Connect with us

News

Marcello Gandini dan Mobil-Mobil Ikoniknya

Bacaan 5 menit

Familiar dengan mobil yang pintunya dibuka ke atas seperti gunting? Atau ada yang tau siapa dibalik rancangan mobil Lamborghini Miura? Ada yang tau mobil Lancia Stratos? Kalau Renault Magnum? Ya, ini adalah beberapa dari karya Marcello Gandini yang terkenal. Masih banyak lagi karyanya yang telah membuat Gandini menjadi desainer supercar dunia. Ini beberapa hasil karya Marcello Gandini dari tahun ke tahun yang ikonik.

1966-1971


Dimulai dengan Gandini bekerja di sebuah perusahaan bernama Bertone di tahun 1965, Lamborghini Miura adalah debut pertamanya yang membuat nama Gandini mulai bersinar. Saat itu Lamborghini Miura ditampilkan pada Geneva Motor Show 1966. Di tahun berikutnya Gandini mendesain kembali untuk Lamborghini Marzal dan dihadirkan di Geneva Motor Show 1967. Masih di perusahaan yang sama Bertone, kali ini untuk mobil Alfa Romeo Carabo. Terinspirasi dari kumbang Carabidae yang berwarna hijau dan orange, dan di mobil inilah tersematkan pintu gunting yang ikonik. Carabo menjadi inspirasi mobil sport sampai sekarang karena dinilai sebagai mobil yang paling berpengaruh dalam sejarah. Di tahun 1970 Gandini merancang mobil dengan bentuk yang cukup aneh tapi tetap fungsional, yaitu Lancia Stratos Zero.

1972-1977


Berkat Lancia Stratos Zero, Lancia kemudian sepakat dengan Bertone untuk mengembangkan mobil reli di tahun 1972. Tentu aja pengembangan ini juga ada campur tangan Gandini sebagai desainernya. Masih di tahun yang sama Gandini juga merancang mobil asal Jerman, BMW Seri 5 (E12). Dalam produksinya mobil BMW Seri 5 ini gak cuma Gandini yang terlibat, tapi ada Paul Bracq desainer dari BMW sendiri. Masih berlanjut, Gandini membuat penerus dari Lamborghini Miura. Lamborghini Countach yang diproduksi tahun 1974, mobil sport bermesin tengah yang populer. Kepopuleran Lamborghini Countach yang khas adalah baji italia yang mempunyai sudut tajam. Berbeda dengan Maserati Khamsin, ini karya pertama Gandini untuk merek Maserati. Desainnya yang sederhana tapi tetap elegan.

1978-1983


Di tahun 1978, Maserati Quattroporte II menjadi pegangan Gandini dalam merancang bodyworknya. Estafet berikutnya adalah Renault 5 Turbo dirancang Gandini seperti Lancia Stratos. Mobil khusus ini diperuntukan ikut dalam kompetisi reli, Gandini berkolaborasi dengan insinyur lain untuk memodifikasi bodyworknya. Gandini dalam setiap merancang pasti akan terus memperhatikan fungsional dari mobil itu sendiri. Keren ya, gak cuma desain eksteriornya yang ikonik tapi tetap bermanfaat secara fungsi. Lanjut, tahun 1980 Gandini memutuskan untuk keluar dari Bertone dan bekerja sebagai freelancer independen. Citröen BX jadi salah satu karyanya Gandini setelah keluar dari Bertone, mobil keluarga 5 pintu.

1984-1989


Sukses dengan Renault Turbo 5 gak ngebuat Gandini stop sampe di situ, Renault sendiri jatuh hati dengan rancangan Gandini. Akhirnnya di tahun 1984 kembali mengajak Gandini untuk mendesain Renault Superfive/ Supercinq. Di 1986 Gandini lanjut mendesain untuk mobil Lamborghini lainnya, tapi sayangnya untuk desain Lamborghini kali ini kurang berjalan mulus. Lamborghini P132 adalah proyek Gandini yang mendapat penolakan dari Lamborghini sendiri dan akhirnya didesain ulang oleh mereka. Tapi Gandini tetep mengimplementasiin desainnya pada Cizeta Moroder V16T.

1990-1995


Romano Artioli adalah owner dari mobil Bugatti EB110, yang mau menjadikan Bugatti EB110 mobil sport terbaik di dunia. Demi mewujudkan mimpinya itu, tahun 1990 Romano mengajak Paolo Atanzani dan Nicola Materazzi sebagai insinyur dan Gandini. Bugatti EB110 adalah mobil produksi pertama yang menggunakan monocoque serat karbon, di sinilah peran Gandini dalam menyempurnakan penataannya. Di tahun ini juga Gandini mengeluarkan desain yang gak biasa pada Maserati Shamal. Gandini menambahkan spoiler di depan kaca pada mobil ini, fungsinya mengarahkan aliran air dan udara yang terdapat di kaca depan untuk mendorong wiper ke bawah dengan kecepatan tinggi. Lanjut di tahun 1994, Gandini merancang untuk Maserati lagi tapi untuk Quattroporte IV. Maserati Quattroporte IV ini menjadi mobil pertama yang diproduksi Fiat setelah Alejandro De Tomasco menjual kepemilikannya tahun 1993. Mobil ini dipamerkan pada Turin Motor Show April 1994.

1996-2000

Banyak hal yang sudah diciptakan oleh Gandini, terutama di bidang mobil dan arsitektur. Gandini suka mendesain benda bergerak, tapi dalam karirnya Gandini pernah juga mendesain rumah bahkan helikopter. Di tahun 2000, Gandini merancang Stola Stratos 81 sebagai peringatan ulang tahun ke 81 perusahaan Alfred Stola. Mobil ini tampil juga di Turin Motor Show 2000, warna cat orange di bodynya ngerepresent prototipe Stratos HF.

Gandini emang seorang desainer legendaris yang udah banyak menginspirasi desain-desain mobil sport dunia. Walau beberapa juga dapat penolakan untuk desainnya tapi gak ngebuat Gandini stop berkarya. Di Januari 2024 lalu Gandini dapat gelar kehormatan di bidang teknik mesin oleh Universitas Politeknik Turin, keren! Walau kita gak bisa lagi liat desain terbaru dari Gandini tapi legacy nya masih bisa kenang terus. Rest in peace Mr. Gandini!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

Go International, Chery Indonesia Ekspor OMODA 5 ke Vietnam

Bacaan 2 menit

Ekspor Chery OMODA 5

Ada aja gebrakannya Chery Indonesia!
Hari ini, Jumat, 1 November 2024, jadi momen bersejarah PT Chery Motor Indonesia. Untuk pertama kalinya, ekspor 120 unit mobil Chery OMODA 5 ke Vietnam. Wooow setir kiri lho yang dikirim.

Lokasi pengiriman dari Cikarang Dry Port, Kabupaten Bekasi, ekspor perdana ini pertanda komitmen besar PT Chery Motor Indonesia dalam memperkuat posisi merek Chery di kancah internasional. Ini juga jadi bukti nyata ya, bukan cuma laris di Indonesia tapi di negara lain juga banyak peminatnya. Ada Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita yang ikut hadir di acara ini.

Komitmen Ekspor Chery OMODA 5

Kegiatan ekspor ini pasti ada untungnya buat Indonesia bisa membuka peluang pasar baru di luar negeri jadi lebih luas nambah deh devisa negara, bisa jadi ada yang mau investasi di Indonesia karena ngelihat barang produksi Indonesia bagus, terus jadi bawa nama Indonesia di kenal di negara lain.

“Ekspor perdana Chery OMODA 5 ke Vietnam merupakan momen bersejarah bagi Chery Motor Indonesia. Ini adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk terus berkembang dan memperluas pasar. Kami optimis bahwa Chery OMODA 5 akan mendapatkan sambutan yang hangat di pasar Vietnam, seperti halnya di Indonesia. Chery Indonesia akan menjadi produsen mobil dengan pertumbuhan ekspor tercepat,” ujar Chen Chunqing, Executive Vice President of Chery International

Proses ekspor chery OMODA 5 ke Vietnam
Proses ekspor chery OMODA 5 ke Vietnam

Gak cuma ke Vietnam aja bakal ada lagi negara lain yang dituju. Dari sisi produksi PT Chery Motor Indonesia udah siap banget nge-supply kebutuhan market dalam negeri atau ke negara tetangga. Karena Indonesia jadi basis produksi di Asia Tenggara, faktor kualitas pun jadi salah satu concern yang bakal Chery jagain.

Flashback di tahun 2023, Chery OMODA 5 pertama kali diperkenalkan di Indonesia dan ‘BOOOM’ langsung berhasil curi perhatian warga +62. Sampai kejual 8.000 unit, applause!
Inget banget pas pertama kali liat OMODA 5 langsung jelas terpampang desain futuristiknya. Sempet nyobain kerasa performa tangguhnya, dan fitur-fitur canggihnya.

“Penerimaan yang positif di Indonesia juga merupakan gambaran penerimaan di pasar global. Chery berhasil masuk Fortune 500 dengan peringkat ke-385 dan menduduki peringkat nomor satu untuk ekspor mobil penumpang asal China selama 21 tahun berturut-turut,” tutup Chen.

Jadi, yang punya keluarga di Vietnam. Kabarin ya kalau Chery OMODA 5 lagi berlayar kesana.
Sukses Chery OMODA 5, ditunggu gebrakan selanjutnya!

Continue Reading

News

Spill Harga Chery J6, si Mobil Listrik yang Bisa Off-Road!

Bacaan 3 menit

harga Chery J6

Ramai beredar di Internet kalau ada mobil listrik yang bisa off-road! Untungnya, halotomotif dapet kesempatan buat nyobain mobilnya pertama kali sebelum dijual ke pasar Indonesia. Namanya Chery J6, SUV off-road listrik pertama di Indonesia. Ini cocok buat lo yang suka jalan-jalan ke alam, atau camping yang deket-deket pakai mobil, karena Chery J6 ini menawarkan dua varian. Ada yang RWD (Rear wheel drive), dan AWD (All wheel drive), jadi bisa libas jalanan yang gak rata.

Spesifikasi Chery J6

Mobil listrik ini punya panjang 4406 mm, lebar 1910 mm, dan tinggi 1715 mm, Chery J6 bentuknya kotak multidimensi tapi punya ruang kokpit yang gede. Luas interiornya aja dilengkapi sama 36 ruang penyimpanan, jadi fleksibel buat bawa barang-barang. Luas bagasinya 450 + 1238 liter kalau kursi belakangnya dilipat.

Kapasitas baterai 69,77 kWh, mobil listrik ini bisa jangkau hingga 426 km-RWD and 418 km-AWD (NEDC). Untuk akselerasinya, 0-100 km/h dalam 6,5 detik pada varian AWD, dan 10,5 detik pada varian RWD.

Chery J6
Chery J6
mesin Chery J6
Interior Chery J6
MID

Chery J6 juga bisa jadi temen camping, sambil nyalain api unggun terus nyalain laptop sambil netflix and chill gak usah takut kehabisan baterai. Soalnya udah dilengkapi dengan V2L External Power Supply bisa jadi colokan. Perjalanan jauh juga gak bakal kerasa ‘bosen’ soalnya interiornya udah dilengkapi 12 speaker infinity, layar sentuh berukuran 15,6 inci dan panel instrumen digital 9 inci. Yang lebih bermanfaat lagi, voice command-nya bisa diakses secara offline jadi gampang deh untuk kontrol fungsi Chery J6. Kursinya ada fitur pijat dan ventilasi. Gak lupa, ada panoramic sunroof jadi bisa lihat bintang-bintang pas camping.

“Kedepannya Chery J6 juga nantinya akan diberi pilihan untuk penambahan aksesoris off-road bagi masyarakat yang suka overlanding dan butuh kemampuan lebih” kata Assistant President Director of Chery Sales Indonesia, Zeng Shuo.

Mau nge-challenge mobil ini di genangan air? Bisa banget! Karena mobil listrik ini diclaim mampu melewati genangan air setinggi 60cm. Dilengkapi delapan mode berkendara, yaitu Eco, Normal, Sport, Slippery, Muddy, Bumpy, Beach, dan All Road. Yang seru, ada tambahan custom mode, jadi bisa nyesuain kondisi jalan dari halus sampai yang memacu adrenalin.

Penasaran sama harganya? Sabar tunggu Desember tahun ini ya! Tapi Halotomotif spill dikit nih, katanya harganya gak jauh dari 500-600 jutaan!

Murah atau mahal? Komen di konten Chery J6 kita di instagram halotomotif.

Continue Reading

News

N3 Motor Listrik Lengkap dan Spacious

Bacaan 3 menit

N3 Motor Listrik Dari Alva

Buat lo yang kesehariannya pakai motor untuk pulang pergi rumah ke kantor, udah mulai berfikir ganti ke motor listrik gak? Mungkin masih sedikit ragu ya sama motor listrik. Mulai dari mesinnya yang kurang bertenaga, jarak tempuhnya dikit, dan ngisi baterainya lama. Tapi Halotomotif ada rekomendasi motor listrik yang menurut kita cukup untuk dipakai sehari-hari yaitu N3 dari Alva.

Tim Halotomotif udah nyobain N3 ini, dan yang dirasain adalah “Wooow, enteng banget dan nyaman”. Buat cewek terutama, handlingnya gak berat, ngegasnya enak (alus banget), dan gak delay (biasanya motor listrik dari kecepatan rendah mau ke kecepatan tinggi kan ngeden, ini gak!).

Spesifikasi N3

Mulai dari jarak tempuh biar pada gak range anxiety, N3 ini bisa sampai 140 km (dengan 2 baterai) dengan top speed-nya 80km/jam. Cukup lah buat yang rumahnya Tangerang terus kerja di Jakarta, pulang pergi gak usah isi baterai masih aman. Untuk baterainya sendiri pakai tipe Lithium IP 67 dengan kapasitas 1.8kWh, aman untuk ngelewatin banjir. Baterainya udah boost charge (fast charging), kurang dari 30 menit udah bisa isi sampai 50% asalkan sisa baterai tinggal 10% ya. Kalau lagi ngecharge dirumah, kurang lebih 4 jam dari 0% ke 100%. Baterainya bukan sistem swap ya, jadi tinggal colokin ke listrik rumah aja.

Motor listrik N3 ini punya 3 mode berkendara Eco, Urban (Normal), dan Sport. Terus ada fitur “Reverse” jadi bisa ngebantu mempermudah untuk mundur, misal case-nya lagi di parkiran yang mepet-mepet banget susah buat keluar bisa deh pakai mode ini.

Gak lupa motor listrik ini spacious. Karena cuma ini deh motor listrik yang nyediain compartment cup holder yang bisa muat 2 botol minum. Gak bingung lagi misal habis beli kopi mau taruh dimana. Mau di cantolin juga bisa, soalnya ada hook ditengahnya.

Yang berguna banget setelah kepoin motor listrik ini, ada tempat buat nge-charge hp dengan port usb type A dan type C (bisa dipake aktif barengan). Bagasinya juga luas, charger bawaan dari N3 plus sepasang sepatu juga masuk.

Yang menarik perhatian apalagi cewek ya warna butterscotchnya. Pilihan warna lainnya ada shadow dan glacier.

Harga

Harganya udah di spill nih pas IMOS 2024 tanggal 30 Oktober 2024. Harga resmi N3 mulai dari Rp18.500.000 di luar harga baterai yang bisa dibeli dengan skema cicilan start from Rp200.000. Kalau dibandingin sama motor konvensional sih motor listrik bisa jadi pilihan buat yang pengen cost efficiency. Soalnya kalau dihitung Rp5.000 bisa buat jarak tempuh 125 km. Sooooo menarique!

Jadi yang masih pake motor bensin, udah minat belum buat pindah ke motor listrik?

Continue Reading

Trending