Terhubung dengan kami

News

Marcello Gandini dan Mobil-Mobil Ikoniknya

Bacaan 5 menit

Familiar dengan mobil yang pintunya dibuka ke atas seperti gunting? Atau ada yang tau siapa dibalik rancangan mobil Lamborghini Miura? Ada yang tau mobil Lancia Stratos? Kalau Renault Magnum? Ya, ini adalah beberapa dari karya Marcello Gandini yang terkenal. Masih banyak lagi karyanya yang telah membuat Gandini menjadi desainer supercar dunia. Ini beberapa hasil karya Marcello Gandini dari tahun ke tahun yang ikonik.

1966-1971


Dimulai dengan Gandini bekerja di sebuah perusahaan bernama Bertone di tahun 1965, Lamborghini Miura adalah debut pertamanya yang membuat nama Gandini mulai bersinar. Saat itu Lamborghini Miura ditampilkan pada Geneva Motor Show 1966. Di tahun berikutnya Gandini mendesain kembali untuk Lamborghini Marzal dan dihadirkan di Geneva Motor Show 1967. Masih di perusahaan yang sama Bertone, kali ini untuk mobil Alfa Romeo Carabo. Terinspirasi dari kumbang Carabidae yang berwarna hijau dan orange, dan di mobil inilah tersematkan pintu gunting yang ikonik. Carabo menjadi inspirasi mobil sport sampai sekarang karena dinilai sebagai mobil yang paling berpengaruh dalam sejarah. Di tahun 1970 Gandini merancang mobil dengan bentuk yang cukup aneh tapi tetap fungsional, yaitu Lancia Stratos Zero.

1972-1977


Berkat Lancia Stratos Zero, Lancia kemudian sepakat dengan Bertone untuk mengembangkan mobil reli di tahun 1972. Tentu aja pengembangan ini juga ada campur tangan Gandini sebagai desainernya. Masih di tahun yang sama Gandini juga merancang mobil asal Jerman, BMW Seri 5 (E12). Dalam produksinya mobil BMW Seri 5 ini gak cuma Gandini yang terlibat, tapi ada Paul Bracq desainer dari BMW sendiri. Masih berlanjut, Gandini membuat penerus dari Lamborghini Miura. Lamborghini Countach yang diproduksi tahun 1974, mobil sport bermesin tengah yang populer. Kepopuleran Lamborghini Countach yang khas adalah baji italia yang mempunyai sudut tajam. Berbeda dengan Maserati Khamsin, ini karya pertama Gandini untuk merek Maserati. Desainnya yang sederhana tapi tetap elegan.

1978-1983


Di tahun 1978, Maserati Quattroporte II menjadi pegangan Gandini dalam merancang bodyworknya. Estafet berikutnya adalah Renault 5 Turbo dirancang Gandini seperti Lancia Stratos. Mobil khusus ini diperuntukan ikut dalam kompetisi reli, Gandini berkolaborasi dengan insinyur lain untuk memodifikasi bodyworknya. Gandini dalam setiap merancang pasti akan terus memperhatikan fungsional dari mobil itu sendiri. Keren ya, gak cuma desain eksteriornya yang ikonik tapi tetap bermanfaat secara fungsi. Lanjut, tahun 1980 Gandini memutuskan untuk keluar dari Bertone dan bekerja sebagai freelancer independen. Citröen BX jadi salah satu karyanya Gandini setelah keluar dari Bertone, mobil keluarga 5 pintu.

1984-1989


Sukses dengan Renault Turbo 5 gak ngebuat Gandini stop sampe di situ, Renault sendiri jatuh hati dengan rancangan Gandini. Akhirnnya di tahun 1984 kembali mengajak Gandini untuk mendesain Renault Superfive/ Supercinq. Di 1986 Gandini lanjut mendesain untuk mobil Lamborghini lainnya, tapi sayangnya untuk desain Lamborghini kali ini kurang berjalan mulus. Lamborghini P132 adalah proyek Gandini yang mendapat penolakan dari Lamborghini sendiri dan akhirnya didesain ulang oleh mereka. Tapi Gandini tetep mengimplementasiin desainnya pada Cizeta Moroder V16T.

1990-1995


Romano Artioli adalah owner dari mobil Bugatti EB110, yang mau menjadikan Bugatti EB110 mobil sport terbaik di dunia. Demi mewujudkan mimpinya itu, tahun 1990 Romano mengajak Paolo Atanzani dan Nicola Materazzi sebagai insinyur dan Gandini. Bugatti EB110 adalah mobil produksi pertama yang menggunakan monocoque serat karbon, di sinilah peran Gandini dalam menyempurnakan penataannya. Di tahun ini juga Gandini mengeluarkan desain yang gak biasa pada Maserati Shamal. Gandini menambahkan spoiler di depan kaca pada mobil ini, fungsinya mengarahkan aliran air dan udara yang terdapat di kaca depan untuk mendorong wiper ke bawah dengan kecepatan tinggi. Lanjut di tahun 1994, Gandini merancang untuk Maserati lagi tapi untuk Quattroporte IV. Maserati Quattroporte IV ini menjadi mobil pertama yang diproduksi Fiat setelah Alejandro De Tomasco menjual kepemilikannya tahun 1993. Mobil ini dipamerkan pada Turin Motor Show April 1994.

1996-2000

Banyak hal yang sudah diciptakan oleh Gandini, terutama di bidang mobil dan arsitektur. Gandini suka mendesain benda bergerak, tapi dalam karirnya Gandini pernah juga mendesain rumah bahkan helikopter. Di tahun 2000, Gandini merancang Stola Stratos 81 sebagai peringatan ulang tahun ke 81 perusahaan Alfred Stola. Mobil ini tampil juga di Turin Motor Show 2000, warna cat orange di bodynya ngerepresent prototipe Stratos HF.

Gandini emang seorang desainer legendaris yang udah banyak menginspirasi desain-desain mobil sport dunia. Walau beberapa juga dapat penolakan untuk desainnya tapi gak ngebuat Gandini stop berkarya. Di Januari 2024 lalu Gandini dapat gelar kehormatan di bidang teknik mesin oleh Universitas Politeknik Turin, keren! Walau kita gak bisa lagi liat desain terbaru dari Gandini tapi legacy nya masih bisa kenang terus. Rest in peace Mr. Gandini!

Klik untuk komentar

Tinggalkan Jawaban

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News

Salah Satu Mobil yang Green Flag, Hyundai Ioniq 5N.

Bacaan 2 menit

Hyundai ioniq 5N GIIAS 2024

Ada yang unik pada saat Ioniq 5N diperkenalkan, beberapa reviewer otomotif dan bahkan yang bukan otomotif kayak Willgoz diundang untuk experiencing Ioniq 5N langsung di Hyundai Korea. Sekarang di GIIAS 2024, lo udah bisa pegang dan liat dalamnya kayak gimana. Yang di display ada 2 warna yaitu warna khasnya Performance Blue Matte dan ada juga warna Atlas White Matte.

Performa Hyundai Ioniq 5N

Ngomong-ngomong soal performanya, kalo lo liat review orang di youtube. Pada bilang Ioniq 5 N ini “gak ada otak” karena mobil ini punya tenaga maksimum hingga 478 kW atau 650 PS (641 Tk) dan torsi maksimum hingga 770 Nm, dengan dukungan dual-motor yang memungkinkan mesin berputar hingga 21.000 rpm. Hasilnya Ioniq 5 N mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 260 Kpj dan berakselerasi dari 0 ke 100 Kpj dalam 3,4 detik. Top speednya sampai 260km/h. Udah sekelas Lamborghini gak tuh!

Hyundai Ioniq 5N ini punya kapasitas baterai 84 kWh, jadi yang bakal nyetir mobil ini bisa nyaman banget pas ngegas dengan kecepatan maksimal tanpa khawatir kinerja baterai terganggu. Mobil listrik ini punya daya charge speed 350 kW, berarti ngecas 10% sampai 80% dalam waktu 18 menit.

Interior Hyundai Ioniq 5N jelaaaas nyaman dan mudah untuk lo operasikan. Mulai dari seat bagian pengemudi dan penumpang depan desainnya kayak mobil sport. Cockpitnya punya layar digital yang gede ukurannya 12.3”. Sistem infotainment juga udah bisa konek ke Android Auto dan Apple CarPlay, dan pastinya ada teknologi keamanan terbaru seperti Lane Keeping Assist dan Adaptive Cruise Control.

Hyundai Ioniq 5N dijual dengan harga sekitar Rp 1,3 miliar. Fun facts, di hari pertama GIIAS 2024 udah kejual 40 unit. Woooow gak cuma mobilnya yang ngebut tapi peminatnya juga kebut-kebutan buat dapet duluan padahal belum bisa test drive lho.

Gimana? Tertarik gak nih sama Ioniq 5N?
Cocok buat lo yang suka bikin instagram story nongkrong bareng komunitas mobil haha.

Lanjutkan membaca

News

Ada Hiu di GIIAS 2024, Halo Toyota Prius!

Bacaan 2 menit

Toyota prius HEV di GIIAS 2024

Di GIIAS tahun lalu cuma mejeng doang, tahun ini di GIIAS 2024 Toyota All New Prius udah bisa lo beli. Mobil ini ada dua varian Prius HEV dan Prius Plug in Hybrid, tapi yang bisa diorder yang HEV terlebih dahulu.

Bagian depannya mirip hiu atau nama kerennya ‘hammerhead shark-like design’. Dimensi dari Toyota prius HEV ini punya panjang 4.599mm lebar 1.782mm tinggi 1.435mm, dengan wheelbase 2.750mm dan ground clearance 151mm. Untuk bagian peleknya 17 inch.

Soal performa Prius Hybrid menggunakan mesin 4 silinder, 16 katup, DOHC. Jadi bisa ngehasilin tenaga 72 kW pada 5.200 rpm dan torsi puncak 142 Nm pada 3.600 rpm. Gak cuma itu, ada tambahan motor penggerak listrik dengan tenaga 70 kW dan torsi puncak 185 Nm. Karena sumber penggerak roda berasal dari tenaga listrik, konsumsi bahan bakar mobil ini diklaim up to 30 km per liter. Wooow sekalian full electric aja gak sih? Hehe.

Sistem keamanan untuk Prius HEV juga udah lengkap. Karena ada sistem Toyota Safety Sense, mobil ini punya fitur Lane Tracing Assist (LTA), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beams (AHB), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Pre-Collision System (sistem radar yang udah terintegrasi jadi bisa ngebantu ngurangin risiko tabrakan dan kerusakan kalo ada tabrakan depan).

Bedanya sama Toyota Prius PHEV apa?

Di GIIAS 2024, Toyota ngenalin yang Prius Plug in Hybrid, dari desainnya serupa tapi tak sama. Kalau yang PHEV, ada tambahan panoramic sunroofnya yang bisa terbuka, dan ada panel surya untuk membantu mengisi daya baterai ketika mobil parkir di ruang terbuka. Terus kalau yang PHEV udah power tailgate ya, sedangkan varian HEV masih belum.

Berapa sih harganya? Harga Toyota Prius HEV start from Rp 698 juta OTR Jakarta. Kalau yang Plug in Hybrid masih harus sabar nunggu mungkin akan launch di akhir tahun ini atau awal tahun depan. Range harga beda Rp 100 jutaan lebih tinggi.

Gimana pecinta Toyota? Mending nunggu yang PHEV apa gas beli Toyota Prius HEV di GIIAS 2024?

Lanjutkan membaca

News

Lexus LBX Muncul di GIIAS 2024, Versi Murahnya Lexus.

Bacaan 2 menit

Lexus LBX GIIAS 2024

All New Lexus LBX bisa lo liat di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024, 18-28 Juli, ada tiga varian LBX Sport, LBX Luxury, dan LBX Bespoke. Mobil ini menjadi The First and The Only Luxury Compact Car dengan teknologi Self-charging Hybrid.

Spesifikasi Lexus LBX

LBX atau “Lexus Breakthrough X(Cross)-over” ini adalah hybrid electric vehicle. So, mobil ini punya mesin bensin 1.500cc di combine dengan motor listrik yang gerakin roda depannya. Teknologi Hybrid Lexus merupakan generasi terbaru, LBX menggabungkan baterai nickel-metal hydride (NiMH) dan mesin 3-silinder yang membuat bobot ringan dengan tenaga yang powerful. Maximum speed 170 km/h, dengan tenaga 134 horsepower.

Lexus ngeclaim untuk akselerasi dari 0-100 km/h dalam waktu 9.2 detik. Untuk dimensi panjang 4,190 mm lebar 1,825 mm tinggi 1,550 mm dengan pelek 18-inch. Bagasinya bisa muat 402L, jadi bisa muat 3 koper ukuran cabin

Tenang aja walaupun ini murah di bawah 1 miliar, tapi fiturnya gak murahan. Yang bener?
Beneran, udah ada head up display jadi gak perlu tengok-tengok MID (walaupun udah digital MIDnya), ada wireless charger, entertainment screen, udah support apple carplay dan android auto, terus seatnya bisa di setting panas dan dingin. Weee!!

Dari ketiga tipe Lexus LBX, secara performa mesin gak ada yang beda cuma beda di eksterior dan interior aja. LBX Luxury punya body kit standard, interior semi aniline leather, dan warna eksteriornya cuma single tone. Sedangkan tipe sport interiornya environmental friendly ultra suede dan warna eksteriornya two tone.

Harganya mulai dari Rp 895 juta untuk tipe Luxury dan Rp 899 juta untuk tipe Sport. Sementara, untuk harga tipe Bespoke nyesuaiin dengan request dari lo. Lexus LBX di GIIAS 2024 udah bisa pesan mobil ini, tapi karena statusnya impor dari Jepang jadi ya kudu sabar nunggu mobil baru lo di anter ke rumah.

Kira-kira udah dikasih versi murahnya Lexus tapi dengan harga yang ditawarin menurut lo worth it gak?

Baca ini juga:
Daftar Harga Mobil Terbaru di GIIAS 2024!

Lanjutkan membaca

Trending