Connect with us

News

AION Hyptec HT: Mobil Listrik High End

Bacaan 2 menit

Aion Hyptec HT Gull Wing Doors GIIAS 2024

Mobil kamu buka pintunya masih standar ke samping? Tambahin koleksi mobil di garasi rumah kamu dengan mobil yang bukaannya ke atas. Bukan lagi scissors doors tapi ini Gull Wing Doors. Search aja AION HYPTEC HT pasti keluar langsung keunikan pintunya.

Spesifikasi AION Hyptec HT

Mobil ini tergolong SUV listrik mewah. Misal butuh kendaraan listrik yang gak biasa mungkin ini salah satu opsinya. Ada 2 varian Premium dan Ultra dengan Gull Wing Doors dari HYPTEC HT yang udah dikenalin di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.Bedanya premium dan ultra cuma di bagian pintu mobilnya aja.

Mobil ini punya teknologi pintar dari AION yaitu Advanced Electrification Platform (AEP), jadi dirancang dengan overhang pendek dan jarak sumbu roda panjang. Ngomong-ngomong, panjang mobil ini 4.935 mm dan jarak sumbu rodanya 2.935 mm. Bagian interior, kursi belakang bisa kamu adjust sampai 143 derajat, jadi kayak kursi first-class. Ruang bagasinya punya luas 1.857 L.

Yang jadi iconic itu adalah varian Ultra Gull Wing doors. Cobain deh pencet tombol buat bukanya, bakal amaze haha. Dan gak bakal bisa tuh parkir di basement mall yang sempit-sempit, harus punya space yang agak luas buat buka mobil ini. Karena pintu samping ini dilengkapi sensor lebih dari satu dan cukup sensitif, bisa deteksi bukan cuma orang tapi benda-benda sekitar pintu. Jadi, gak boleh terhalang apapun baru bisa buka ke atas.

Pindah ke bagian belakang, desain lampu depannya berbentuk Diamond Cut Headlight, terus lampu belakangnya Horizon Skyline Tail Light, tetep bagus tapi minimalis. Warnanya gak cuma fashion purple kayak di foto tapi HYPTEC HT ada pilihan 6 warna eksterior lainnya (Orange Sunset, Maroon Velvet, White Pearl, Black Abyss, Grey Stone, Silver Bullet). Btw, dalamnya full bludru gitu, sungguh mevvah!

Se-hype apa performancenya?

Soal tenaga, SUV EV ini punya motor listrik 250kW setara dengan 335 HP dan torsi 430 Nm. Akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,8 detik. Kapasitas baterai yang mencapai 83 kWh jadi rangenya up to 600 km dalam kondisi baterai 100%. Pengisian baterai kalau pake fast charging cuma 15 menit. HYPTEC HT memberikan lifetime warranty untuk komponen baterai dan motor bagi 1.000 konsumen pertama dan memberikan garansi kendaraan selama 8 tahun atau hingga mencapai 160.000 km pemakaian.

Harganya berapaaa? AION Hyptec HT rilis dengan harga mulai dari Rp 685 juta untuk versi premium dan versi Ultra menyesuaikan jumlah pemesanan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

MAKA Motors, Motor Listrik Paling Enak 30 Jutaan Spek Tinggi

Bacaan 3 menit

Motor Listrik paling enak di Indonesia, MAKA Motors Cavalry

Real buatan Indonesia, MAKA Motors akhirnya launching motor listrik dengan nama Cavalry. Motor listrik ini punya keunggulan yaitu jarak tempuhnya sampai 160 km cuma dalam sekali nge-charge. Range anxiety goodbye sih~

Dari 2021, Raditya Wibowo (Founder & CEO MAKA Motors) bareng sahabatnya Arief Fadillah (Co-Founder & CTO MAKA Motors) ngulik dan research untuk bisa bikin motor listrik ini. Akhirnya, Cavalry bisa jadi paket lengkap yang punya akselerasi, jarak tempuh, dan feels riding-nya mantap!

Spesifikasi MAKA Cavalry

Berkapasitas baterai 4 kWh, jarak tempuh maksimal 160 kilometer. Baterainya udah tersertifikasi IP67 jadi tahan debu dan tahan air sedalam 60 cm. Aman nih nerabas banjir ya, dan gak usah takut konslet.

Top speed 105 km/jam dan akselerasinya dari 0-60 kilometer hanya dalam 4,8 detik. Ada 2 mode berkendara, Hi-Torque yang berarti bisa kenceng-kecengan (sport), terus Hi-Regen yang feels-nya slow plus hemat baterai (eco).

MAKA Motors, motor listrik paling enak.
MAKA Cavalry, motor listrik paling enak.
MAKA Cavalry, motor listrik paling enak.
MAKA Cavalry, motor listrik paling enak.

Kalau rumah lo ngelewatin tanjakan, gak perlu khawatir soalnya bisa ngelibas tanjakan sampai 30 derajat. Tim Halotomotif udah nyobain di tanjakan, dan emang smooooth gak ngeden!

Fitur lainnya, bisa mundur dengan gampang karena fitur reverse, ada pocket buat cas handphone yang support USB A dan USB C. Yang paling berguna, bagasinya luas sampai 20 liter (segala macam barang bisa masuk sih, helm, jaket, 2-3 sepatu bisa juga masuk, jas ujan, apa lagi ya?).

Ngecasnya lama gak?

Ada beberapa kondisi pengecasan nih:

  1. Kalau pakai stop kontak dirumah, dari 30% sampai 100% dalam waktu 6-8,5 jam. (Daya 500 watt)
  2. Kalau pakai stop kontak dimanapun mau nambahin baterai 20% dalam waktu 1 jam. (Daya 500 watt)
  3. Kalau pakai fast-charging yang disediakan MAKA Motors dan untuk sekarang adanya di MAKA Motors Showroom, nambah 20% cuma 12 menit.

Lokasi MAKA Motors Showroom untuk sekarang ada 5 titik daerah Kelapa Gading, Radio Dalam, Gading Serpong, Bekasi, dan Depok. Tapi Maka Motors bakal nambahin 18 titik lagi.

Benefit yang didapat apa aja? 3 tahun garansi kelistrikan (baterai, dinamo, MCU), terus ada MAKA SOS (bantuan darurat 24/7), 1 tahun gratis service, terus ada MAKA Home Service!

MAKA Motors punya duta besar yaitu Duta Sheila On 7 hehehe, agak unik ya pemilihan BA-nya. Tapi justru itu yang jadi menarik perhatian!

Harga MAKA Cavalry Rp35.850.000 (OTR Jabodetabek), worth it gak menurut lo? Harus test ride dulu sih biar tahu rasanya, karena pas tim Halotomotif cobain motor listrik ini nyaman, kerasa ringan, mudah dikendalikan, dan torsinya instant.

Continue Reading

News

Baterai Mobil Listrik Aletra Terbaru!

Bacaan 3 menit

baterai mobil listrik dari Aletra

Siapa yang belum kenal ALETRA? Ini satu-satunya brand asal Indonesia yang membuat mobil listrik. Secara resmi ALETRA mengumumkan kerja sama terbarunya, kali ini dengan Zhejiang Yoening Technology Group dari China. Jadi Yoening Technology bakal nyediaiin material untuk baterai mobil listrik dan juga pengembangan teknologi. Tau sendiri dong kalau komponen kunci dari mobil listrik adalah baterainya. 

Teknologi baterai yang dibuat sama Yoening Technology group adalah Short Blade Bulletproof Battery. Pertama kali di Indonesia yang pakai model baterai kayak gini.

Keunggulan baterai mobil listrik ini

Teknologi Short Blade Bulletproof Battery punya kapasitas 64,7 kWh dan bakal dipakai di varian ALETRA L8S EV. Tipis dan pendek ini kepingan baterainya. Karena punya kepadatan energi cuma 192 Wh/KG, baterai ini bisa nampung kapasitas besar dengan pengisian daya yang lebih cepat. 

Baterai sependek itu harus berkelahi dengan jarak hehe. Hebatnya, baterai mobil listrik ini bisa dipakai sampai 3.500 kali atau setara dengan kalo berkendara sejauh 1 juta Km. Jadi, kalau rata-rata mengemudi di Indonesia sejauh 20.000 km/tahun, baterai ini bisa beroperasi sampai 50 tahun. 

Baterai Mobil Listrik Aletra
Baterai Mobil Listrik Aletra L8S
Baterai Mobil Listrik Aletra L8S
Baterai Mobil Listrik Aletra L8S Warranty

Short Blade Bulletproof Battery juga aman soalnya udah lulus uji penetrasi peluru senapan infanteri 5,8 mm (5,8×42 mm) dan gak efek kebakar. Terus baterai ini juga lulus uji 6 kondisi ekstrim seperti korosi akibat perendaman air laut, lingkungan dingin ekstrem, pengikisan dasar kendaraan dengan frekuensi tinggi, digilas dengan beban berlebih seberat 26 ton, tabrakan samping oleh kendaran tunggal, dan pembakaran api. Lolos ujian ini kayak tes CPNS, susah dan bertahap.

Andre Jodjana, CEO ALETRA, berkata “Kerja sama dengan Zhejiang Yoening Technology Group adalah langkah strategis untuk memastikan ALETRA tidak hanya memenuhi persyaratan TKDN, tetapi juga membawa teknologi baterai kelas dunia yang aman, efisien, dan berkelanjutan ke Indonesia. Komitmen kami adalah menghadirkan kendaraan listrik yang relevan dengan kebutuhan konsumen lokal sekaligus mendukung transisi menuju mobilitas hijau di masa depan.”

Penyempurnaan mobil listrik ALETRA

Gak cuma baterai aja yang diperhatiin tapi ALETRA telah melakukan penyesuaian dari model awal Geely Jiaji & LIVAN Maple 80V yang menjadi basis produk ALETRA L8 dan L8S. Penyesuaian ini hasil mendalam selama hampir 2 tahun biar sesuai dengan selera konsumen Indonesia kayak dimensi kendaraan yang diperbesar 106 mm, penambahan jumlah kursi dari 5 ke 7, pemasangan AC double blower dengan 2 kompresor, setir teleskopik, fitur wireless charging, console dashboard yang didesain ulang, ukuran LED display dari 10 inci menjadi 12,4 inci, ukuran velg yang lebih besar menjadi 18 inci, fitur ambient light, serta fitur-fitur lainnya. Masih ada panel dan tombol fisik di ALETRA L8 EV jadi gak bergantung sama panel kontrol LED.

Let them cook biar ALETRA L8S-nya nyaman dan canggih. Gak sabar cobain ~

Continue Reading

News

Hyundai Creta Terbaru: Creta N Line dan New Creta Facelift

Bacaan 4 menit

Hyundai Creta N Line, varian baru dari hyundai Creta

Awal tahun 2025, PT Hyundai Motors Indonesia bawa angin segar buat pecinta SUV. Apalagi yang udah ngelirik buat beli mobil Hyundai Creta wajib banget baca sampai habis. Gak cuma satu doang yang diluncurin tapi ada 3 tipe mobil. Mulai dari yang sporty-sporty HMI bawa Hyundai Creta N Line dan Hyundai Creta N Line Turbo. Satu lagi New Creta yang punya tampang baru lebih fresh daripada Hyundai Creta sebelumnya.

PT Hyundai Motors Indonesia gak bosen-bosennya kasih ‘barang baru’ soalnya biar masyarakat Indonesia punya pilihan yang lebih beragam dan bisa disesuaikan sama kebutuhan sehari-hari apalagi yang memang antusias ke Hyundai Creta.

Bedanya apa? Ya ayo dibahas!

Hyundai Creta N Line

Hyundai Creta N Line
Hyundai Creta N Line
Hyundai Creta N Line

Kalau udah ada trim N Line udah pasti ini lebih bertenaga. Ada 2 varian New Creta N Line dan New Creta N Line Turbo. Perbedaannya jelas ada di mesinnya, kalau New Creta N Line pakai mesin Smartstream G1.5 MPI (Multi Point Injection) dengan kode G4FL, Ini adalah mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1.497 cc naturally aspirated (N/A) yang menghasilkan tenaga 116 dk/6.300 rpm dan torsi puncak 143,8 Nm/4.500 rpm. Kalau yang Turbo punya mesin 1.5L Turbo GDi dengan transmisi DCT 7-speed. So, tenaga yang dihasilkan sampai 160 PS dan torsi 253 Nm. Feels-nya sporty tapi masih tetep nyaman dipakai sehari-hari.

Eksteriornya juga menarik perhatian soalnya lampu depannya nyambung dan desainnya mengkotak. Dipercantik dengan Satin Black Paint Radiator Grille dan Velg R18 Diamond Cut Alloys berlogo N.

Untuk interior, New CRETA N Line ada fitur Ventilated Seat di baris depan, Panoramic Sunroof, serta Wireless Phone Charger, dan Air Purifier. Kursi belakang bisa dilipat hingga 60:40.

Gak lupa biar lebih sporty, di bagian dashboard dan stir ada sentuhan merah khas Hyundai N Brand. Ada juga tombol kemudi 3-Spoke, Knob Gear, dan jok kulit berlogo N dengan pengaturan 8 arah. Woow! Fitur canggih lainnya ada Ambient Mood Lamp merah dan Electric Power Tailgate, biar lebih futuristik dan nyaman.

Biar pas berkendara lebih enak, fitur entertainmentnya juga wajib lo tau. New CRETA N Line dibekali dengan BOSE® Premium 8-speaker audio system. Sementara itu, Full TFT LCD Meter Clusternya 10,25 inci ini bisa banget ngebantu lo buat baca maps lebih jelas biar gak nyasar hehe.

Hyundai New Creta Facelift

Dari mesin dulu ya, New CRETA dilengkapi dengan mesin 1.5L MPI transmisi manual 6-speed atau IVT yang ngehasilin tenaga 115 PS dan torsi 143,8 Nm. Masih sama kayak yang lama ada empat pilihan Mode Berkendara, yaitu Eco, Smart, Normal, dan Sport (tapi khusus tipe Style sama Prime).

Hyundai New Creta Facelift
Hyundai New Creta Facelift
Hyundai New Creta Facelift

Faceliftnya ada dimana? Di tampak depan dan belakangnya. Kalau lo liat dari gambar diatas, udah jelas banget ya mukanya berubah. Di bagian depan, ada Black Chrome Parametric Radiator Grille jadi kesannya lebih bold. Terus lampunya totally berubah karena desain lampu depan LED MFR disatuin sama Daytime Running Light (DRL) yang baru jadi lebih cakep aja sih! Terus bagian belakangnya gak sipit lagi, sekarang bentuk LED Rear Combination Lamp-nya segaris lurus jadi lebih keliatan dan modern.

Masih sama kayak yang dulu, Hyundai new CRETA ini punya 4 pilihan varian, yaitu Active, Trend, Style, dan Prime. Detailnya bisa lo cek di website Hyundai hehe.

Safety System-nya

Udah satu kesatuan lah ya, pasti ada Hyundai Bluelink dan Hyundai SmartSense. Kalau Hyundai Bluelink ini sistem yang terintegrasi ke handphone bisa untuk SOS Emergency Assistance, Remote Start & Climate Control, dan Vehicle Tracking. Untuk sistem keselamatan, new CRETA dilengkapi Hyundai Smartsense termasuk Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA) dan Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA) yang bisa bantu cegah tabrakan di area blind spot dan pas mundur.

Selain itu, fitur Lane Keeping Assist (LKA) dan Smart Cruise Control (SCC) with stop and go untuk ngedukung kenyamanan dan keselamatan pengemudi. Khusus new CRETA N Line, ada fitur Surround View Monitor (SVM) dan Blind-spot View Monitor BVM yang bisa kasih visibilitas penuh di sekitar kendaraan untuk ningkatin kewaspadaan pengemudi.

Gak cuma itu, new CRETA sekarang sudah dilengkapi fitur keamanan lainnya, seperti
Electronic Stability Control (ESC), Anti-lock Braking System (ABS), Emergency Stop Signal (ESS), Hill-start Assist Control (HAC), dan Vehicle Stability Management (VSM).

Udah mulai tertarik? Ini harga new CRETA N Line dan new CRETA (On The Road/OTR Jakarta):
● New CRETA N Line Turbo: Rp507.280.000,-
● New CRETA N Line: Rp460.500.000,-
● New CRETA Prime: Rp426.940.000,-
● New CRETA Style: Rp396.640.000,-
● New CRETA Trend IVT: Rp352.140.000,-
● New CRETA Trend MT: Rp331.640.000,-
● New CRETA Active MT: Rp299.700.000,-

Gimana menurut lo Hyundai Creta N Line dan Hyundai New Creta Facelift ini? Lebih menarik atau lebih suka yang model lama?

Continue Reading

Trending