website ETLE, trus pilih alasan yang sesuai sama case kamu, dan klik selesai.
Tapi, walaupun udah ngelakuin proses secara online, kamu juga perlu dateng ke Subdit Gakkum buat verifikasi dan minta Surat Buka Blokir Kendaraan. Perlu diinget ya, proses sanggah online juga harus diikuti verifikasi langsung biar lebih sah! Jangan sampe kelupaan.
3. Kalau Benar Kena Tilang, Gimana Konfirmasinya?
Kalau kamu memang melakukan pelanggaran, bisa langsung next ke step konfirmasi. Di sini, kamu perlu masukin nomor referensi tilang trus lengkapi data kendaraan dan pengemudi. Semisal, pas kena tilang ETLE ternyata kendaraannya bukan kamu yang bawa atau kendaraannya lagi disewa orang lain – kamu bisa isi data penyewa atau pengemudi sebenarnya, ya.
Setelah itu, akan muncul data informasi pelanggaran, kayak data kendaraan, nama penindak, dan pengadilan yang dituju buat ikut sidang. Jangan kaget ya, nanti juga ada informasi “Nominal Titipan” yang harus kamu bayar.
Oke, jangan emosi dulu…
4. Apakah Harus Bayar Denda Maksimal?
Tenang…Banyak yang panik liat Nominal Titipan. Angka yang muncul biasanya memang denda maksimal, tapi perlu digaris bawahi kalau itu bukan final. Nominal yang tertera cuma titipan sementara, yang nantinya akan disesuaikan lagi setelah putusan dari pengadilan.
Misalnya, gak pake seatbelt kena denda maksimal Rp 250.000. Setelah keputusan pengadilan, bisa aja denda kamu berkurang. Dan kelebihan uang titipan yang udah kamu bayar sebelumnya, bisa diambil lagi kok.
Baca juga: Jangan Asal Terobos Jalan, Kenali dulu Tilang Elektronik!
5. Cara Ambil Kelebihan Uang Titipannya Gimana?
Kamu tinggal buka website E-Tilang Kejaksaan di tilang.kejaksaan.go.id, masukin No. Blanko tilang, nanti muncul informasi rincian denda, biaya perkara, dan nominal sisanya juga. Kamu bisa langsung klik tombol “Ambil Sisa Titipan”. Nah ada dua cara buat ambil kelebihan uang titipan ini.
Pertama, ambil langsung ke bank BRI. Bawa Surat Pengantar yang bisa kamu download di web resminya dan KTP. Kedua, melalui transfer. Cukup isi data diri, nama bank penerima, dan nomor rekeningnya. Lebih satset! Selesai.
Tunggu, ini info penting batas waktu yang harus kamu catet.
- Konfirmasi pelanggaran tilang ETLE: maksimal 8 hari sejak pelanggaran
- Pembayaran uang titipan: maksimal 15 hari
- Pengambilan sisa uang titipan: maksimal 1 tahun
Coba deh cek sekarang, kamu kena tilang atau gak~
- NewsBacaan 2 menit
Mercedes Benz AMG SL 63 Nampang Di Queen Of Tears
- NewsBacaan < 1 menit
iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi
- NewsBacaan 2 menit
Lampu DRL Audi A3 Terbaru Bisa Diubah Sesuai Selera
- NewsBacaan 3 menit
Intip Perbedaan Hyundai Stargazer X
- Duotomotif
Review Modifikasi Semi-alto Hyundai Creta Prime
- NewsBacaan 5 menit
Marcello Gandini dan Mobil-Mobil Ikoniknya
- NewsBacaan 3 menit
Miyabi. Mobil Jimny Off Road Milik Babe Cabita.
- NewsBacaan 2 menit
BMW Neue Klasse X, real futuristiknya.