Connect with us

News

New Volkswagen: ID.3 GTX dan ID.7 GTX Tourer

Bacaan 3 menit

Mobil listrik baru lagi nih, semakin banyak pilihan semakin bingung!!

Kali ini dari Volkswagen, berdasarkan press release tanggal 13 Maret 2024. Resmi ID.3 GTX dan ID.7 GTX Tourer diluncurkan.

Perasaan baru release juga yang ID.3 dan ID.7 GTX Tourer, nah bedanya jelas dari eksterior dan interiornya karena lebih sporty, bahkan dari performancenya yang bisa menempuh jarak lebih jauh dari versi sebelumnya yakni ID.3 dan ID.7

ID.3 GTX

Karena mobil ini rear wheel drive, ID.3 GTX ini dibekali dengan tenaga mesin 326hp lebih kencang daripada ID.3 yang memiliki 296hp, akselerasinya 5,6 second untuk kecepatan 0-100 km.

Baterai berkapasitas 79,0 kWh terletak di tengah. ID.3 GTX dapat mengisi daya hingga 175 kW, memiliki mode fast charging hanya dalam waktu 26 menit pengisian bisa naik 10-80 persen. Jarak tempuhnya kurang lebih 600 km.

Yang paling membedakan lagi dari ID.3 sebelumnya adalah interior bagian dalam wow kayak mobil sport mevvah (eh emang mewah). Lihat nih, keliatan kan premium leather nya ditambah aksen jahitan merah yang merepresentasikan sporty atau nama lainnya “ErgoActive Seat with Microfiber”.

Interior ID.3 GTX

Untuk tampilan luarnya, ID.3 GTX benar-benar dibuat sporty dengan warna hitam bagian atas mobil, simplenya ya two tone merah dan hitam. Pada mobil ID.3 GTX juga memiliki panoramic glass roof di bagian atas. Dan ada upgrade di sisi velgnya, ID.3 GTX memiliki velg berukuran 20 inch.

ID.7 GTX Tourer

ID.7 GTX Tourer

Semacam dibombardir mobil listrik, baru juga Volkswagen buka penjualan untuk ID.7 Tourer eh sekarang ngeluarin versi sport-nya ID.7 GTX Tourer. Pasti yang baru deal langsung minta upgrade ke type ini.

ID.7 GTX ini mempunyai dual-motor all-wheel drive system, berkekuatan 335hp.
Kapasitas baterainya 86,0 kWh yang mampu mengisi daya hingga 200 kW. Mengisi daya baterai dari 10 hingga 80 persen diperkirakan butuh waktu kurang dari 30 menit, menurut Volkswagen.

Untuk jarak tempuhnya belum dikasih tau detailnya, karena all wheel drive sepertinya akan dibawah ID.7 Tourer yakni di sekitar 685 km, meskipun kapasitas baterainya lebih besar.

Untuk tampilan luarnya, ID.7 GTX ini memiliki velg berukuran 20’ dan bisa diupgrade ke 21’ nantinya, wow! Two tone juga nih di bagian atas dengan kombinasi full black dan body bawahnya warna merah/putih. But, ketersediaan panoramic glass roofnya masih bersifat opsional ya.

Interiornya, pemilik ID.7 GTX akan dimanjakan dengan nyamannya premium sports seat yang memiliki kombinasi fabric dan ArtVelours Eco microfleece. Bukan hanya itu ada ciri sportynya yaitu jahitan merah plus simbol GTX pada kursinya.

Interior ID.7 GTX Tourer

Sayangnya, kedua mobil ini masih ada di pasar Eropa belum tentu masuk ke Indonesia.
Padahal pengen cobain bawa Volkswagen ID.7 GTX ini kopdar di bundaran HI. So, kita tunggu aja kira-kira bisa di checkout di keranjang kuning kapan hehe.

Tapi sejujurnya kalau dibandingin dengan Rivian R3 , kalian lebih suka mana?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

Agam Rinjani Resmi Jadi yang Ter-BAIC

Bacaan 2 menit

Pernah dengar nama Agam Rinjani? Siapa sih Agam Rinjani? Kalau kamu sering main sosmed, pasti sempat lihat beritanya viral bulan Juli lalu. Dia ini yang langsung turun tangan nolongin pendaki asal Brazil yang jatuh di jalur ekstrim Gunung Rinjani. Aksi heroiknya gak cuma di apresiasi di Indonesia aja tapi sampai orang-orang Brazil ikutan posting di sosial media mereka.

Tapi buat warga sekitar Rinjani, cerita tentang Agam sebenarnya udah lama. Start dari 2015 sebagai guide gunung Rinjani, hampir tiap kali ada pendaki yang kena musibah, nama Agam selalu masuk daftar orang yang dipanggil buat turun bantu tim evakuasi. Respect bang Agam!

Nah, semangat inilah yang bikin BAIC Indonesia merasa cocok banget buat ngajak Agam jadi Brand Ambassador. BAIC percaya kalau sebuah brand otomotif gak cuma soal mobil yang tangguh, tapi juga soal kontribusi ke masyarakat dan lingkungan. Dan siapa lagi yang lebih cocok merepresentasikan itu kalau bukan Agam?

Sebagai bentuk dukungan, BAIC Indonesia resmi minjemin 1 unit BAIC BJ40 Plus ke Agam. SUV satu ini emang dirancang buat medan ekstrem: punya sistem 4×4, ground clearance tinggi, sasis kuat, sampai fitur-fitur yang bikin dia nyaman dipakai buat perjalanan jauh. Jadi, entah itu naik jalur terjal, jalan berbatu, atau trek berlumpur di Rinjani, BJ40 Plus siap jadi partner Agam. Dan tentu aja, desainnya yang ikonik bikin mobil ini gak cuma tangguh, tapi juga punya karakter.

Agam Rinjadi resmi jadi yang ter-BAIC

Agam Rinjani x BAIC!

Kerjasama ini juga punya makna lebih. BAIC Indonesia bawa komitmen lewat program “1 unit BAIC terjual = 1 pohon ditanam di kawasan Rinjani”. Jadi, setiap orang yang beli BAIC di Indonesia sebenarnya ikut nyumbang langsung buat kelestarian alam di gunung yang jadi rumah perjuangan Agam.

“Buat kami, kerjasama dengan Agam Rinjani bukan sekadar soal branding. Ini tentang gerakan bareng untuk alam dan masyarakat. Dengan semangat BAIC untuk Rinjani, BAIC untuk Anda, kami ingin jadi bagian dari masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ujar Dhani Yahya, COO BAIC Indonesia.

Kolaborasi ini harapannya bisa bikin makin banyak orang terinspirasi. Bukan cuma untuk kenal BAIC sebagai brand mobil adventure, tapi juga buat ngeliat bahwa otomotif bisa jalan bareng dengan gerakan sosial dan lingkungan.

Singkatnya, ini bukan cuma cerita tentang mobil. Ini tentang perjalanan bareng BAIC, Agam Rinjani, dan masyarakat Indonesia. 🚙🌱

BAIC untuk Rinjani, BAIC untuk Anda!

Continue Reading

News

GWM Tank 300 Diesel: Definisi Ganteng Tapi Gak Berisik

Bacaan 3 menit

GWM Tank 300 Diesel

Ganteng tapi gak berisik, cocok buat ngegambarin mobil ini. GWM Tank 300 Diesel, SUV kotak klasik yang powerful buat off-road. Design body-nya gak kaku, simpel dan elegan. Mobil ini ngasih fitur-fitur premium, tapi “value for money” buat kamu yang suka mobil tahan banting dengan harga miring.

Se-powerful apa sih mobil ini?

Mesin GWM Tank 300 Diesel dilengkapi Variable Geometry Turbocharged (VGT), bisa mencapai torsi maksimal di 480 Nm pada putaran mesin relatif rendah, 1500 RPM. Artinya, semakin tinggi torsinya, semakin oke performanya di jalan yang nanjak atau medan yang sulit. Dilengkapi tansmisi otomatis 9 percepatan dan dikembangin sendiri sama GWM, trus kombinasi mesin & transmisi ini jadi bikin konsumsi bahan bakar GWM Tank 300 Diesel super irit, cuma 8 liter/100 km.

Bukan cuma itu, kalo kamu main ke medan off-road, mobil ini udah aman banget karena ada fitur differential locker. Fungsinya, mastiin supaya tenaga tetap optimal dan stabil pas lagi jalan di medan off-road. Ada Tank Turn buat ngurangin radius putar, jadi bisa bermanuver lebih lincah dan smooth di medan yang sulit, dan crawling mode sebagai cruise control di medan off-road.

Nyaman dan Berkelas

Penampilan bisa jadi salah satu faktor ‘love at first sight’. Ganteng, elegan, mewah, kokoh, at the same time. Tampilan luar gagah dengan garis design yang tegas tapi gak ngilangin khas Tank series di lekuk boxy-nya. Kebayang gak? Body dan design GWM Tank 300 Diesel, bisa bikin kamu jatuh hati, setidaknya pasti nyeletuk “keren banget ni mobil”. Ngeliat mobilnya aja udah keren, apalagi kalo ngendarain mobil ini. Kepercayaan diri auto naik!

Interior kabinnya juga gak kalah mewah. Pake material premium, dual screen 12.3 inci, dan konsol tengah yang terstruktur rapi ditambah tuas transmisi bergaya ‘aeronautical’ dan quartz clock bikin semakin keliatan elegan. GWM Tank 300 Diesel juga punya tingkat vibrasi dan noise yang rendah, jadi suara mesin dan getarannya gak mengganggu, plus ada double-layer soundproof glass yang bikin kabin kedap suara. Pulang kerja naik mobil ini? Auto ilang capeknya.

Technology is the key

GWM Tank 300 Diesel dirancang supaya pengemudi lebih ngerasa ‘connect’ sama mobil ini. Didukung sistem ADAS level 2, punya 20 fungsi yang bisa jagain kamu selama berkendara sama mobil ini. Misalnya dilengkapi sama fitur Adaptive Cruise Control yang bisa mengikuti kecepatan mobil. GWM Tank 300 Diesel emang merhatiin banget ‘safety’ pengemudinya, ada enam airbags, energy-absorbing steering column, sampai sistem auto fuel cut-off saat terjadi benturan.

Fitur GWM Intelligence nya juga bisa memudahkan mobilitas kamu, bisa langsung connect ke HP. Jadi kamu bisa mantau dan kontrol sendiri, kayak remote door lock/unlock, remote window close, ngecek vehicle lock status, sampai find my car. Berguna banget yang suka lupa parkir di mana kalo ke mall.

Yakin gak tertarik liat mobil off-road ganteng satu ini? Dateng ke GIIAS sekarang yuk! Banyak promo nya karena cuma sampe tanggal 3 Agustus 2025 aja. Jangan lupa follow Instagram @halotomotif.id buat update otomotif lainnya.

Continue Reading

News

Gimana Cara Test Drive Mobil Yang Efektif di GIIAS 2025?

Bacaan 3 menit

VinFast VF7, test drive GIIAS 2025

Udah punya rencana buat ke pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini? Kalau udah, pasti hal yang paling pengen dilakuin itu test drive mobil yang kamu rencanain buat beli. So, karena di pameran mobil itu ‘terbatas’ buat ngerasain mobilnya karena harus gantian sama yang lain. Ini beberapa hal yang perlu kamu checklist biar gak ada yang kelewat pas test drive.

Biar lebih puas, usahakan pilih hari dan jam kedatangan yang gak terlalu ramai pengunjung. Misal nih, sempetin di hari Senin sampai Rabu. biasanya bakal lebih sepi, jadi kamu bisa lebih puas nyobain. Atau cari mobil yang punya Exclusive Test Drive, kayak VinFast yang ada di hall 11.

Ini yang penting, test mobilnya apa aja? Jangan cuma gas lurus, belak-belok cantik. Tapi ini yang perlu kamu test.

Yang harus di checklist pas test drive.

Step 1: Cari tau ‘hal’ aneh yang belum pernah kamu lihat

Pertama kali masuk mobilnya, liat dulu sekeliling interiornya. Perhatiin detail, terus tanya hal yang buat kamu bingung. Misalnya nih cara nyalain mobil, keliatannya simple tapi kalau kamu pertama kali cobain mobil listrik beda cerita. Rata-rata mobil listrik gak ada Start/stop button buat nyalain mobilnya. Terus transmisi juga, gak semua mobil ada di konsol tengah, ada juga yang di tuas kanan (biasanya sebagai wiper).

Kayak VinFast VF 7, transmisinya ada di dashboard depan bentuknya kayak piano. Pokoknya apapun yang terlihat ‘aneh’ bagi kamu harus ditanyain jangan langsung gas.

Step 2: Cobain hal-hal yang relate dijalan

Biasanya cuma dikasih kesempatan jalanan lurus, dan nyobain belok. Tapi kamu harus checklist semua hal ini

  • Coba akselerasi pelan ke cepat.
  • Cobain semua mode berkendara (Normal, Sport, Eco)
  • Rem mendadak (di tempat aman).
  • Manuver zig-zag ringan (cek body roll & handling).
  • Coba parkir paralel, mundur, atau putar balik di ruang sempit. Biar tahu radius putar, kamera, dan fitur yang membantu di mobilnya bekerja dengan baik apa gak.

Step 3: Jangan ngeskip hal kecil ini, bukan cuma denger dari sales yang nemenin aja

  • Head unit & koneksi smartphone
  • AC baris kedua (kalau ada)
  • Cek bagasi

Terus yang paling penting, cobain duduk di baris kedua tapi sambil mobilnya jalan. Biasanya kalau test drive di pameran fokusnya cuma pas nyetir. Lebih bagus lagi kalau ajak temen atau kerabat biar bisa denger pendapat dari sisi penumpang juga.

Step 4: Jangan cuma nyobain satu mobil

Biar ada perbandingan, sempetin buat cobain mobil dari brand lain. Misalnya cobain mobil listrik dari Vietnam, VinFast VF 7. Kenapa harus nyobain? Soalnya gak bakal bisa diungkapin dari tulisan soal kenyamanannya, jadi harus cobain sendiri.

VinFast VF 7

Tapi yang perlu kamu tau, mobil listrik dari VinFast ini punya jarak tempuh up to 416 KM. Terus yang bikin nyaman itu bagian interior VF 7. Pas masuk ke bagian pengemudi bakal ngerasain driver oriented-nya. Karena gak bakal ke distract sama hal lain yang ada di sekitar kemudi, bakal fokus sama HUD (Head-up-Display).

Mobil listrik ini juga punya ruang yang lega dan nyaman plus material yang dipakai premium biar nyaman dijalan. Bisa cobain juga beberapa fitur keselamatan yang dipunya VF 7 kayak

  • ABS (Anti-lock Braking System)
  • EBD (Electronic Brakeforce Distribution)
  • BA (Brake Assist)
  • ESC (Electronic Stability Control)
  • TCS (Traction Control System)
  • HSA (Hill Start Assist)
  • ROM (Roll Over Mitigation)
  • Highway Assist*
  • Traffic Jam Assist*
  • Auto Lane Changing Assist*
  • Emergency Braking*
  • 360° Surround View Monitoring*
    *premium only

So, buat yang ke GIIAS 2025 jangan lupa ke area exclusive VinFast di Hall 11. Biar test drivenya gak ngantri, dan areanya lebih luas. Selamat mencoba ~

Continue Reading

Trending