Tips
Bisa Boros Bensin Kalau Nyetir Mobil Gak Konstan

Pernah denger istilah “Mulut lo gak sekolah ya?” artinya pasti tau dong, kata-kata yang keluar dari mulut seseorang mengandung ketidaksopanan haha.
Ada juga nih istilah “Kaki lo gak disekolahin”? Nah ini artinya nyetirnya gak enak. Jadi gak pakai feeling pas nyetir, naikin gas dadakan gak bertahap halus, injek rem kasar, terus ngendaliin setir kanan kiri gak enak. Alhasil, penumpangnya bisa mabuk di mobil.
Apalagi di kondisi puasa gini, pengen ngebut biar cepat sampai tujuan buat buka tapi malah gak karu-karuan injek gas, kopling, dan remnya. Bukan hanya penumpangnya yang merasa gak enak, tapi mobilnya kalau bisa ngomong juga pasti akan berucap “Badan gw pegel-pegel woi”.
Resiko apa sih yang dihadapi kalau misalkan nyetirnya gak “halus” atau sukanya ngebut berlebihan tapi gak teratur?
Boros bensin
Jelas boros, kan gak konstan ngegasnya, remnya juga mendadak. Jadi bikin mesin berpacu lebih kenceng pada saat perpindahan gasnya. So, harus selalu menjaga putaran mesin mobil. Saat nyetir harus menjaga mesin agar mobil melaju tetap dalam putaran rendah. Ketika mesin mobil berada dalam putaran tinggi maka akan lebih banyak menghabiskan bahan bakar.
Umumnya putaran mesin ideal dibawah 2.000 RPM. Jangan sampai putaran mesin lebih dari 2.500 RPM apalagi 3.000 RPM karena akan membuat sering mampir ke SPBU. Cara paling mudah untuk menjaga putaran mesin ya kalau injak pedal gas secara perlahan-lahan. Kalau terlalu cepet nginjak gas, bakal bikin mesin mencapai putaran tinggi.
Mobil bisa overheat
Udah boros bensin, overheat juga. Overheat itu suatu kondisi di mana mesin mobil mengalami suhu panas yang terlalu tinggi. Itu bisa terjadi kalau cara menyetir mobilnya ngawur, mesin mobil jadi bekerja terlalu keras maka suhu mesin bisa menjadi terlalu tinggi sehingga mobil akan mengalami overheat. Proses pembakaran yang lebih banyak menghasilkan panas yang lebih tinggi. Jika radiator tidak mampu mendinginkannya dengan baik, overheat bisa terjadi.
Spare part mobil rusak
Resiko selanjutnya adalah rusaknya spare part mobil terutama ring piston mobil. Overheat yang berlebih dapat merusak sifat elastis ring piston dan menyebabkannya menjadi aus lebih cepat dan mengganggu segel antara piston dan dinding silinder. Akibatnya, tekanan pembakaran tidak dapat dijaga dengan baik, performa mesin menurun, dan keausan pada ring piston meningkat.
Selain itu,efek lain adalah terasa berat saat menginjak gas. Pada saat menyetir dengan kecepatan tidak konstan bisa membuat penumpukan karbon dalam ruang pembakaran. Kok bisa numpuk? Ya karena proses pembakaran yang dilakukan mesin nggak sempurna, salah satu penyebabnya naik turunnya menginjak pedal gas, mendadak injak rem, dan bisa juga karena kualitas bahan bakar yang tidak baik. Karena proses pembakaran tidak sempurna makanya bisa menghasilkan sisa yaitu kerak karbon. Dan ujung masalahnya tetap bikin boros bensin, karena akan makin dalam injek gasnya makin banyak bensin yang keluar.
So, semua kembali ke pribadi masing-masing untuk cara menyetir mobil. Tapi usahakan menyetir dengan halus agar mobil bisa awet dan hemat bbm, dan jangan lupa untuk selalu service rutin kalau udah mulai mengalami 3 kejadian diatas.
Tips
Rahasia di Balik Warna Lampu Indikator Dashboard Mobil

Pernah pas nyetir tiba-tiba muncul lampu-lampu kecil di dashboard mobil dan kamu langsung panik? Tenang… gak semua lampu indikator berarti mobil kamu rusak. Kuncinya ada di warna lampu indikator, bukan cuma simbolnya aja.
Banyak pengemudi hanya fokus ke gambar atau ikon yang muncul, padahal warna lampu indikator punya arti penting untuk kasih tahu kondisi mobil. Yuk kita bahas.

- Warna Hijau atau Biru — Tandanya Mobil dalam Kondisi Normal 🟢🔵
Kalau muncul lampu indikator berwarna hijau atau biru, kamu boleh tenang. Warna ini biasanya cuma ngasih tahu kalau ada fitur mobil yang sedang aktif.
Contohnya:
- Lampu biru dengan simbol lampu jauh → artinya lampu jauh sedang menyala.
- Lampu hijau dengan arah panah → sein aktif atau lampu kabut menyala.
Jadi kalau lihat warna ini, kamu gak perlu panik. Anggap aja kayak notifikasi “All is well.”

- Warna Kuning atau Oranye — Waspada, Tapi Belum Bahaya 🟠🟡
Nah, kalau indikator warna kuning atau oranye muncul, itu tandanya mobil lagi ngasih peringatan ringan. Gak perlu langsung berhenti mendadak, tapi segera cek kondisinya.
Beberapa contoh umum:
- Check Engine: biasanya terkait sistem mesin atau sensor. Bisa ringan, bisa juga tanda awal masalah.
- Tekanan ban kurang (TPMS) → segera cek tekanan angin ban.
- Traction control aktif → sistem sedang bantu menjaga traksi mobil.
Intinya, warna kuning = “awas, ada yang perlu diperhatikan.” Kalau dibiarkan terlalu lama, bisa jadi masalah serius.

- Warna Merah — Ini Baru Bahaya, Wajib Tindakan Cepat 🔴
Kalau lampu indikator berwarna merah muncul, ini tandanya ada masalah serius yang harus segera ditangani. Biasanya menyangkut sistem penting seperti mesin, rem, atau suhu mobil.
Contoh yang sering muncul:
- Tekanan oli rendah → langsung matikan mesin dan periksa oli.
- Overheat / suhu mesin terlalu tinggi → jangan paksa jalan, bisa bikin mesin rusak.
- Rem tangan aktif atau masalah rem → cek apakah rem tangan belum dilepas atau ada gangguan.
Warna merah ini bukan sekadar “peringatan”, tapi sinyal darurat. Lebih baik berhenti di tempat aman dan cek masalahnya, atau hubungi bengkel atau teknisi.
Kenapa Penting Tahu Warna Indikator Dashboard?
Karena dashboard itu ibarat “bahasa tubuh” mobil kamu. Kalau kamu paham arti warna-warnanya, kamu bisa tahu kapan harus tenang, kapan perlu waspada, dan kapan harus berhenti total.
Selain bikin berkendara lebih aman, kamu juga bisa mencegah kerusakan besar sejak dini. Jadi, mulai sekarang jangan cuma fokus ke simbolnya aja ya.. Lihat juga warnanya.
Tips
RON 92, 95, 98… Ini Angka Apa Sih Sebenernya?

Pernah liat angka-angka di pom bensin? 92, 95, 98… sebenernya itu apa sih? Angka kelahiran? Ofkorsss bukan dong. Itu kepanjangannya Research Octane Number sering disingkat RON. Pasti kamu pernah denger orang-orang bilang “isi bensin sesuai RON” biar gak ngerusak mobil atau motor. Oke sini kita bahas!
Jadi Gini…
Pembakaran di mesin kendaraan kan ada beberapa proses. Idealnya, flownya gini: udara + bensin > dikompresi > disulut busi > meledak > dorong piston > mobil jalaaan.
Nah peran RON tuh kayak time keeper buat ngejaga proses pembakaran di mesin bisa teratur, sesuai, dan stabil, jadi kinerja mesinnya juga optimal. Kalo kamu sadar, di deket tutup tangki bensin kendaraan kamu ada angka kayak 88, 92, 95, atau 98. Itu bukan angka kelahiran ya, itu angka yang jadi arahan rekomendasi buat kamu isi bensin yang sesuai.
Kalo kamu isi RON bensin yang kurang dari rekomendasi seharusnya, pembakaran bensinnya bisa lebih cepet dari seharusnya atau gampangnya udah meledak sebelum waktunya. Yah namanya meledak sebelum waktunya, jadi bisa ngerusak mesin kamu. Nah kejadian itu disebut ‘knocking’ yang kalo dibiarin terus, bisa bikin gak optimal lagi performa mesin kendaraan kamu ke depannya.
Perbedaaan Angka RON

Sebelumnya, kamu bisa cek dulu di motor atau mobil kamu angkanya berapa. Ini perbedaan yang mesti kamu tau
Pertama, RON 90, cocok buat kendaraan yang cuma biasa dipake buat harian, misalnya jalan-jalan, mobilitas rumah-kantor, pokoknya buat kamu yang pake kendaraan buat wara-wiri standar kegiatan sehari-hari.
Kedua, RON 92, naik sedikit dari sebelumnya, RON ini buat mobil kamu yang agak lebih ‘sensitif’, biasanya buat mobil keluaran baru atau mesin yang gak bisa sembarangan dikasih ‘minum’.
Ketiga, RON 95-98, nah ini tertinggi diantara sebelumnya. Kalo kamu punya mobil sport atau high performance, ini paling pas banget ngedukung kamu ngebuttt. The best lah buat mobil yang tenaganya kelas atas.
Kenapa harus isi RON bensin yang sesuai?
Bayangin yaa, kamu lari pake sepatu yang gak pas – kekecilan atau kebesaran. Kalo kekecilan, dipaksa terus lama-lama sakit, kalo kebesaran juga jadi kurang nyaman dipakenya. Sama kayak bensin. Kalo dikasih RON yang gak sesuai, motor atau mobil kamu jadi harus kerja ‘extra’ buat nyesuain energi yang masuk.
RON yang kekecilan bikin kinerja mesin jadi gak optimal. Tapi kalo kamu kasih RON yang lebih tinggi pun sebenernya efeknya gak banyak signifikan ke performa kendaraan, malah bisa bikin boros dompet. Makanya, paling aman yang sesuai rekomendasi aja. Gak cuma buat hari ini, tapi buat ngejaga mesin kamu biar tetep sehat & optimal sampe jangka panjang.
Jadi sekarang kalo ke pom bensin, jangan jawab “kayak biasa” lagi ya! Langsung cek rekomendasi RON di kendaraan kamu biar gak lupa. Follow Instagram @halotomotif.id buat cek update harga bensin terbaru. Jangan sampe ketinggalan!
Tips
Jalan Bareng Anak Gak Pake Drama, Bareng Hyundai Stargazer

Buat para orang tua, pasti relate banget ya kalo jalan bareng anak atau toddler tuh jadi tantangan. Tapi tenang, sekarang gak perlu khawatir banyak drama lagi kalo perjalanan bareng si kecil. Soalnya ada Hyundai Stargazer yang siap nemenin kamu dan keluarga dengan fitur family-friendly nya. Cek di sini!
Calm Down Corner: Si Kecil Bisa Chill
Hyundai Stargazer punya kabin super lega, apalagi kalo kamu pilih yang versi captain seat. Area tengahnya ini bisa disulap jadi “calm down corner”, yah semacam space pribadi buat si kecil ngadem dan santai. Kamu bisa bawa bantal kesayangan, boneka-boneka favoritnya, buku cerita atau buku gambar buat jadi temen main si kecil. Ada 30 ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatin, plus bagasi fleksibel, jadi semua perlengkapan bisa dibawa tanpa ribet dan berantakan. Tapi tetep ya, ibu-ibu, bapak-bapak, si kecil harus selalu dalam pengawasan.
Snack Station: Storage Cemilan Gak Bikin Repot
Udah paham dong, anak-anak kalo laper bisa langsung berubah moodnya. Nah untungnya di Hyundai Stragazer ini, ada banyak cup holder, center console storage, dan kompartmen kecil yang bisa kamu sulap jadi snack station mini. Jadi, kapanpun si kecil pengen nyemil, ya tinggal ambil aja. Gak perlu repot buka-buka tas bekal yang udah disusun rapih dari rumah. Lebih sastset, lebih tenang, daaaan lebih jauh dari tantrum.
Pre-Tip Routine: Ajak Si Kecil Siap-Siap Bareng
Gak kalah penting nih, sebelum perjalanan apalagi kalo perjalanan jauh, coba ajak si kecil ngobrol dulu. Anggap mereka kayak orang dewasa juga, kasih tau aturan di mobil, ajak diskusi soal mainan atau buku apa yang mau dibawa. Percaya deh, anak-anak tuh juga seneng banget kalo dilibatin. Biar makin nyaman, kamu bisa pake fitur Hyundai Bluelink buat nyalain mesin dan atur suhu kabin lewat HP. Jadi sebelum masuk mobil, kabin udah adem dan nyaman. Anak-anak juga bisa langsung happy begitu masuk mobil.
Mainan Jadi Kunci
Last but not least, yang udah umum banget: jangan lupa bawa mainan-mainan favorit si kecil. Mulai dari boneka, puzzle mini, pop it, magnet board, busy book, atau mainan edukatif lainnya. Biar gak berantakan dan berceceran di mobil, mainannya bisa disimpen di kompartmen Stargazer. Gak cuma punya banyak storage multifungsi, Hyundai Stargazer juga udah dilengkapi layar sentuh 8 inci yang bisa connect langsung ke HP pake Apple CarPlay atau Android Auto. Jadi selama perjalanan, bisa play lagu-lagu favorit anak atau video-video edukatif supaya si kecil gak bosen. Karena itu kuncinya!
Jadi gak perlu takut drama lagi, langsung cek Hyundai Stargazer di dealer Hyundai terdekat. Bisa dapetin ekstra benefit sampai 25 juta, DP ringan mulai dari 10%, sampe cicilan mulai dari 60ribuan aja per hari selama 3 tahun.
Biar gak ketinggalan info, follow dan pantau terus sosial media Halotomotif dan @HyundaiMotorIndonesia.
- NewsBacaan 2 menit
Mercedes Benz AMG SL 63 Nampang Di Queen Of Tears
- NewsBacaan < 1 menit
iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi
- NewsBacaan 3 menit
Intip Perbedaan Hyundai Stargazer X
- NewsBacaan 2 menit
Lampu DRL Audi A3 Terbaru Bisa Diubah Sesuai Selera
- NewsBacaan 2 menit
VF 3 Mini-SUV Elektrik Harganya 227 Jutaan Rupiah
- YouTube
Review Modifikasi Semi-alto Hyundai Creta Prime
- BlogBacaan 2 menit
Ini 5 Lampu Merah Terlama di Indonesia, Kuncinya Cuma Sabar
- BlogBacaan 3 menit
4 Mobil SUV Termahal di Dunia, Kepoin dulu Beli Nanti!
Pingback: Servis Mobil Rutin, Perhatikan Ini - Halotomotif