News
49 SPKLU Di Tol Transjawa Ready Saat Mudik Lebaran

Masih ragu mudik lebaran ke jawa pakai mobil listrik?
Tenaaaaang, PT Jasa Marga bersama PLN udah menyediakan 49 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang jalan kenangan (jalan tol trans jawa maksutnya).
Sebaran lokasi SPKLU ini mulai Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jagorawi, Tol Cipularang, Tol Palikanci, Tol Batang-Semarang, Tol Semarang-Solo, Tol Solo-Ngawi, Tol Ngawi-Kertosono-Kediri, Tol Surabaya-Mojokerto, hingga Pandaan-Malang.
Khusus momen mudik lebaran ini peraturan di rest area cuma boleh stay 30 menit aja kan? Makanya PLN berupaya untuk meningkatkan pelayanan, sudah ada 11 titik yang diupgrade dari normal charging menjadi fast charging. Jadi, cuma dalam 30 menit bisa terisi penuh, sambil nunggu bisa sambil menikmati fasilitas rest area lainnya.
Daftar 49 titik SPKLU di rest area mudik lebaran :
Ruas Jabodetabek
- Jagorawi di Rest Area KM 10A dengan besar KWH DC 60 KW
- Jagorawi di Rest Area KM 21B dengan besar KWH DC 50 KW
- Jagorawi di Rest Area KM 45A dengan besar KWH DC 60 KW
- Jakarta-Tangerang di Rest Area KM 13A dengan besar KWH DC 60 KW
- Jakarta-Cikampek di Rest Area KM 6B dengan besar KWH AC 22 KM dan DC 25 KW
- Jakarta-Cikampek di Rest Area KM 19A dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 24 KW
- Jakarta-Cikampek di Rest Area KM 19B dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 24 KW
- Jakarta-Cikampek di Rest Area KM 39A dengan besar KWH DC 25 KW
- Jakarta-Cikampek di Rest Area KM 52B dengan besar KWH DC 50 KW
- Jakarta-Cikampek di Rest Area KM 57A dengan besar KWH AC 22 KW, DC 25 KW, DC 200 KW
- Jakarta-Cikampek di Rest Area KM 62B dengan besar KWH AC 22 KW, DC 50 KW dan DC 200 KW
Ruas Cipularang
- Cipularang di Rest Area KM 72A dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 24 KW
- Cipularang di Rest Area KM 72B dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 24 KW
- Cipularang di Rest Area Travoy KM 88A dengan besar KWH AC 22 KW, DC 200 KW, dan DC 50 KW
- Cipularang di Rest Area Travoy KM 88B dengan besar KWH DC 22 KW, DC 200 KW, dan DC 50 KW
- Cipularang di Rest Area KM 97B dengan besar KWH DC 60 KW
- Padaleunyi di Rest Area KM 147A dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 200 KW
- Padaleunyi di Rest Area KM 149B dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 24 KW
Ruas Palikanci dan Batang-Semarang
- Palikanci di Rest Area Travoy KM 207A dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 24 KW
- Palikanci di Rest Area KM 208B dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 24 KW
- Batang-Semarang di Rest Area Travoy KM 360B dengan besar KWH DC 50 KW
- Batang-Semarang di Rest Area Travoy KM 379A dengan besar KWH AC 7,4 KW dan DC 200 KW
- Batang-Semarang di Rest Area Travoy KM 389B dengan besar KWH AC 7,4 KW dan DC 50 KW
- Batang-Semarang di Rest Area Travoy KM 391A dengan besar KWH DC 50 KW
Ruas Semarang A, B, C dan Semarang Solo
- Semarang ABC di Rest Area KM 424B dengan besar KWH DC 50 KW
- Semarang-Solo di Rest Area KM 429A dengan besar KWH DC 50 KW
- Semarang-Solo di Rest Area KM 439A dengan besar KWH DC 50 KW
- Semarang-Solo di Rest Area KM 444B dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 200 KW
- Semarang-Solo di Rest Area KM 456B dengan besar KWH AC 7,4 KW
- Semarang-Solo di Rest Area KM 487A dengan besar KWH DC 50 KW
- Semarang-Solo di Rest Area KM 487B dengan besar KWH DC 50 KW
Ruas Solo-Ngawi-Kertosono
- Solo-Ngawi di Rest Area Travoy KM 519A dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 24 KW
- Solo-Ngawi di Rest Area Travoy KM 519B dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 24 KW
- Solo-Ngawi di Rest Area Travoy KM 538A dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 22 KW
- Solo-Ngawi di Rest Area Travoy KM 538B dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 22 KW
- Solo-Ngawi di Rest Area Travoy KM 575A dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 22 KW
- Solo-Ngawi di Rest Area Travoy KM 575B dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 22 KW
- Ngawi-Kertosono di Rest Area Travoy KM 597A dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 22 KW
- Ngawi-Kertosono di Rest Area Travoy KM 597B dengan besar KWH DC 50 KW dan DC 22 KW
- Ngawi-Kertosono di Rest Area KM 626A dengan besar KWH DC 200 KW dan AC 22 KW
- Ngawi-Kertosono di Rest Area KM 626B dengan besar KWH DC 200 KW dan AC 22 KW
Ruas Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan
- Surabaya-Mojokerto di Rest Area Travoy KM 725A dengan besar KWH DC 50 KW
- Surabaya-Mojokerto di Rest Area KM 726B dengan besar KWH DC 50 KW
- Surabaya-Gempol di Rest Area KM 754A dengan besar KWH DC 50 KW
- Pandaan-Malang di Rest Area Travoy KM 66A dengan besar KWH DC 50 KW
- Pandaan-Malang di Rest Area Travoy KM 66B dengan besar KWH AC 7,4 KW
- Pandaan-Malang di Rest Area Travoy KM 84A dengan besar KWH DC 50 KW
- Gempol-Pasuruan di Rest Area Travoy KM 792A dengan besar KWH DC 50 KW
- Gempol-Pasuruan di Rest Area Travoy KM 792B dengan besar KWH DC 50 KW
Gimana? masih ragu gak nih buat bawa mobil listrik mudik lebaran?
Semoga list diatas membantu kamu ya, dan hati-hati dijalan pas perjalanan mudik.
News
Agam Rinjani Resmi Jadi yang Ter-BAIC

Pernah dengar nama Agam Rinjani? Siapa sih Agam Rinjani? Kalau kamu sering main sosmed, pasti sempat lihat beritanya viral bulan Juli lalu. Dia ini yang langsung turun tangan nolongin pendaki asal Brazil yang jatuh di jalur ekstrim Gunung Rinjani. Aksi heroiknya gak cuma di apresiasi di Indonesia aja tapi sampai orang-orang Brazil ikutan posting di sosial media mereka.
Tapi buat warga sekitar Rinjani, cerita tentang Agam sebenarnya udah lama. Start dari 2015 sebagai guide gunung Rinjani, hampir tiap kali ada pendaki yang kena musibah, nama Agam selalu masuk daftar orang yang dipanggil buat turun bantu tim evakuasi. Respect bang Agam!
Nah, semangat inilah yang bikin BAIC Indonesia merasa cocok banget buat ngajak Agam jadi Brand Ambassador. BAIC percaya kalau sebuah brand otomotif gak cuma soal mobil yang tangguh, tapi juga soal kontribusi ke masyarakat dan lingkungan. Dan siapa lagi yang lebih cocok merepresentasikan itu kalau bukan Agam?
Sebagai bentuk dukungan, BAIC Indonesia resmi minjemin 1 unit BAIC BJ40 Plus ke Agam. SUV satu ini emang dirancang buat medan ekstrem: punya sistem 4×4, ground clearance tinggi, sasis kuat, sampai fitur-fitur yang bikin dia nyaman dipakai buat perjalanan jauh. Jadi, entah itu naik jalur terjal, jalan berbatu, atau trek berlumpur di Rinjani, BJ40 Plus siap jadi partner Agam. Dan tentu aja, desainnya yang ikonik bikin mobil ini gak cuma tangguh, tapi juga punya karakter.
Agam Rinjani x BAIC!
Kerjasama ini juga punya makna lebih. BAIC Indonesia bawa komitmen lewat program “1 unit BAIC terjual = 1 pohon ditanam di kawasan Rinjani”. Jadi, setiap orang yang beli BAIC di Indonesia sebenarnya ikut nyumbang langsung buat kelestarian alam di gunung yang jadi rumah perjuangan Agam.
“Buat kami, kerjasama dengan Agam Rinjani bukan sekadar soal branding. Ini tentang gerakan bareng untuk alam dan masyarakat. Dengan semangat BAIC untuk Rinjani, BAIC untuk Anda, kami ingin jadi bagian dari masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ujar Dhani Yahya, COO BAIC Indonesia.
Kolaborasi ini harapannya bisa bikin makin banyak orang terinspirasi. Bukan cuma untuk kenal BAIC sebagai brand mobil adventure, tapi juga buat ngeliat bahwa otomotif bisa jalan bareng dengan gerakan sosial dan lingkungan.
Singkatnya, ini bukan cuma cerita tentang mobil. Ini tentang perjalanan bareng BAIC, Agam Rinjani, dan masyarakat Indonesia. 🚙🌱
BAIC untuk Rinjani, BAIC untuk Anda!
News
GWM Tank 300 Diesel: Definisi Ganteng Tapi Gak Berisik

Ganteng tapi gak berisik, cocok buat ngegambarin mobil ini. GWM Tank 300 Diesel, SUV kotak klasik yang powerful buat off-road. Design body-nya gak kaku, simpel dan elegan. Mobil ini ngasih fitur-fitur premium, tapi “value for money” buat kamu yang suka mobil tahan banting dengan harga miring.
Se-powerful apa sih mobil ini?
Mesin GWM Tank 300 Diesel dilengkapi Variable Geometry Turbocharged (VGT), bisa mencapai torsi maksimal di 480 Nm pada putaran mesin relatif rendah, 1500 RPM. Artinya, semakin tinggi torsinya, semakin oke performanya di jalan yang nanjak atau medan yang sulit. Dilengkapi tansmisi otomatis 9 percepatan dan dikembangin sendiri sama GWM, trus kombinasi mesin & transmisi ini jadi bikin konsumsi bahan bakar GWM Tank 300 Diesel super irit, cuma 8 liter/100 km.
Bukan cuma itu, kalo kamu main ke medan off-road, mobil ini udah aman banget karena ada fitur differential locker. Fungsinya, mastiin supaya tenaga tetap optimal dan stabil pas lagi jalan di medan off-road. Ada Tank Turn buat ngurangin radius putar, jadi bisa bermanuver lebih lincah dan smooth di medan yang sulit, dan crawling mode sebagai cruise control di medan off-road.
Nyaman dan Berkelas
Penampilan bisa jadi salah satu faktor ‘love at first sight’. Ganteng, elegan, mewah, kokoh, at the same time. Tampilan luar gagah dengan garis design yang tegas tapi gak ngilangin khas Tank series di lekuk boxy-nya. Kebayang gak? Body dan design GWM Tank 300 Diesel, bisa bikin kamu jatuh hati, setidaknya pasti nyeletuk “keren banget ni mobil”. Ngeliat mobilnya aja udah keren, apalagi kalo ngendarain mobil ini. Kepercayaan diri auto naik!
Interior kabinnya juga gak kalah mewah. Pake material premium, dual screen 12.3 inci, dan konsol tengah yang terstruktur rapi ditambah tuas transmisi bergaya ‘aeronautical’ dan quartz clock bikin semakin keliatan elegan. GWM Tank 300 Diesel juga punya tingkat vibrasi dan noise yang rendah, jadi suara mesin dan getarannya gak mengganggu, plus ada double-layer soundproof glass yang bikin kabin kedap suara. Pulang kerja naik mobil ini? Auto ilang capeknya.
Technology is the key
GWM Tank 300 Diesel dirancang supaya pengemudi lebih ngerasa ‘connect’ sama mobil ini. Didukung sistem ADAS level 2, punya 20 fungsi yang bisa jagain kamu selama berkendara sama mobil ini. Misalnya dilengkapi sama fitur Adaptive Cruise Control yang bisa mengikuti kecepatan mobil. GWM Tank 300 Diesel emang merhatiin banget ‘safety’ pengemudinya, ada enam airbags, energy-absorbing steering column, sampai sistem auto fuel cut-off saat terjadi benturan.
Fitur GWM Intelligence nya juga bisa memudahkan mobilitas kamu, bisa langsung connect ke HP. Jadi kamu bisa mantau dan kontrol sendiri, kayak remote door lock/unlock, remote window close, ngecek vehicle lock status, sampai find my car. Berguna banget yang suka lupa parkir di mana kalo ke mall.
Yakin gak tertarik liat mobil off-road ganteng satu ini? Dateng ke GIIAS sekarang yuk! Banyak promo nya karena cuma sampe tanggal 3 Agustus 2025 aja. Jangan lupa follow Instagram @halotomotif.id buat update otomotif lainnya.
News
Gimana Cara Test Drive Mobil Yang Efektif di GIIAS 2025?

Udah punya rencana buat ke pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini? Kalau udah, pasti hal yang paling pengen dilakuin itu test drive mobil yang kamu rencanain buat beli. So, karena di pameran mobil itu ‘terbatas’ buat ngerasain mobilnya karena harus gantian sama yang lain. Ini beberapa hal yang perlu kamu checklist biar gak ada yang kelewat pas test drive.
Biar lebih puas, usahakan pilih hari dan jam kedatangan yang gak terlalu ramai pengunjung. Misal nih, sempetin di hari Senin sampai Rabu. biasanya bakal lebih sepi, jadi kamu bisa lebih puas nyobain. Atau cari mobil yang punya Exclusive Test Drive, kayak VinFast yang ada di hall 11.
Ini yang penting, test mobilnya apa aja? Jangan cuma gas lurus, belak-belok cantik. Tapi ini yang perlu kamu test.
Yang harus di checklist pas test drive.
Step 1: Cari tau ‘hal’ aneh yang belum pernah kamu lihat
Pertama kali masuk mobilnya, liat dulu sekeliling interiornya. Perhatiin detail, terus tanya hal yang buat kamu bingung. Misalnya nih cara nyalain mobil, keliatannya simple tapi kalau kamu pertama kali cobain mobil listrik beda cerita. Rata-rata mobil listrik gak ada Start/stop button buat nyalain mobilnya. Terus transmisi juga, gak semua mobil ada di konsol tengah, ada juga yang di tuas kanan (biasanya sebagai wiper).

Kayak VinFast VF 7, transmisinya ada di dashboard depan bentuknya kayak piano. Pokoknya apapun yang terlihat ‘aneh’ bagi kamu harus ditanyain jangan langsung gas.
Step 2: Cobain hal-hal yang relate dijalan
Biasanya cuma dikasih kesempatan jalanan lurus, dan nyobain belok. Tapi kamu harus checklist semua hal ini
- Coba akselerasi pelan ke cepat.
- Cobain semua mode berkendara (Normal, Sport, Eco)
- Rem mendadak (di tempat aman).
- Manuver zig-zag ringan (cek body roll & handling).
- Coba parkir paralel, mundur, atau putar balik di ruang sempit. Biar tahu radius putar, kamera, dan fitur yang membantu di mobilnya bekerja dengan baik apa gak.
Step 3: Jangan ngeskip hal kecil ini, bukan cuma denger dari sales yang nemenin aja
- Head unit & koneksi smartphone
- AC baris kedua (kalau ada)
- Cek bagasi
Terus yang paling penting, cobain duduk di baris kedua tapi sambil mobilnya jalan. Biasanya kalau test drive di pameran fokusnya cuma pas nyetir. Lebih bagus lagi kalau ajak temen atau kerabat biar bisa denger pendapat dari sisi penumpang juga.
Step 4: Jangan cuma nyobain satu mobil
Biar ada perbandingan, sempetin buat cobain mobil dari brand lain. Misalnya cobain mobil listrik dari Vietnam, VinFast VF 7. Kenapa harus nyobain? Soalnya gak bakal bisa diungkapin dari tulisan soal kenyamanannya, jadi harus cobain sendiri.
VinFast VF 7
Tapi yang perlu kamu tau, mobil listrik dari VinFast ini punya jarak tempuh up to 416 KM. Terus yang bikin nyaman itu bagian interior VF 7. Pas masuk ke bagian pengemudi bakal ngerasain driver oriented-nya. Karena gak bakal ke distract sama hal lain yang ada di sekitar kemudi, bakal fokus sama HUD (Head-up-Display).
Mobil listrik ini juga punya ruang yang lega dan nyaman plus material yang dipakai premium biar nyaman dijalan. Bisa cobain juga beberapa fitur keselamatan yang dipunya VF 7 kayak
- ABS (Anti-lock Braking System)
- EBD (Electronic Brakeforce Distribution)
- BA (Brake Assist)
- ESC (Electronic Stability Control)
- TCS (Traction Control System)
- HSA (Hill Start Assist)
- ROM (Roll Over Mitigation)
- Highway Assist*
- Traffic Jam Assist*
- Auto Lane Changing Assist*
- Emergency Braking*
- 360° Surround View Monitoring*
*premium only
So, buat yang ke GIIAS 2025 jangan lupa ke area exclusive VinFast di Hall 11. Biar test drivenya gak ngantri, dan areanya lebih luas. Selamat mencoba ~
- NewsBacaan 2 menit
Mercedes Benz AMG SL 63 Nampang Di Queen Of Tears
- NewsBacaan < 1 menit
iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi
- NewsBacaan 2 menit
Lampu DRL Audi A3 Terbaru Bisa Diubah Sesuai Selera
- NewsBacaan 3 menit
Intip Perbedaan Hyundai Stargazer X
- Duotomotif
Review Modifikasi Semi-alto Hyundai Creta Prime
- NewsBacaan 2 menit
VF 3 Mini-SUV Elektrik Harganya 227 Jutaan Rupiah
- NewsBacaan 3 menit
Miyabi. Mobil Jimny Off Road Milik Babe Cabita.
- BlogBacaan 3 menit
Elegan dan Paling Hitz, Ini Keunggulan Mobil Wuling Binguo EV