Tips
Ini 7 Penyebab AC Mobil Gak Dingin & Cara Ngatasinnya!

Siapa sih yang gak kesel pas masuk mobil abis kepanasan di luar, eh AC mobil gak dingin? Harusnya ngadem, ini malah makin gerah. Nah, bisa jadi tanda ada yang gak beres. Coba cek beberapa hal ini.
Kenapa AC Mobil Gak Dingin?
- Freon Mulai Habis
Salah satu penyebab paling umum: freon berkurang. Padahal freon ini penting banget buat nyerap panas, jadi bikin udara jadi adem. Biasanya kalau mobil kamu udah lumayan lama dipake, freonnya bisa aja mulai berkurang. Jadi, jangan lupa dicek, ya.
- Kompresor AC Bermasalah
Kompresor ac tuh komponen penting, karena kalau kompresor rusak, AC bisa langsung drop. Biasanya gara-gara oli kompresor gak pernah diganti atau udah kotor. Better sih kamu cek dan ganti oli kompresor tiap 6 bulan ya. Kalau gak, siap-siap deh keluar budget lebih buat benerinnya.
- Filter AC Kotor
Nah yang satu ini juga gak kalah penting dan seriiiiing banget dilupain! Filter yang penuh debu bikin aliran udara keganggu. Akhirnya yang keluar cuma angin doang, gak ada suhu dinginnya. Kalo terus didiemin, bisa ngaruh juga ke kinerja freon. Makanya, jangan sampe lupa buat bersihin filter rutin biar AC tetep adem maksimal.
- Extra Fan Mati
Extra fan tugasnya nambahin dingin, kalau dia mati atau gak muter otomatis proses pendinginannya jadi terganggu juga. Dampaknya? Yaaa AC mobil kamu jadi kayak gak nyala, padahal udah dikecilin sampe mentok. Gak nyaman kan?
- Kondesor Tersumbat
Basicnya kondesor ini yang ngubah freon dari gas ke cair, biar proses pendingannya jalan. Nah kalau kondesornya kotor atau tersumbat, udara dingin gak bakal nyampe ke dalam kabin mobil. Kebanyakan sih gara-gara debu atau kotoran nempel tapi gak dibersihin, kalau dibiarin aja nanti kondesornya bisa rusak.
- Kabel atau Konektor AC Putus
Nah yang paling bahaya, karena kabel atau konektor AC nya putus. Ini ganggu sistem kelistrikannya, bisa kacau dan AC gak nyala sama sekali. Wajib dicek, apalagi kalau tiba-tiba AC mobil mati mendadak.
- Kelistrikan Mobil Bermasalah
Bisa jadi, masalahnya bukan di AC-nya langsung, tapi di sistem listrik mobil kamu. Bisa aja ada komponen kelistrikan yang bermasalah, jadi harus diperbaiki atau diganti. Mending langsung bawa ke bengkel buat dicek total.
Baca juga: Penyebab Rem Blong Karena Apa?
Gimana Caranya Biar Tetap Adem?
- Jangan Merokok di Dalam Mobil
Yupsss asap rokok bisa nempel di filter AC mobil, bisa bikin umur filter jadi pendek. Selain bikin cepet rusak, sirkulasi udara di mobil juga jadi gak sehat. Jadi, tahan dulu deh ngerokoknya kalau masih sayang sama AC mobil dan tentu sajaa kesehatan diri sendiri.
- Rutin Cek Komponen AC
Mulai dari bersihin filter, cek dan ganti oli kompresor, sampe cek kelistrikan mobil. Gak usah nunggu rusak dulu baru panik. Cek rutin juga bisa cegah kerusakan dan pastinya ngurangi biaya servis yang tiba-tiba melonjak.
- Bijak Pakai AC Mobil
Better nya, suhu ideal AC mobil tuh 25°C. Jangan langsung diatur ke 16°C terus-terusan, supaya gak cepet drop. Suhu yang stabil bisa bikin AC lebih awet dan performanya tetep oke.
Nah coba sekarang udah cek filter AC mobil kamu belum?
Tips
Mobil Manual Atau Matic, Mana yang Paling Cocok Buat Pemula?

Masih bingung mau belajar nyetir pake mobil manual atau matic? atau kamu lagi mikir mau beli mobil pertama yang pas, tapi belum yakin enaknya pilih manual atau langsung matic? Wajar kok! banyak juga yang ngalamin hal yang sama, apalagi kalo baru pertama kali mau punya mobil atau belajar dari 0. Gak usah buru-buru, cari tau dulu yuk sini!
Emang Bedanya Mobil Manual dan Matic Itu Apa Sih?
Mobil manual itu kamu harus nginjek kopling dan pindah-pindah gigi sendiri pake tuas persneling. Pedalnya ada tiga: gas, rem, dan kopling. Jadi pas nyetir, kamu harus atur sendiri kapan harus oper gigi, tergantung kebutuhan, kecepatan, dan pastinya kondisi jalan. Kalo nyetir pake mobil manual, koordinasi tangan sama kaki harus oke, di awal mungkin agak ribet ya tapi nanti lama-lama juga terbiasa, apalagi kalo udah ngerti ritmenya.
Nah, kalo mobil matic, semuanya udah serba otomatis. Pedalnya cuma ada dua: gas dan rem–gak ada kopling. Jadi kamu cuma perlu nginjek gas buat jalan dan rem buat berhenti, udah gitu aja. Kamu gak perlu mikirin mindahin gigi, emang lebih praktis apalagi buat yang baru belajar nyetir atau sering nyetir di jalanan macet. Pokoknya tinggal duduk, nyalain mesin, trus go jalan!
Baca juga: Tips Merawat Mobil Biar Jadi Warisan Anak Cucu
Manual vs Matic: Plus Minusnya Apa?
Plusnya, mobil manual lebih irit bahan bakar, karena kamu bisa atur sendiri giginya sesuai kebutuhan. Selain itu, harga mobil manual juga biasanya cenderung lebih murah. Ini bisa jadi salah satu pertimbangan kalo budget kamu terbatas. Gak cuma harga belinya aja yang murah, biaya perawatannya juga cenderung lebih rendah. Karena kalo mau beli mobil, perlu juga tuh dipikirin biaya-biaya perawatannya. Mobil manual juga punya kontrol lebih baik, terutama kalo harus lewatin jalan tanjakan atau turunan.
Kalo mobil matic, jelas lebih praktis dan nyaman terutama buat pemula. Kamu gak perlu mikirin kopling atau perpindahan gigi, cocok banget buat kamu yang gak suka ribet dan punya mobilitas tinggi di perkotaan yang macet udah jadi makanan sehari-hari. Nyetir mobil matic gak bikin gampang capek, apalagi kalo sering stop and go.
Tapiii, dibalik itu pastinya masing-masing ada kekurangannya juga. Mobil manual lebih teknis dan butuh banget skill nyetir yang lebih oke, jadi bisa terasa susah buat pemula. Apalagi kalo mobilitasnya tinggi di perkotaan, kaki bisa lebih cepet pegel karena harus sering mainin kopling.
Nah mobil matic emang lebih gampang sih, tapi harus siap biaya perawatan yang lebih tinggi dan lebih boros bahan bakar, walaupun sekarang udah banyak teknologi buat ngurangin konsumsi bahan bakar. Trus, karena semua otomatis, kamu juga harus banget pinter buat nyesuain tenaga mesin, apalagi kalo lewat jalan tanjakan. Harus extra hati-hati.
Terus, Buat Pemula Lebih Bagus Mana?
Jawabannya, tergantung kamu dan kebutuhannya kayak gimana. Intinya, kalo kamu baru banget belajar nyetir dan pingin cepet bisa jalan, mobil matic bisa jadi pilihan yang aman. Tapi kalo kamu pingin belajar nyetir yang “bener-bener nyetir”, mobil manual bisa kamu pertimbangin.
Yang pentinggg, kamu harus nyaman dan percaya diri. Gak masalah pake mobil manual atau mobil matic, yang penting bisa nyetir dengan aman, bijak, dan tanggung jawab. Ada sedikit tips buat kamu yang baru belajar nyetir.
- Gak usah gengsi belajar dari awal, semua orang juga pasti pernah kagok dan belajar dari 0
- Belajar di jalanan yang cenderung sepi, misal di jalanan komplek dulu. Jangan langsung ke jalan besar
- Cari orang yang sabar buat nemenin! Jangan sampe belajar nyetir jadi stres dan trauma buat kamu karena diomelin 🙁
Gimana? Udah siap nyetir mobil?
Tips
Kena Tilang ETLE? Gak Usah Panik. Ini Cara Ceknya!

Lagi rame soal tilang ETLE niiih. Tiba-tiba dapet “Surat Cinta” dari Kepolisian padahal ngerasa gak ngelanggar apa-apa pas nyetir? Tenang, gak usah panik dulu. Ini caranya!
1. Cek Kena Tilang ETLE Atau Gak
Step pertama banget, kamu perlu cek Status Tilang ETLE kamu. Biasanya, ada informasi lewat WhatsApp resmi dari Kepolisian atau surat yang dikirim langsung ke rumah. Tapi, biar gak deg-degan, kamu juga bisa cek sendiri secara online. Ini caranya kalau kamu mau cek mandiri
- Siapin plat nomor kendaraan, 5 digit terakhir nomor rangka dan nomor mesin
- Cek statusnya di website https://etle-pmj.id/
- Masukin data-data yang diminta, trus klik “Cek Data”
Kalau muncul “No Data Available” berarti kamu aman, gak kena tilang. Tapi kalau terekam ngelakuin pelanggaran, bakal muncul informasi mulai dari tanggal dan lokasi kejadian, jenis pelanggaran, status kendaraan, sampai bukti foto pelanggaran.
Misalnya kamu dapet Surat Fisik dari Polda, bakal ada barcode buat masuk ke laman Konfirmasi. Tapi, sebelum move ke step konfirmasi, pastiin dulu kalau semua datanya udah benar ya.
2. Ternyata Datanya Salah? Gini Cara Sanggah Tilang ETLE
Oke, kalau setelah kamu review ternyata ada data yang salah, misalnya plat nomornya beda. Kamu bisa ajuin penyanggahan. Gampang banget, kamu bisa langsung klik tombol sanggah di laman website ETLE, trus pilih alasan yang sesuai sama case kamu, dan klik selesai.
Tapi, walaupun udah ngelakuin proses secara online, kamu juga perlu dateng ke Subdit Gakkum buat verifikasi dan minta Surat Buka Blokir Kendaraan. Perlu diinget ya, proses sanggah online juga harus diikuti verifikasi langsung biar lebih sah! Jangan sampe kelupaan.
3. Kalau Benar Kena Tilang, Gimana Konfirmasinya?
Kalau kamu memang melakukan pelanggaran, bisa langsung next ke step konfirmasi. Di sini, kamu perlu masukin nomor referensi tilang trus lengkapi data kendaraan dan pengemudi. Semisal, pas kena tilang ETLE ternyata kendaraannya bukan kamu yang bawa atau kendaraannya lagi disewa orang lain – kamu bisa isi data penyewa atau pengemudi sebenarnya, ya.
Setelah itu, akan muncul data informasi pelanggaran, kayak data kendaraan, nama penindak, dan pengadilan yang dituju buat ikut sidang. Jangan kaget ya, nanti juga ada informasi “Nominal Titipan” yang harus kamu bayar.
Oke, jangan emosi dulu…
4. Apakah Harus Bayar Denda Maksimal?
Tenang…Banyak yang panik liat Nominal Titipan. Angka yang muncul biasanya memang denda maksimal, tapi perlu digaris bawahi kalau itu bukan final. Nominal yang tertera cuma titipan sementara, yang nantinya akan disesuaikan lagi setelah putusan dari pengadilan.
Misalnya, gak pake seatbelt kena denda maksimal Rp 250.000. Setelah keputusan pengadilan, bisa aja denda kamu berkurang. Dan kelebihan uang titipan yang udah kamu bayar sebelumnya, bisa diambil lagi kok.
Baca juga: Jangan Asal Terobos Jalan, Kenali dulu Tilang Elektronik!
5. Cara Ambil Kelebihan Uang Titipannya Gimana?
Kamu tinggal buka website E-Tilang Kejaksaan di tilang.kejaksaan.go.id, masukin No. Blanko tilang, nanti muncul informasi rincian denda, biaya perkara, dan nominal sisanya juga. Kamu bisa langsung klik tombol “Ambil Sisa Titipan”. Nah ada dua cara buat ambil kelebihan uang titipan ini.
Pertama, ambil langsung ke bank BRI. Bawa Surat Pengantar yang bisa kamu download di web resminya dan KTP. Kedua, melalui transfer. Cukup isi data diri, nama bank penerima, dan nomor rekeningnya. Lebih satset! Selesai.
Tunggu, ini info penting batas waktu yang harus kamu catet.
- Konfirmasi pelanggaran tilang ETLE: maksimal 8 hari sejak pelanggaran
- Pembayaran uang titipan: maksimal 15 hari
- Pengambilan sisa uang titipan: maksimal 1 tahun
Coba deh cek sekarang, kamu kena tilang atau gak~
Tips
7 Barang Wajib di Mobil yang Bikin Hidup Lebih Gampang

Mobil itu udah kayak kamar kedua. Rasanya barang yang ada di kamar pengen dibawa semua biar gak ribet bolak-balik rumah. Tapi daripada asal bawa barang, mending fokus ke barang wajib di mobil yang beneran berguna jadi bikin perjalanan lebih nyaman. Sini cek satu-satu!
- Adapter Charger
Adapter charger tuh penyelamat banget. Walaupun sebenernya ngecas di mobil gak disarankan terlalu sering, tapi gimana kalau batre HP sekarat pas lagi buka Google Maps? Nah makanya, adapter charger itu jadi salah satu barang wajib di mobil. Buat jaga-jaga aja, apalagi kalau kamu suka ngandelin HP buat navigasi atau gak bisa banget kalo nyetir gak dengerin Spotify.
- Tisu
Lagi makan di mobil, bersihin tangan, lapin dashboard atau kacamata, sampe ke toilet umum pun butuh tisu. Bener gak? pokoknya, tisu juga termasuk barang wajib di mobil. Tapi inget juga, pakainya tetap bijak, jangan boros, ingat pohon-pohon di luar sana. Tetep harus jaga lingkungan, guyssss.
- Tempat Sampah Mini
Kebayang gak kalo mobil bersih dari luar doang, tapi ternyata dalemnya kayak kapal pecah? Bungkus permen, tisu bekas, struk belanja nyebar di mana-mana. Hmmm gak banget sih ya 🙁 Biar gak malu pas bawa temen atau gebetan, siapin aja tempat sampah mini. Gak usah gede-gede, yang penting cukup buat nampung sampah kecil. Ini jelas harus masuk daftar barang wajib di mobil, gak boleh kelewat!.
- Air Minum
Gak bawa air minum pas nyetir tuh udah kayak nyari masalah. Apalagi kalau lagi perjalanan jauh, dehidrasi bisa bikin gak fokus. Solusinya gampang: bawa tumbler sendiri. Selain aman, pastinya juga lebih ramah lingkungan. Ini sering diremehin, tapi sebenernya penting banget buat kesehatan. Kelamaan duduk ditambah kurang minum tuh gak sehat.
- Kotak P3K
Namanya juga darurat, siapa yang tau bakal kejadian? Makanya kotak P3K kecil wajib banget ada di mobil. Masukin aja plester, obat luka, obat gerd (buat yang sering lupa diri minum kopi), atau obat pribadi lainnya. Kalau ada apa-apa di mobil, setidaknya punya obat-obatan penolong supaya gak makin parah. Jadi jangan sampai ketinggalan kotak P3K nya yaa!
Baca juga: 5 Bagian Mobil yang Tersembunyi Tapi Penting Buat Dibersihin
- Ban Cadangan
Ini sih udah standar. Tapi percaya deh, masih banyak yang gak sadar kondisi ban cadangannya. Karena ban cadangan ini penyelamat banget buat antisipasi kalo ban utama bocor atau kena paku tiba-tiba di jalan. Gak perlu panik nyari tambal ban, pake yang ada dulu di mobil. Kebayang gak kalo ternyata kondisi ban cadangan juga udah ancur karena gak pernah dicek? Yuuuk coba diliat yukkk kondisi ban cadangannya.
- Dongkrak
Masih nyambung sama poin ke enam. Percuma punya ban cadangan tapi gak punya dongkrak, gimana cara gantinya nanti? Makanya dongkrak sama ban cadangan itu udah pasangan setia yang gak boleh terpisahkan. Dua-duanya harus masuk list barang wajib di mobil. Tenang, gak harus jago ganti ban kok, yang penting selalu siap alatnya buat jaga-jaga.
Follow Instagram @halotomotif.id buat tau tips & tricks otomotif lainnya.
- NewsBacaan 2 menit
Mercedes Benz AMG SL 63 Nampang Di Queen Of Tears
- NewsBacaan < 1 menit
iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi
- NewsBacaan 2 menit
Lampu DRL Audi A3 Terbaru Bisa Diubah Sesuai Selera
- NewsBacaan 3 menit
Intip Perbedaan Hyundai Stargazer X
- Duotomotif
Review Modifikasi Semi-alto Hyundai Creta Prime
- NewsBacaan 5 menit
Marcello Gandini dan Mobil-Mobil Ikoniknya
- NewsBacaan 3 menit
Miyabi. Mobil Jimny Off Road Milik Babe Cabita.
- NewsBacaan 2 menit
BMW Neue Klasse X, real futuristiknya.