Connect with us

Tips

Dilarang Bunyiin Klakson di Tempat Ini!

Bacaan 2 menit

Tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin~~ 

Suka sebel kan sama yang gak urgent tapi ngeklaksonnya bikin pusing kepala dan jantungan. Dilarang bunyiin klakson sembarangan ya, karena secara definisi, klakson itu alat yang difungsikan buat kasih peringatan ke pengendara lain atau pejalan kaki biar tau keberadaan mobil. Jadi, bisa terhindar dari kecelakaan. Kalau sembarangan klakson bisa kena sanksi hukum juga.

Ini beberapa tempat yang ngelarang penggunaan klakson atau sangat dibatasi:

Tempat ibadah

Udah tau dong kalau tempat ibadah itu sakral. Kalo kata bokap “Jangan berisik pas lagi sholat!”. Berisik aja gak boleh apalagi bunyiin klakson yang berlebihan. Bisa bikin kaget orang yang lagi ibadah yang akhirnya bisa diamuk masa!

Dengan lo gak bunyiin klakson di dekat tempat ibadah sama artinya lo juga menghargai waktu beribadah umat beragama kan.

Area rumah sakit

Kalau yang di area ini bener-bener BIG NO! Dilarang banget bunyiin klakson. Karena lokasi ini kan butuh ketenangan, banyak pasien yang lagi jalanin perawatan juga jadi butuh calm down dan jauh dari kebisingan. Coba bayangin kalo lo lagi di rumah sakit terus lagi istirahat siang, tiba-tiba dikagetin sama suara klakson, dueeer langsung darah tinggi kan! 

Ambulance aja yang punya prioritas untuk ke area rumah sakit juga harus ‘pelanin’ bahkan matiin sirinenya kalau udah sampai di area rumah sakit.

Sekolah

Sekolah yang lokasinya di sepanjang jalan utama atau daerah padat penduduk, juga jadi area yang dilarang untuk bunyiin klakson. Karena ada banyak anak-anak yang jadi pengguna jalan, bisa jadi kaget dan panik kalau ada klakson yang terlalu kenceng. Jadi, udah ada aturan lalu lintas juga yang ngelarang bunyiin klakson di sekitar sekolah terutama pas jam-jam masuk dan pulang sekolah. 

Selain itu, suara klakson yang keras bisa ganggu konsentrasi dan kenyamanan guru dan siswa yang ada di dalam lingkungan sekolah. Inget gak pas jaman masih sekolah, kalau berisik di kelas juga sering kena marah guru.

Perumahan

Ada quote home sweet home, tapi kalau ada yang bikin bising jadi gak sweet jadinya bitter hmm~ 

Kawasan perumahan jadi zona yang dilarang buat bunyiin klakson soalnya bisa mengganggu kenyamanan dan ketenganagan warganya. Apalagi di jam-jam pagi hari waktunya riweuh nyiapin bekal atau mau berangkat kerja, dan malam hari yang mana emang mau istirahat. Cukup pertengkaran antar tetangga aja yang bikin pusing, jangan ditambahin sama suara klakson yang bikin kaget.

Kalau mau bunyiin klakson di area pemukiman bisa aja, tapi kalau ada keadaan darurat atau untuk mencegah kecelakaan.

Lingkungan yang sedang berduka

Ya kalau ini gak perlu dijelasin, kesadaran diri aja gak? Si sopan tuh kalau ada yang lagi berduka tiba-tiba ngebunyiin klakson.

So, bunyiin klakson emang penting untuk keselamatan tapi di tempat yang tepat. Karena klakson itu buat peringatan bukan untuk shock therapy.

Tetap jadi pengguna lalu lintas yang baik ya~

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Wiper Mobil Biar Awet Emang Harus Diangkat? - Halotomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips

Mobil Manual Atau Matic, Mana yang Paling Cocok Buat Pemula? 

Bacaan 2 menit

Masih bingung mau belajar nyetir pake mobil manual atau matic? atau kamu lagi mikir mau beli mobil pertama yang pas, tapi belum yakin enaknya pilih manual atau langsung matic? Wajar kok! banyak juga yang ngalamin hal yang sama, apalagi kalo baru pertama kali mau punya mobil atau belajar dari 0. Gak usah buru-buru, cari tau dulu yuk sini!

Emang Bedanya Mobil Manual dan Matic Itu Apa Sih?

Mobil manual itu kamu harus nginjek kopling dan pindah-pindah gigi sendiri pake tuas persneling. Pedalnya ada tiga: gas, rem, dan kopling. Jadi pas nyetir, kamu harus atur sendiri kapan harus oper gigi, tergantung kebutuhan, kecepatan, dan pastinya kondisi jalan. Kalo nyetir pake mobil manual, koordinasi tangan sama kaki harus oke, di awal mungkin agak ribet ya tapi nanti lama-lama juga terbiasa, apalagi kalo udah ngerti ritmenya. 

Nah, kalo mobil matic, semuanya udah serba otomatis. Pedalnya cuma ada dua: gas dan rem–gak ada kopling. Jadi kamu cuma perlu nginjek gas buat jalan dan rem buat berhenti, udah gitu aja. Kamu gak perlu mikirin mindahin gigi, emang lebih praktis apalagi buat yang baru belajar nyetir atau sering nyetir di jalanan macet. Pokoknya tinggal duduk, nyalain mesin, trus go jalan!

Baca juga: Tips Merawat Mobil Biar Jadi Warisan Anak Cucu

Manual vs Matic: Plus Minusnya Apa? 

Plusnya, mobil manual lebih irit bahan bakar, karena kamu bisa atur sendiri giginya sesuai kebutuhan. Selain itu, harga mobil manual juga biasanya cenderung lebih murah. Ini bisa jadi salah satu pertimbangan kalo budget kamu terbatas. Gak cuma harga belinya aja yang murah, biaya perawatannya juga cenderung lebih rendah. Karena kalo mau beli mobil, perlu juga tuh dipikirin biaya-biaya perawatannya. Mobil manual juga punya kontrol lebih baik, terutama kalo harus lewatin jalan tanjakan atau turunan. 

Kalo mobil matic, jelas lebih praktis dan nyaman terutama buat pemula. Kamu gak perlu mikirin kopling atau perpindahan gigi, cocok banget buat kamu yang gak suka ribet dan punya mobilitas tinggi di perkotaan yang macet udah jadi makanan sehari-hari. Nyetir mobil matic gak bikin gampang capek, apalagi kalo sering stop and go.

Tapiii, dibalik itu pastinya masing-masing ada kekurangannya juga. Mobil manual lebih teknis dan butuh banget skill nyetir yang lebih oke, jadi bisa terasa susah buat pemula. Apalagi kalo mobilitasnya tinggi di perkotaan, kaki bisa lebih cepet pegel karena harus sering mainin kopling. 

Nah mobil matic emang lebih gampang sih, tapi harus siap biaya perawatan yang lebih tinggi dan lebih boros bahan bakar, walaupun sekarang udah banyak teknologi buat ngurangin konsumsi bahan bakar. Trus, karena semua otomatis, kamu juga harus banget pinter buat nyesuain tenaga mesin, apalagi kalo lewat jalan tanjakan. Harus extra hati-hati. 

Terus, Buat Pemula Lebih Bagus Mana?

Jawabannya, tergantung kamu dan kebutuhannya kayak gimana. Intinya, kalo kamu baru banget belajar nyetir dan pingin cepet bisa jalan, mobil matic bisa jadi pilihan yang aman. Tapi kalo kamu pingin belajar nyetir yang “bener-bener nyetir”, mobil manual bisa kamu pertimbangin. 

Yang pentinggg, kamu harus nyaman dan percaya diri. Gak masalah pake mobil manual atau mobil matic, yang penting bisa nyetir dengan aman, bijak, dan tanggung jawab. Ada sedikit tips buat kamu yang baru belajar nyetir. 

  1. Gak usah gengsi belajar dari awal, semua orang juga pasti pernah kagok dan belajar dari 0 
  2. Belajar di jalanan yang cenderung sepi, misal di jalanan komplek dulu. Jangan langsung ke jalan besar 
  3. Cari orang yang sabar buat nemenin! Jangan sampe belajar nyetir jadi stres dan trauma buat kamu karena diomelin 🙁 

Gimana? Udah siap nyetir mobil?

Continue Reading

Tips

Ini 7 Penyebab AC Mobil Gak Dingin & Cara Ngatasinnya!

Bacaan 2 menit

ac mobil

Siapa sih yang gak kesel pas masuk mobil abis kepanasan di luar, eh AC mobil gak dingin? Harusnya ngadem, ini malah makin gerah. Nah, bisa jadi tanda ada yang gak beres. Coba cek beberapa hal ini. 

Kenapa AC Mobil Gak Dingin?

  1. Freon Mulai Habis

Salah satu penyebab paling umum: freon berkurang. Padahal freon ini penting banget buat nyerap panas, jadi bikin udara jadi adem. Biasanya kalau mobil kamu udah lumayan lama dipake, freonnya bisa aja mulai berkurang. Jadi, jangan lupa dicek, ya. 

  1. Kompresor AC Bermasalah

Kompresor ac tuh komponen penting, karena kalau kompresor rusak, AC bisa langsung drop. Biasanya gara-gara oli kompresor gak pernah diganti atau udah kotor. Better sih kamu cek dan ganti oli kompresor tiap 6 bulan ya. Kalau gak, siap-siap deh keluar budget lebih buat benerinnya.

  1. Filter AC Kotor 

Nah yang satu ini juga gak kalah penting dan seriiiiing banget dilupain! Filter yang penuh debu bikin aliran udara keganggu. Akhirnya yang keluar cuma angin doang, gak ada suhu dinginnya. Kalo terus didiemin, bisa ngaruh juga ke kinerja freon. Makanya, jangan sampe lupa buat bersihin filter rutin biar AC tetep adem maksimal.

  1. Extra Fan Mati 

Extra fan tugasnya nambahin dingin, kalau dia mati atau gak muter otomatis proses pendinginannya jadi terganggu juga. Dampaknya? Yaaa AC mobil kamu jadi kayak gak nyala, padahal udah dikecilin sampe mentok. Gak nyaman kan?

  1. Kondesor Tersumbat 

Basicnya kondesor ini yang ngubah freon dari gas ke cair, biar proses pendingannya jalan. Nah kalau kondesornya kotor atau tersumbat, udara dingin gak bakal nyampe ke dalam kabin mobil. Kebanyakan sih gara-gara debu atau kotoran nempel tapi gak dibersihin, kalau dibiarin aja nanti kondesornya bisa rusak. 

  1. Kabel atau Konektor AC Putus 

Nah yang paling bahaya, karena kabel atau konektor AC nya putus. Ini ganggu sistem kelistrikannya, bisa kacau dan AC gak nyala sama sekali. Wajib dicek, apalagi kalau tiba-tiba AC mobil mati mendadak. 

  1. Kelistrikan Mobil Bermasalah 

Bisa jadi, masalahnya bukan di AC-nya langsung, tapi di sistem listrik mobil kamu. Bisa aja ada komponen kelistrikan yang bermasalah, jadi harus diperbaiki atau diganti. Mending langsung bawa ke bengkel buat dicek total. 

Baca juga: Penyebab Rem Blong Karena Apa?

Gimana Caranya Biar Tetap Adem?

  1. Jangan Merokok di Dalam Mobil 

Yupsss asap rokok bisa nempel di filter AC mobil, bisa bikin umur filter jadi pendek. Selain bikin cepet rusak, sirkulasi udara di mobil juga jadi gak sehat. Jadi, tahan dulu deh ngerokoknya kalau masih sayang sama AC mobil dan tentu sajaa kesehatan diri sendiri. 

  1. Rutin Cek Komponen AC 

Mulai dari bersihin filter, cek dan ganti oli kompresor, sampe cek kelistrikan mobil. Gak usah nunggu rusak dulu baru panik. Cek rutin juga bisa cegah kerusakan dan pastinya ngurangi biaya servis yang tiba-tiba melonjak.

  1. Bijak Pakai AC Mobil 

Better nya, suhu ideal AC mobil tuh 25°C. Jangan langsung diatur ke 16°C terus-terusan, supaya gak cepet drop. Suhu yang stabil bisa bikin AC lebih awet dan performanya tetep oke. 

Nah coba sekarang udah cek filter AC mobil kamu belum?

Continue Reading

Tips

Kena Tilang ETLE? Gak Usah Panik. Ini Cara Ceknya! 

Bacaan 2 menit

tilang etle

Lagi rame soal tilang ETLE niiih. Tiba-tiba dapet “Surat Cinta” dari Kepolisian padahal ngerasa gak ngelanggar apa-apa pas nyetir? Tenang, gak usah panik dulu. Ini caranya!

1. Cek Kena Tilang ETLE Atau Gak

Step pertama banget, kamu perlu cek Status Tilang ETLE kamu. Biasanya, ada informasi lewat WhatsApp resmi dari Kepolisian atau surat yang dikirim langsung ke rumah. Tapi, biar gak deg-degan, kamu juga bisa cek sendiri secara online. Ini caranya kalau kamu mau cek mandiri 

  1. Siapin plat nomor kendaraan, 5 digit terakhir nomor rangka dan nomor mesin 
  2. Cek statusnya di website https://etle-pmj.id/ 
  3. Masukin data-data yang diminta, trus klik “Cek Data” 

Kalau muncul “No Data Available” berarti kamu aman, gak kena tilang. Tapi kalau terekam ngelakuin pelanggaran, bakal muncul informasi mulai dari tanggal dan lokasi kejadian, jenis pelanggaran, status kendaraan, sampai bukti foto pelanggaran. 

Misalnya kamu dapet Surat Fisik dari Polda, bakal ada barcode buat masuk ke laman Konfirmasi. Tapi, sebelum move ke step konfirmasi, pastiin dulu kalau semua datanya udah benar ya. 

2. Ternyata Datanya Salah? Gini Cara Sanggah Tilang ETLE

Oke, kalau setelah kamu review ternyata ada data yang salah, misalnya plat nomornya beda. Kamu bisa ajuin penyanggahan. Gampang banget, kamu bisa langsung klik tombol sanggah di laman website ETLE, trus pilih alasan yang sesuai sama case kamu, dan klik selesai. 

Tapi, walaupun udah ngelakuin proses secara online, kamu juga perlu dateng ke Subdit Gakkum buat verifikasi dan minta Surat Buka Blokir Kendaraan. Perlu diinget ya, proses sanggah online juga harus diikuti verifikasi langsung biar lebih sah! Jangan sampe kelupaan.

3. Kalau Benar Kena Tilang, Gimana Konfirmasinya?

Kalau kamu memang melakukan pelanggaran, bisa langsung next ke step konfirmasi. Di sini, kamu perlu masukin nomor referensi tilang trus lengkapi data kendaraan dan pengemudi.  Semisal, pas kena tilang ETLE ternyata kendaraannya bukan kamu yang bawa atau kendaraannya lagi disewa orang lain – kamu bisa isi data penyewa atau pengemudi sebenarnya, ya. 

Setelah itu, akan muncul data informasi pelanggaran, kayak data kendaraan, nama penindak, dan pengadilan yang dituju buat ikut sidang. Jangan kaget ya, nanti juga ada informasi “Nominal Titipan” yang harus kamu bayar.

Oke, jangan emosi dulu… 

4. Apakah Harus Bayar Denda Maksimal?

Tenang…Banyak yang panik liat Nominal Titipan. Angka yang muncul biasanya memang denda maksimal, tapi perlu digaris bawahi kalau itu bukan final. Nominal yang tertera cuma titipan sementara, yang nantinya akan disesuaikan lagi setelah putusan dari pengadilan. 

Misalnya, gak pake seatbelt kena denda maksimal Rp 250.000. Setelah keputusan pengadilan, bisa aja denda kamu berkurang. Dan kelebihan uang titipan yang udah kamu bayar sebelumnya, bisa diambil lagi kok. 

Baca juga: Jangan Asal Terobos Jalan, Kenali dulu Tilang Elektronik!

5. Cara Ambil Kelebihan Uang Titipannya Gimana?

Kamu tinggal buka website E-Tilang Kejaksaan di tilang.kejaksaan.go.id, masukin No. Blanko tilang, nanti muncul informasi rincian denda, biaya perkara, dan nominal sisanya juga. Kamu bisa langsung klik tombol “Ambil Sisa Titipan”. Nah ada dua cara buat ambil kelebihan uang titipan ini. 

Pertama, ambil langsung ke bank BRI. Bawa Surat Pengantar yang bisa kamu download di web resminya dan KTP. Kedua, melalui transfer. Cukup isi data diri, nama bank penerima, dan nomor rekeningnya. Lebih satset! Selesai. 

Tunggu, ini info penting batas waktu yang harus kamu catet. 

  • Konfirmasi pelanggaran tilang ETLE: maksimal 8 hari sejak pelanggaran 
  • Pembayaran uang titipan: maksimal 15 hari 
  • Pengambilan sisa uang titipan: maksimal 1 tahun

Coba deh cek sekarang, kamu kena tilang atau gak~

Continue Reading

Trending