News
Mobil Listrik yang Worth It di GIIAS 2024

Tahun ini tahunnya mobil listrik di GIIAS 2024, banyak banget muncul mobil listrik dengan harga menarik. Tapi tenaaaang! Ada beberapa rekomendasi dari Halotomotif buat kamu yang lagi cari mobil listrik terbaru yang belum banyak orang punya tapi harganya under 1 miliar rupiah.
BYD M6
Di hari pertama GIIAS 2024 dibuka, booth BYD udah ramai banget dikunjungi orang. Kenapa? Karena ada BYD M6. Mobil listrik ini punya mesin yang dapat menghasilkan torsi 310 Nm. Mobil ini memiliki dua pilihan dengan kemampuan jarak tempuh sejauh 420 kilometer (dengan kapasitas baterai 55,4 KWh) dan 530 km (kapasitas baterai 530 km). Untuk pengisian ulang dari 10% sampai 80% cuma dalam 40 menit untuk DC Charging spesifikasi standar. Pihak BYD Motor Indonesia mematok harga BYD M6 mulai dari Rp 379 juta untuk varian Standard 7 seater, Rp 419 juta untuk varian Superior 7 Seater, dan Rp 429 juta untuk varian Superior Captain 6 seater.
Hyundai
Udah terbukti laris penjualan mobil listrik milik Hyundai, di GIIAS 2024 Hyundai kasih yang versi ramah dikantong. Hyundai All New KONA Electric. Mobil ini punya baterai dengan kapasitas 39.2 kWh. Baterai tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 134 tenaga kuda dan torsi sebesar 395 Nm dengan klaim jarak tempuh sejauh 305 km. Ada beberapa varian, salah duanya adalah Signature Long Range (jarak tempuh kurang lebih 500 km) dan Prime Long Range (jarak tempuh kurang lebih dari 600 km). Soal harga, Signature Long Range 590 juta Rupiah dan Prime Long Range 560 juta Rupiah.
Neta
Akhirnya Neta bawa SUV medium elektrik buat konsumen di Indonesia, Neta X. Memiliki dimensi panjang 4.619 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.628 mm, dan wheelbase 2.770 mm dengan format 5-seater. Neta X mampu menghasilkan tenaga 120 kw dan torsi 210 Nm. Sementara kapasitas baterainya 63,56 kwh yang punya jarak tempuh maksimum 480 km. Mobil listrik ini udah ada DC Charge dan juga Vehicle to Load (V2L) jadi bisa jadi powerbank hehe. Pas liat langsung cuma bisa bilang “Waaah ada yang premium juga nih Neta”, karena udah ada panoramic sunroof, around view monitor, power tailgate, mirror heating, dan lain-lain. Untuk harganya mulai dari 460.00.000 – Rp. 490.000.000.
Nissan
Terkenal dengan kenyamanan, Nissan membawa Nissan Serena e-Power yang berbasis pada Serena C28 di GIIAS 2024. Generasi terbaru ini masih tetap mertahanin konsep MPV bongsor yang emang udah khasnya dari Serena. Yang terbaru ini, Nissan Serena ini pakai teknologi e-Power. Secara teknis masih pakai bensin, tapi bensin ini untuk memacu mesin jadi generator yang menghasilkan listrik (jatohnya hybrid gak sih?). Dilengkapi dengan mesin tiga silinder berkapasitas 1.400 cc. Harganya cukup menarik di angka 635 juta untuk yang single tone, dan 639 juta untuk two tone. Ooops walaupun Nissan Serena e-Power gak seutuhnya elektrik, tapi bisa kok jadi pertimbangan untuk mobil yang semi-semi elektrik hehe.
Yaaap, itu aja yang bisa direkomendasiin buat kamu. Mending langsung ke GIIAS 2024 di ICE BSD karena masih sampe 28 Juli 2024. Bisa sekalian cobain yang cocok buat kamu.
News
Baterai Mobil Listrik Terendam Air Laut 53 Jam, Aman Gak Ya?

Kebanyakan orang udah pada ngeh kalau baterai mobil listrik kena air tuh bakal aman-aman aja. Tapi kalau gak ada buktinya, ya mana percaya. No pic hoax ya kan? Makanya Chery ngebuktiin kalau baterai yang mereka pakai gak cuma tahan di air biasa tapi di air laut yang sifat korosinya tinggi.
“Extreme Challenge – Chery Safety Battery Test” yang dilakuin Chery ini jadi pembuktian. Jadi baterai mobil listrik ini direndam tanggal 17 Juni 2025 dan diangkat tanggal 19 Juni 2025. Acaranya digelar di Land’s End PIK 2.
Uji ini dilakukan secara realtime dan disaksikan sama media dari Indonesia dan internasional. Challenge ini juga bagian dari kampanye global Chery yang bertajuk Mission Impossible, bukan film ya! Tapi pembuktian dari teknologi keselamatan mobil.
Baterainya direndam di akuarium buatan setinggi 1 meter berisi air laut super korosif dan ditemenin ikan-ikan nemo kecil juga. Setelah 2 hari atau lebih tepatnya kurang lebih 53 jam baterainya diangkat. Kemudian dikeringkan, dan langsung dipasang ke Chery Tiggo 8 CSH. Hasilnya? Mobil jalan normal, tanpa masalah! Ini membuktikan bahwa baterai Chery bukan kaleng-kaleng dalam urusan ketahanan ekstrem.

direndam 53 jam


Baterai Chery Tiggo 8 CSH
Kenapa ini penting? Karena Indonesia, dengan curah hujan tinggi dan potensi banjir, jadi medan uji ideal buat ngebuktiin ketahanan baterai mobil. Selain soal air laut yang korosif, uji ini juga secara teknis menguji isolasi, kekuatan struktur, hingga kestabilan saat pengisian dan pengosongan daya.
TIGGO 8 CSH sendiri dibekali baterai jenis Lithium Iron Phosphate (LFP) dengan kapasitas 18,3 kWh. Baterai ini punya sertifikasi IP68 Waterproof, tahan suhu dari minus 35°C sampai 60°C, dan bisa melaju sampai 90 km dalam mode listrik penuh (EV). Gak cuma itu, baterainya juga mendukung fast charging dari 30% ke 80% cuma dalam 20 menit lewat port CCS2.
Terus baterai ini dilindungi teknologi Chainmail Battery Safety Structure. Jadi ada 14 titik penahan (safety anchor points) yang bisa tahan tekanan sampai 200 KN dan ningkatin kekuatan rangka mobil sampai 7%. Struktur pelindungnya juga punya lapisan isolasi ganda, 10 lapis di bawah, 15 lapis di samping, dan 16 lapis insulasi termal. Intinya, baterai ini kuat banget!
Sebelum diuji di Indonesia, baterai ini juga udah lolos berbagai tantangan ekstrem di China, mulai dari tabrakan beruntun, mobil ditumpuk sampai 7 unit, hingga jatuh dari ketinggian 4,9 meter. Bahkan sempat diuji disemprot air garam selama 720 jam nonstop!
Lewat aksi ini, Chery gak cuma pengen pamer teknologi, tapi juga nunjukin komitmen mereka dalam menghadirkan mobil listrik yang aman dan cocok buat berbagai kondisi ekstrem. Setelah sukses di Indonesia, Chery berencana lanjut bawa pengujian ekstrem ini ke negara lain seperti Afrika Selatan, Brasil, dan Meksiko.
Kalau mau lihat hasil tesnya bisa juga cek instagram @halotomotif.id.
News
Lihat Lebih Dekat Volkswagen di VW City Store yang Dibuka Pertama Kali di Indonesia.

Gak cuma ngeluarin The All-electric VW ID. Buzz, terus bikin lagu bareng Andin dan Laeilmanino, sekarang bikin showroom yang gak biasa. Volkswagen Indonesia, lewat PT Garuda Mataram Motor (APM resminya di Indonesia), baru aja ngeresmiin Volkswagen City Store pertamanya di Indonesia. Ini bukan showroom biasa, tapi konsep 1S (Sales) yang modern dan stylish, letaknya juga strategis banget di Wisma Indomobil 1, MT Haryono, Jakarta Selatan.
Dengan buka City Store ini, VW pengen lebih deket sama konsumen di kota-kota besar, terutama yang udah melek teknologi dan nyari mobilitas yang modern. Apalagi lokasi showroom ini satu kompleks sama merek-merek otomotif besar lain di bawah naungan Indomobil Group, jadi makin berasa vibe otomotif masa depannya.
Ada apa aja di Volkswagen City Store?
City Store ini bukan cuma tempat buat lihat-lihat mobil doang, tapi jadi semacam experience center. Lo bisa eksplor semua lini mobil VW yang dijual di Indonesia, termasuk ID. Buzz van listrik futuristik yang jadi highlight-nya. Dari desain kece, fitur canggih, sampai teknologi canggih didalamnya, semua bisa lo nikmati langsung di sini. Showroom-nya juga dibuat senyaman mungkin, ada area display yang keren plus ruang konsultasi yang bikin ngobrol sama sales jadi lebih santai dan personal.
Andrew Nasuri, Director Indomobil Group, bilang kalau pembukaan VW City Store ini bukan cuma soal jualan, tapi juga bukti komitmen VW buat hadir lebih dekat dan bikin konsumen bisa lebih kenal sama teknologi masa depannya. Apalagi Wisma Indomobil ini punya sejarah panjang di dunia otomotif Indonesia—udah berdiri lebih dari 30 tahun. Sekarang, bangunan ikonik ini jadi rumah baru buat VW mengenalkan visi mobilitas yang lebih ramah lingkungan dan modern.
Gak cuma dari Indonesia, peresmian ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Volkswagen Global. Salah satunya Lars Krause, dari jajaran direksi Sales & Marketing Volkswagen Nutzfahrzeuge. Ia menyampaikan rasa apresiasinya dan menyebut kalau Indonesia itu pasar penting banget buat VW. Mereka percaya ID. Buzz bakal punya peran besar dalam memperkenalkan gaya hidup berkendara yang lebih sustainable.
Oh iya, buat lo yang penasaran, showroom ini juga menyediakan test drive. Jadi gak cuma bisa lihat, lo bisa langsung ngerasain sensasi nyetir mobil VW, termasuk mobil listriknya. Siapa tahu cocok! Jadi kalau lagi sempat bisa mampir ke Volkswagen City Store di Wisma Indomobil 1, lantai 4 ya.
News
Honda HR-V Hybrid Cocok Untuk Jalanan Jakarta

Tanggal 10 Juni 2025 Honda meluncurkan New Honda HR-V Hybrid. Ada 2 varian yaitu Honda HR-V RS e-HEV dan Honda HR-V e:HEV (non RS). Di hari yang sama juga Honda Prospect Motor ajak rekan-rekan media lewat test drive New Honda HR-V RS e:HEV. Selama dua hari, rombongan jalan-jalan dari Jakarta – Anyer – Pandeglang – balik lagi ke Jakarta, total jarak tempuhnya sekitar 325 km.
Mobil ini pakai teknologi hybrid canggih yang disebut e:HEV, di mana motor listrik jadi penggerak utama, dan mesin bensin bantu saat dibutuhkan. Perpindahan antara mode EV (listrik), Hybrid, dan Engine Drive terjadi otomatis—pengemudi tinggal duduk manis.
Rute perjalanan
Hari Pertama: Jalanan Kota Sampai Pantai
Rute 1: Jakarta ke KM 43
Di tengah macet kota dan tol yang agak lengang, mobil beralih dari mode EV ke Engine Drive tanpa terasa. Hasilnya? Suara kabin super senyap, akselerasi mulus, dan tetap irit.
Rute 2: KM 43 ke Anyer
Masuk area pantai dan jalan lebih beragam. Di sini para media eksplor fitur kenyamanan kayak koneksi smartphone nirkabel dan kabin ergonomis yang nyaman banget buat perjalanan jauh.
Hari Kedua: Tanjakan, Tepi Hutan, dan Tol Panjang
Rute 3: Anyer – Tahura Pandeglang
Naik ke pegunungan, torsi motor listrik langsung kerasa. Mobil tetap kuat di tanjakan, dan saat turun, bisa pakai Deceleration Paddle Selector buat ngerem tanpa injak pedal—sambil nge-charge baterai juga!
Rute 4: Tahura – Kapulso Café
Rute sempit, banyak belokan. Waktunya cobain fitur Honda SENSING kayak Lane Keeping, CMBS, dan Lead Car Departure Notification—semuanya bantu jaga keamanan dan bikin nyetir lebih tenang.
Rute 5: Kapulso – Jakarta
Balik ke kota lewat tol panjang. Di sinilah keunggulan efisiensi bensin kerasa banget. Dengan tangki 40 liter, mobil ini bisa tembus sampai 1.000 km. Belum lagi fitur Adaptive Cruise Control dan aplikasi Honda CONNECT buat kontrol mobil dari HP. Bisa nyalain mesin, AC, sampai ngecek lokasi mobil juga.
Total 2 hari perjalanan, tim Halotomotif bisa dapetin rasio besinnya di 1:29. Claim dari Honda, mobil hybrid ini 1:25. Woow cukup irit buat pekerja di Jakarta yang kena macet-macetan ya kan?
Intinya, Honda HR-V RS e:HEV ini bukan cuma irit dan ramah lingkungan, tapi juga stylish, nyaman, dan canggih. Cocok banget buat yang cari SUV hybrid pertama tapi pengen tetap fun to drive!
Harga dan tipe New Honda HR-V
- 1.5L RS e:HEV – varian tertinggi hybrid dengan fitur terlengkap dan tampilan paling sporty, dengan harga yang lebih rendah dari top grade sebelumnya, yaitu Rp488.000.000*
- 1.5L e:HEV Modulo – varian hybrid dengan body kit premium Modulo, dengan harga Rp 460.700.000*
- 1.5L e:HEV – varian hybrid efisien dengan teknologi elektrifikasi, dengan harga Rp 449.000.000*
- 1.5L E+ – varian bensin dengan fitur premium tambahan, dengan harga Rp422.000.000*
- 1.5L E – varian bensin untuk entry-level yang tetap kompetitif di kelasnya, dengan harga Rp399.000.000*
Pengen cobain Honda HR-V Hybrid ini? Bisa ke pameran Honda yang ada di Gandaria City Jakarta, Trans Studio Bandung, dan Mall Ambarukmo Yogyakarta tanggal 9-15 Juni 2025, dan di Pakuwon City Mall Surabaya tanggal 12–22 Juni 2025.
- NewsBacaan 2 menit
Mercedes Benz AMG SL 63 Nampang Di Queen Of Tears
- NewsBacaan < 1 menit
iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi
- NewsBacaan 2 menit
Lampu DRL Audi A3 Terbaru Bisa Diubah Sesuai Selera
- NewsBacaan 3 menit
Intip Perbedaan Hyundai Stargazer X
- Duotomotif
Review Modifikasi Semi-alto Hyundai Creta Prime
- NewsBacaan 5 menit
Marcello Gandini dan Mobil-Mobil Ikoniknya
- NewsBacaan 3 menit
Miyabi. Mobil Jimny Off Road Milik Babe Cabita.
- BlogBacaan 3 menit
Elegan dan Paling Hitz, Ini Keunggulan Mobil Wuling Binguo EV