Tips
Tips Beli Mobil Tua, Biar Gak Nyesel.

Sekarang, banyak yang suka buat bernostalgia sama mobil tua. Bahkan, komunitas mobil tua udah nggak cuma diisi orang tua, tapi juga banyak anak muda. Buat mereka, nyetir mobil tua tuh kece banget buat sehari-hari. Jadi, nggak heran deh kalo harganya naik terus. Makin dianggap sebagai barang hobi yang asyik. Tapi lo perlu tau tips sebelum beli mobil tua.
Sebelumnya halotomotif udah rekomen mobil tua yang di gemari anak muda. Kira-kira ada beberapa hal yang perlu diperhatikan biar dapet unit yang masih oke nih!!
Kondisi bodi mobil
Pertama saat lo mau beli mobil tua, pastiin banget buat cek bagian bodinya dengan detail. Biar nggak dapet mobil yang udah rada busuk. Kalo lo sendiri belum paham gimana cara ceknya, mending pake jasa inspektor atau minta tolong temen yang udah pengalaman. Cek juga bagian tulangan di mesin, kaki-kaki, sampe sela-sela pintunya. Lebih baik hindari mobil yang pernah kena tabrakan, soalnya bisa ngaruh banget sama kondisi nyetirnya. Dan, pastiin juga nggak beli mobil yang udah mulai berkarat, biar nggak rugi harus benerin terus.
Kondisi mesin
Kedua pastiin deh ketika mau beli mobil tua buat cek mesinnya secara teliti. Biar nggak dapet mobil yang mesinnya udah ‘capek’ karena sering dipake. Cek juga apakah ada bocoran oli di sekitar kap mesin. Jangan lupa juga periksa radiator dan bagian pendinginan mesin, apakah ada kebocoran atau enggak. Kalo ada, biasanya ada bekas air yang kering karena sering bocor. Mesin yang masih bagus biasanya gampang dinyalain pas pagi hari atau pertama kali dinyalain. Kalo pas dinyalain ada suara aneh, mendingan cari unit lain yang lebih bagus aja. Ingat, kalo mesin rusak, bisa banyak waktu dan uang buat benerinnya. Jadi, pastiin cek mesinnya dengan teliti ya!!
Kelengkapan interior
Ketiga, yang ga kalah penting yaitu interior mobil. Pastiin juga buat cek bagian dalam mobilnya dengan teliti ya. Pastinya lo pengen dapet mobil dengan interior masih bagus kayak dari pabrik, nggak ada kerusakan atau komponen yang hilang. Kalo ada yang hilang, ntar bisa ribet dan mahal buat gantiin. Banyak yang bilang, interior yang lengkap itu lebih penting dari pada bagian luar mobil. Dan biasanya, harga komponen luaran lebih murah daripada yang bagian dalam. Jadi, pastiin deh buat perhatiin kondisi interior mobilnya juga.
Harga
Ngomongin harga biasanya, mobil yang kondisinya bagus bakal ngaruh juga sama harga jualnya. Semakin bagus mobilnya, biasanya harganya makin mahal. Tapi, jangan langsung tergoda kalo liat mobil bekas yang harganya murah. Pastiin dulu tanya-tanya soal kondisinya sebelum lo mau cek. Dan, sebaiknya juga cek dulu harga pasaran mobil itu biar nggak ketipu sama penjual yang bandel!!
Cek suku cadang
Sebelum beli mobil tua, pastiin juga cek suku cadangnya. Biar lo bisa analisis juga keuangan lo buat perbaikan nanti. Jangan sampe lo beli mobil tapi nggak bisa rawat karena suku cadangnya mahal atau susah dicari. Ini langkah penting sebelum lo memutuskan main mobil tua, terutama buat pemula yang lagi hobi.
Cek surat-surat kendaraan
Nah, kalo udah mantap mau beli, jangan lupa cek surat-surat kendaraannya juga ya. Pastiin banget nomor rangka dan mesinnya sesuai sama STNK dan BPKB. Kadang-kadang ada kasus di mana nomor rangka dan mesinnya beda sama yang ada di surat. Makanya, penting banget buat dicek lagi biar nggak ada masalah nantinya.
Test drive
Kalo lo udah yakin banget sama mobil yang mau lo beli, jangan lupa test drive sebelum deal. Waktu test drive, coba mainin semua fitur yang ada di mobil buat pastiin semuanya berfungsi dengan baik. Selama test drive, lo juga bisa ngecek kondisi mesin, transmisi, kaki-kaki, dan AC mobilnya. Mobil yang sehat biasanya bakal bikin lo nyaman waktu dikendarain, entah deket atau jauh. Dengerin juga suara mesin dan perpindahan transmisinya, apakah ada masalah atau enggak pas ganti gigi. Penting banget nih, jangan langsung beli tanpa test drive biar nggak kena tipu sama penjual.
Jadi, kalo lo mau beli mobil bekas, pastiin lo cek semua bagian dengan teliti. Mulai dari bodi sampai mesinnya. Biar nggak kena tipu, pastiin juga lo cek surat-suratnya. Terus, sebelum lo mantap beli, jangan lupa test drive dulu biar yakin banget. Kalo semuanya oke dan lo nyaman pas test drive, baru deh lo bisa lanjutin transaksinya. Intinya, santai aja tapi tetep hati-hati. Nggak ada salahnya buat jaga-jaga, kan?
Tips
Mobil Manual Atau Matic, Mana yang Paling Cocok Buat Pemula?

Masih bingung mau belajar nyetir pake mobil manual atau matic? atau kamu lagi mikir mau beli mobil pertama yang pas, tapi belum yakin enaknya pilih manual atau langsung matic? Wajar kok! banyak juga yang ngalamin hal yang sama, apalagi kalo baru pertama kali mau punya mobil atau belajar dari 0. Gak usah buru-buru, cari tau dulu yuk sini!
Emang Bedanya Mobil Manual dan Matic Itu Apa Sih?
Mobil manual itu kamu harus nginjek kopling dan pindah-pindah gigi sendiri pake tuas persneling. Pedalnya ada tiga: gas, rem, dan kopling. Jadi pas nyetir, kamu harus atur sendiri kapan harus oper gigi, tergantung kebutuhan, kecepatan, dan pastinya kondisi jalan. Kalo nyetir pake mobil manual, koordinasi tangan sama kaki harus oke, di awal mungkin agak ribet ya tapi nanti lama-lama juga terbiasa, apalagi kalo udah ngerti ritmenya.
Nah, kalo mobil matic, semuanya udah serba otomatis. Pedalnya cuma ada dua: gas dan rem–gak ada kopling. Jadi kamu cuma perlu nginjek gas buat jalan dan rem buat berhenti, udah gitu aja. Kamu gak perlu mikirin mindahin gigi, emang lebih praktis apalagi buat yang baru belajar nyetir atau sering nyetir di jalanan macet. Pokoknya tinggal duduk, nyalain mesin, trus go jalan!
Baca juga: Tips Merawat Mobil Biar Jadi Warisan Anak Cucu
Manual vs Matic: Plus Minusnya Apa?
Plusnya, mobil manual lebih irit bahan bakar, karena kamu bisa atur sendiri giginya sesuai kebutuhan. Selain itu, harga mobil manual juga biasanya cenderung lebih murah. Ini bisa jadi salah satu pertimbangan kalo budget kamu terbatas. Gak cuma harga belinya aja yang murah, biaya perawatannya juga cenderung lebih rendah. Karena kalo mau beli mobil, perlu juga tuh dipikirin biaya-biaya perawatannya. Mobil manual juga punya kontrol lebih baik, terutama kalo harus lewatin jalan tanjakan atau turunan.
Kalo mobil matic, jelas lebih praktis dan nyaman terutama buat pemula. Kamu gak perlu mikirin kopling atau perpindahan gigi, cocok banget buat kamu yang gak suka ribet dan punya mobilitas tinggi di perkotaan yang macet udah jadi makanan sehari-hari. Nyetir mobil matic gak bikin gampang capek, apalagi kalo sering stop and go.
Tapiii, dibalik itu pastinya masing-masing ada kekurangannya juga. Mobil manual lebih teknis dan butuh banget skill nyetir yang lebih oke, jadi bisa terasa susah buat pemula. Apalagi kalo mobilitasnya tinggi di perkotaan, kaki bisa lebih cepet pegel karena harus sering mainin kopling.
Nah mobil matic emang lebih gampang sih, tapi harus siap biaya perawatan yang lebih tinggi dan lebih boros bahan bakar, walaupun sekarang udah banyak teknologi buat ngurangin konsumsi bahan bakar. Trus, karena semua otomatis, kamu juga harus banget pinter buat nyesuain tenaga mesin, apalagi kalo lewat jalan tanjakan. Harus extra hati-hati.
Terus, Buat Pemula Lebih Bagus Mana?
Jawabannya, tergantung kamu dan kebutuhannya kayak gimana. Intinya, kalo kamu baru banget belajar nyetir dan pingin cepet bisa jalan, mobil matic bisa jadi pilihan yang aman. Tapi kalo kamu pingin belajar nyetir yang “bener-bener nyetir”, mobil manual bisa kamu pertimbangin.
Yang pentinggg, kamu harus nyaman dan percaya diri. Gak masalah pake mobil manual atau mobil matic, yang penting bisa nyetir dengan aman, bijak, dan tanggung jawab. Ada sedikit tips buat kamu yang baru belajar nyetir.
- Gak usah gengsi belajar dari awal, semua orang juga pasti pernah kagok dan belajar dari 0
- Belajar di jalanan yang cenderung sepi, misal di jalanan komplek dulu. Jangan langsung ke jalan besar
- Cari orang yang sabar buat nemenin! Jangan sampe belajar nyetir jadi stres dan trauma buat kamu karena diomelin 🙁
Gimana? Udah siap nyetir mobil?
Tips
Ini 7 Penyebab AC Mobil Gak Dingin & Cara Ngatasinnya!

Siapa sih yang gak kesel pas masuk mobil abis kepanasan di luar, eh AC mobil gak dingin? Harusnya ngadem, ini malah makin gerah. Nah, bisa jadi tanda ada yang gak beres. Coba cek beberapa hal ini.
Kenapa AC Mobil Gak Dingin?
- Freon Mulai Habis
Salah satu penyebab paling umum: freon berkurang. Padahal freon ini penting banget buat nyerap panas, jadi bikin udara jadi adem. Biasanya kalau mobil kamu udah lumayan lama dipake, freonnya bisa aja mulai berkurang. Jadi, jangan lupa dicek, ya.
- Kompresor AC Bermasalah
Kompresor ac tuh komponen penting, karena kalau kompresor rusak, AC bisa langsung drop. Biasanya gara-gara oli kompresor gak pernah diganti atau udah kotor. Better sih kamu cek dan ganti oli kompresor tiap 6 bulan ya. Kalau gak, siap-siap deh keluar budget lebih buat benerinnya.
- Filter AC Kotor
Nah yang satu ini juga gak kalah penting dan seriiiiing banget dilupain! Filter yang penuh debu bikin aliran udara keganggu. Akhirnya yang keluar cuma angin doang, gak ada suhu dinginnya. Kalo terus didiemin, bisa ngaruh juga ke kinerja freon. Makanya, jangan sampe lupa buat bersihin filter rutin biar AC tetep adem maksimal.
- Extra Fan Mati
Extra fan tugasnya nambahin dingin, kalau dia mati atau gak muter otomatis proses pendinginannya jadi terganggu juga. Dampaknya? Yaaa AC mobil kamu jadi kayak gak nyala, padahal udah dikecilin sampe mentok. Gak nyaman kan?
- Kondesor Tersumbat
Basicnya kondesor ini yang ngubah freon dari gas ke cair, biar proses pendingannya jalan. Nah kalau kondesornya kotor atau tersumbat, udara dingin gak bakal nyampe ke dalam kabin mobil. Kebanyakan sih gara-gara debu atau kotoran nempel tapi gak dibersihin, kalau dibiarin aja nanti kondesornya bisa rusak.
- Kabel atau Konektor AC Putus
Nah yang paling bahaya, karena kabel atau konektor AC nya putus. Ini ganggu sistem kelistrikannya, bisa kacau dan AC gak nyala sama sekali. Wajib dicek, apalagi kalau tiba-tiba AC mobil mati mendadak.
- Kelistrikan Mobil Bermasalah
Bisa jadi, masalahnya bukan di AC-nya langsung, tapi di sistem listrik mobil kamu. Bisa aja ada komponen kelistrikan yang bermasalah, jadi harus diperbaiki atau diganti. Mending langsung bawa ke bengkel buat dicek total.
Baca juga: Penyebab Rem Blong Karena Apa?
Gimana Caranya Biar Tetap Adem?
- Jangan Merokok di Dalam Mobil
Yupsss asap rokok bisa nempel di filter AC mobil, bisa bikin umur filter jadi pendek. Selain bikin cepet rusak, sirkulasi udara di mobil juga jadi gak sehat. Jadi, tahan dulu deh ngerokoknya kalau masih sayang sama AC mobil dan tentu sajaa kesehatan diri sendiri.
- Rutin Cek Komponen AC
Mulai dari bersihin filter, cek dan ganti oli kompresor, sampe cek kelistrikan mobil. Gak usah nunggu rusak dulu baru panik. Cek rutin juga bisa cegah kerusakan dan pastinya ngurangi biaya servis yang tiba-tiba melonjak.
- Bijak Pakai AC Mobil
Better nya, suhu ideal AC mobil tuh 25°C. Jangan langsung diatur ke 16°C terus-terusan, supaya gak cepet drop. Suhu yang stabil bisa bikin AC lebih awet dan performanya tetep oke.
Nah coba sekarang udah cek filter AC mobil kamu belum?
Tips
Kena Tilang ETLE? Gak Usah Panik. Ini Cara Ceknya!

Lagi rame soal tilang ETLE niiih. Tiba-tiba dapet “Surat Cinta” dari Kepolisian padahal ngerasa gak ngelanggar apa-apa pas nyetir? Tenang, gak usah panik dulu. Ini caranya!
1. Cek Kena Tilang ETLE Atau Gak
Step pertama banget, kamu perlu cek Status Tilang ETLE kamu. Biasanya, ada informasi lewat WhatsApp resmi dari Kepolisian atau surat yang dikirim langsung ke rumah. Tapi, biar gak deg-degan, kamu juga bisa cek sendiri secara online. Ini caranya kalau kamu mau cek mandiri
- Siapin plat nomor kendaraan, 5 digit terakhir nomor rangka dan nomor mesin
- Cek statusnya di website https://etle-pmj.id/
- Masukin data-data yang diminta, trus klik “Cek Data”
Kalau muncul “No Data Available” berarti kamu aman, gak kena tilang. Tapi kalau terekam ngelakuin pelanggaran, bakal muncul informasi mulai dari tanggal dan lokasi kejadian, jenis pelanggaran, status kendaraan, sampai bukti foto pelanggaran.
Misalnya kamu dapet Surat Fisik dari Polda, bakal ada barcode buat masuk ke laman Konfirmasi. Tapi, sebelum move ke step konfirmasi, pastiin dulu kalau semua datanya udah benar ya.
2. Ternyata Datanya Salah? Gini Cara Sanggah Tilang ETLE
Oke, kalau setelah kamu review ternyata ada data yang salah, misalnya plat nomornya beda. Kamu bisa ajuin penyanggahan. Gampang banget, kamu bisa langsung klik tombol sanggah di laman website ETLE, trus pilih alasan yang sesuai sama case kamu, dan klik selesai.
Tapi, walaupun udah ngelakuin proses secara online, kamu juga perlu dateng ke Subdit Gakkum buat verifikasi dan minta Surat Buka Blokir Kendaraan. Perlu diinget ya, proses sanggah online juga harus diikuti verifikasi langsung biar lebih sah! Jangan sampe kelupaan.
3. Kalau Benar Kena Tilang, Gimana Konfirmasinya?
Kalau kamu memang melakukan pelanggaran, bisa langsung next ke step konfirmasi. Di sini, kamu perlu masukin nomor referensi tilang trus lengkapi data kendaraan dan pengemudi. Semisal, pas kena tilang ETLE ternyata kendaraannya bukan kamu yang bawa atau kendaraannya lagi disewa orang lain – kamu bisa isi data penyewa atau pengemudi sebenarnya, ya.
Setelah itu, akan muncul data informasi pelanggaran, kayak data kendaraan, nama penindak, dan pengadilan yang dituju buat ikut sidang. Jangan kaget ya, nanti juga ada informasi “Nominal Titipan” yang harus kamu bayar.
Oke, jangan emosi dulu…
4. Apakah Harus Bayar Denda Maksimal?
Tenang…Banyak yang panik liat Nominal Titipan. Angka yang muncul biasanya memang denda maksimal, tapi perlu digaris bawahi kalau itu bukan final. Nominal yang tertera cuma titipan sementara, yang nantinya akan disesuaikan lagi setelah putusan dari pengadilan.
Misalnya, gak pake seatbelt kena denda maksimal Rp 250.000. Setelah keputusan pengadilan, bisa aja denda kamu berkurang. Dan kelebihan uang titipan yang udah kamu bayar sebelumnya, bisa diambil lagi kok.
Baca juga: Jangan Asal Terobos Jalan, Kenali dulu Tilang Elektronik!
5. Cara Ambil Kelebihan Uang Titipannya Gimana?
Kamu tinggal buka website E-Tilang Kejaksaan di tilang.kejaksaan.go.id, masukin No. Blanko tilang, nanti muncul informasi rincian denda, biaya perkara, dan nominal sisanya juga. Kamu bisa langsung klik tombol “Ambil Sisa Titipan”. Nah ada dua cara buat ambil kelebihan uang titipan ini.
Pertama, ambil langsung ke bank BRI. Bawa Surat Pengantar yang bisa kamu download di web resminya dan KTP. Kedua, melalui transfer. Cukup isi data diri, nama bank penerima, dan nomor rekeningnya. Lebih satset! Selesai.
Tunggu, ini info penting batas waktu yang harus kamu catet.
- Konfirmasi pelanggaran tilang ETLE: maksimal 8 hari sejak pelanggaran
- Pembayaran uang titipan: maksimal 15 hari
- Pengambilan sisa uang titipan: maksimal 1 tahun
Coba deh cek sekarang, kamu kena tilang atau gak~
- NewsBacaan 2 menit
Mercedes Benz AMG SL 63 Nampang Di Queen Of Tears
- NewsBacaan < 1 menit
iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi
- NewsBacaan 2 menit
Lampu DRL Audi A3 Terbaru Bisa Diubah Sesuai Selera
- NewsBacaan 3 menit
Intip Perbedaan Hyundai Stargazer X
- Duotomotif
Review Modifikasi Semi-alto Hyundai Creta Prime
- NewsBacaan 5 menit
Marcello Gandini dan Mobil-Mobil Ikoniknya
- NewsBacaan 3 menit
Miyabi. Mobil Jimny Off Road Milik Babe Cabita.
- NewsBacaan 2 menit
BMW Neue Klasse X, real futuristiknya.