Connect with us

News

Marcello Gandini dan Mobil-Mobil Ikoniknya

Bacaan 5 menit

Familiar dengan mobil yang pintunya dibuka ke atas seperti gunting? Atau ada yang tau siapa dibalik rancangan mobil Lamborghini Miura? Ada yang tau mobil Lancia Stratos? Kalau Renault Magnum? Ya, ini adalah beberapa dari karya Marcello Gandini yang terkenal. Masih banyak lagi karyanya yang telah membuat Gandini menjadi desainer supercar dunia. Ini beberapa hasil karya Marcello Gandini dari tahun ke tahun yang ikonik.

1966-1971


Dimulai dengan Gandini bekerja di sebuah perusahaan bernama Bertone di tahun 1965, Lamborghini Miura adalah debut pertamanya yang membuat nama Gandini mulai bersinar. Saat itu Lamborghini Miura ditampilkan pada Geneva Motor Show 1966. Di tahun berikutnya Gandini mendesain kembali untuk Lamborghini Marzal dan dihadirkan di Geneva Motor Show 1967. Masih di perusahaan yang sama Bertone, kali ini untuk mobil Alfa Romeo Carabo. Terinspirasi dari kumbang Carabidae yang berwarna hijau dan orange, dan di mobil inilah tersematkan pintu gunting yang ikonik. Carabo menjadi inspirasi mobil sport sampai sekarang karena dinilai sebagai mobil yang paling berpengaruh dalam sejarah. Di tahun 1970 Gandini merancang mobil dengan bentuk yang cukup aneh tapi tetap fungsional, yaitu Lancia Stratos Zero.

1972-1977


Berkat Lancia Stratos Zero, Lancia kemudian sepakat dengan Bertone untuk mengembangkan mobil reli di tahun 1972. Tentu aja pengembangan ini juga ada campur tangan Gandini sebagai desainernya. Masih di tahun yang sama Gandini juga merancang mobil asal Jerman, BMW Seri 5 (E12). Dalam produksinya mobil BMW Seri 5 ini gak cuma Gandini yang terlibat, tapi ada Paul Bracq desainer dari BMW sendiri. Masih berlanjut, Gandini membuat penerus dari Lamborghini Miura. Lamborghini Countach yang diproduksi tahun 1974, mobil sport bermesin tengah yang populer. Kepopuleran Lamborghini Countach yang khas adalah baji italia yang mempunyai sudut tajam. Berbeda dengan Maserati Khamsin, ini karya pertama Gandini untuk merek Maserati. Desainnya yang sederhana tapi tetap elegan.

1978-1983


Di tahun 1978, Maserati Quattroporte II menjadi pegangan Gandini dalam merancang bodyworknya. Estafet berikutnya adalah Renault 5 Turbo dirancang Gandini seperti Lancia Stratos. Mobil khusus ini diperuntukan ikut dalam kompetisi reli, Gandini berkolaborasi dengan insinyur lain untuk memodifikasi bodyworknya. Gandini dalam setiap merancang pasti akan terus memperhatikan fungsional dari mobil itu sendiri. Keren ya, gak cuma desain eksteriornya yang ikonik tapi tetap bermanfaat secara fungsi. Lanjut, tahun 1980 Gandini memutuskan untuk keluar dari Bertone dan bekerja sebagai freelancer independen. Citröen BX jadi salah satu karyanya Gandini setelah keluar dari Bertone, mobil keluarga 5 pintu.

1984-1989


Sukses dengan Renault Turbo 5 gak ngebuat Gandini stop sampe di situ, Renault sendiri jatuh hati dengan rancangan Gandini. Akhirnnya di tahun 1984 kembali mengajak Gandini untuk mendesain Renault Superfive/ Supercinq. Di 1986 Gandini lanjut mendesain untuk mobil Lamborghini lainnya, tapi sayangnya untuk desain Lamborghini kali ini kurang berjalan mulus. Lamborghini P132 adalah proyek Gandini yang mendapat penolakan dari Lamborghini sendiri dan akhirnya didesain ulang oleh mereka. Tapi Gandini tetep mengimplementasiin desainnya pada Cizeta Moroder V16T.

1990-1995


Romano Artioli adalah owner dari mobil Bugatti EB110, yang mau menjadikan Bugatti EB110 mobil sport terbaik di dunia. Demi mewujudkan mimpinya itu, tahun 1990 Romano mengajak Paolo Atanzani dan Nicola Materazzi sebagai insinyur dan Gandini. Bugatti EB110 adalah mobil produksi pertama yang menggunakan monocoque serat karbon, di sinilah peran Gandini dalam menyempurnakan penataannya. Di tahun ini juga Gandini mengeluarkan desain yang gak biasa pada Maserati Shamal. Gandini menambahkan spoiler di depan kaca pada mobil ini, fungsinya mengarahkan aliran air dan udara yang terdapat di kaca depan untuk mendorong wiper ke bawah dengan kecepatan tinggi. Lanjut di tahun 1994, Gandini merancang untuk Maserati lagi tapi untuk Quattroporte IV. Maserati Quattroporte IV ini menjadi mobil pertama yang diproduksi Fiat setelah Alejandro De Tomasco menjual kepemilikannya tahun 1993. Mobil ini dipamerkan pada Turin Motor Show April 1994.

1996-2000

Banyak hal yang sudah diciptakan oleh Gandini, terutama di bidang mobil dan arsitektur. Gandini suka mendesain benda bergerak, tapi dalam karirnya Gandini pernah juga mendesain rumah bahkan helikopter. Di tahun 2000, Gandini merancang Stola Stratos 81 sebagai peringatan ulang tahun ke 81 perusahaan Alfred Stola. Mobil ini tampil juga di Turin Motor Show 2000, warna cat orange di bodynya ngerepresent prototipe Stratos HF.

Gandini emang seorang desainer legendaris yang udah banyak menginspirasi desain-desain mobil sport dunia. Walau beberapa juga dapat penolakan untuk desainnya tapi gak ngebuat Gandini stop berkarya. Di Januari 2024 lalu Gandini dapat gelar kehormatan di bidang teknik mesin oleh Universitas Politeknik Turin, keren! Walau kita gak bisa lagi liat desain terbaru dari Gandini tapi legacy nya masih bisa kenang terus. Rest in peace Mr. Gandini!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

Porsche Indonesia Bikin Acara Open House!

Bacaan 3 menit

Porsche Indonesia lagi adain acara seru di Jakarta, yakni Porsche Centre Jakarta Open House: “Raceborn. Refine. Ready”. Cocok buat kamu yang suka sama dunia otomotif, gak cuma soal mesin tetapi juga gaya hidup.

Acara ini punya vibe yang benar-benar khas Porsche banget, melalui pengalaman imersif yang menampilkan inovasi, performa dan emosi.

Tema “Raceborn” ini bukan cuma slogan. Buat Porsche, semua mobil yang mereka buat itu lahir dari DNA balap. Filosofinya, inovasi dari dunia motorsport gak cuma berhenti di sirkuit tapi juga dihadirkan untuk kasih sensasi berkendara yang bisa bikin jantung berdebar.

Nah, di acara ini, kamu bisa merasakan sendiri semangat itu lewat pameran interaktif yang menggabungkan warisan balap Porsche dengan masa depan dalam mobilitas elektrik.

Sorotan utama dari pameran ini adalah Cayenne dengan livery Roughroads, Macan Electric dengan desain Salzburg yang ikonik, dan tentu saja Taycan, yang mewakili portofolio kuat Porsche di Indonesia dengan berbagai pilihan powertrain.

Masing-masing mobil ini menunjukkan gimana Porsche tetap konsisten memadukan performa dan inovasi, tapi gak kehilangan DNA Raceborn-nya.

Di sudut lain, ada area bernama “Porsche Driven by Her”. Zona ini dibuat khusus buat merayakan perempuan yang penuh semangat dan percaya diri.

Di sini kamu bisa lihat Macan Electric warna Provence dan Taycan berwarna Moongem tampil elegan dengan dekorasi bunga yang mempresentasikan sisi feminin dari gaya hidup Porsche.

Buat yang pengin tahu lebih dalam soal dunia di balik layar Porsche, ada juga sesi eksklusif bertajuk “Aftersales: Behind the Drive” yang akan dilaksanakan pada 24–25 Oktober 2025.

Dalam acara ini pengunjung bisa lihat langsung pengalaman kepemilikan Porsche mulai dari eksplorasi teknologi kendaraan listrik yang mencakup wawasan tentang keamanan baterai, sampai demo penyetelan roda (wheel alignment). Serunya lagi, ada sesi interaktif yang memperlihatkan ketelitian dan presisi khas Porsche.

“Semangat Raceborn hidup di dalam diri kita semua inilah esensi Porsche, terus melaju dengan inovasi sambil menghargai warisan kami yang kaya. Setiap model Porsche masa kini membawa DNA yang sama seperti mobil balap pemenang kami,” kata Alexander Riedel, General Manager Porsche Indonesia.

Acara ini sendiri bakal berlangsung sampai 31 Oktober 2025, jadi kamu punya cukup waktu buat datang dan eksplor semuanya dari deretan mobil keren, zona gaya hidup, sampai layanan khas Porsche yang terkenal dengan perhatian ke detail dan kepuasan pelanggan.

Menariknya lagi, selama periode ini Porsche juga ngenalin dua program spesial. Pertama, Porsche Ownership Program, yang kasih banyak benefit buat pemilik mobil Porsche, termasuk potongan harga di model tertentu dan kesempatan buat ikutan VIP Porsche Experience di Stuttgart lengkap dengan kunjungan ke museum, tur pabrik, sampai test drive di “kampung halaman” Porsche.

Kedua, ada Porsche Assured, program pembelian kembali jangka panjang buat model Taycan dan Macan Electric. Program ini berlaku sampai 31 Desember 2025. Program ini untuk memberikan rasa percaya diri pelanggan dengan menjamin nilai jual kembali mobil, plus ada fleksibilitas buat upgrade ke model Porsche lain nanti.

Lewat acara ini, Porsche mau membuktikan kalau mereka gak cuma jual mobil, tapi juga pengalaman. Hal ini juga jadi cerminan komitmen Porsche yang berkelanjutan terhadap inovasi, kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Continue Reading

News

JAECOO J5 EV, Siap Meluncur November Mendatang

Bacaan 4 menit

interior Jaecoo J5 EV

JAECOO J5 EV siap meramaikan pasar mobil listrik Indonesia mulai awal November nanti. SUV asal Tiongkok ini datang dengan gaya yang gagah tapi tetap elegan, lewat slogan “The Real SUV”. Dari luar terlihat tangguh, dari dalam terasa premium perpaduan yang pas buat gaya hidup modern.

“Kami ingin kenyamanan di JAECOO J5 EV terasa sejak pengguna melihat hingga duduk di dalamnya. Karena itu, kami menghadirkan ruang lapang, desain modern, serta fitur dan aksesori yang mendukung aktivitas keluarga, profesional, hingga pecinta outdoor,” kata Max Zhou, Country Director JAECOO Indonesia.

JAECOO memang merancang mobil ini agar bisa nyaman dipakai ke mana saja, entah buat ngantor di tengah kota atau berpetualang di akhir pekan.

Ruang Kabin yang Lapang

Begitu masuk ke dalam kabin, kesan lapangnya langsung terasa. Ruang kepala dan kaki lega! Jarak antar siku alias elbow room mencapai 1.492 mm, termasuk yang paling luas di kelasnya. Desain dasbor modern dan panoramic roof besar bikin suasana kabin terasa terang dan lapang.

Posisi tuas transmisi dipindah ke belakang setir lewat sistem electronic column shifter, jadi bagian tengah mobil tetap lega dan gak terasa sempit. Semua tombol juga mudah dijangkau, bikin pengemudi lebih fokus dan nyaman.

Ruang Penyimpanan Luas

Urusan penyimpanan juga nggak kalah menarik. Bagasinya berkapasitas 480 liter dan bisa diperluas sampai 1.180 liter kalau kursi belakang dilipat. Cukup luas buat koper besar, stroller, atau perlengkapan liburan.

Selain itu, ada 35 tempat penyimpanan kecil di berbagai sisi kabin buat menaruh barang kecil seperti botol minum, snack, sampai gadget biar kabin tetap rapi.

Ada juga front trunk alias bagasi depan berkapasitas 35 liter yang tahan panas dan anti-bau, cocok buat nyimpan barang outdoor atau perlengkapan basah.

Material Premium

Soal kenyamanan, interior J5 EV dibungkus material synthetic leather berkualitas, lengkap dengan sentuhan soft touch di area sentral untuk memberi kesan premium.

Bahan joknya juga scratch resistant, jadi aman buat kamu yang suka bawa hewan peliharaan. Sistem filtrasi udaranya bikin kabin tetap bersih dan nyaman buat anak-anak maupun hewan.

Jok depan sudah elektrik 6 arah untuk pengemudi dan 4 arah untuk penumpang plus ventilasi biar tetap adem di cuaca panas. Ada juga ambient light 64 warna, bisa diatur sesuai mood! Kaca depan double layer soundproof yang bikin kabin senyap meski di jalan ramai.

Smart Digital Cockpit

Dari sisi teknologi, JAECOO J5 EV dilengkapi layar sentuh vertikal 13,2 inci yang berfungsi sebagai pusat kendali mobil. Semua bisa diatur dari sini—mulai dari AC, navigasi, sampai hiburan. Panel instrumen digital 8 inci di depan pengemudi menampilkan informasi secara jelas dan modern.

Fitur konektivitas juga lengkap. Ada Apple CarPlay, Android Auto, dan navigasi online. Kamera 540 derajat bikin pandangan sekeliling mobil lebih luas, jadi gak perlu khawatir soal blind spot.

Ada juga AI voice control yang memungkinkan pengemudi mengeluarkan perintah langsung ke sistem mobil buat ngatur berbagai fungsi, tanpa harus lepas tangan dari setir. Pengisian baterai ponsel bisa dilakukan lewat wireless charger 50W yang sudah punya pendingin biar tetap aman.

Aksesoris untuk Maksimalkan Kenyamanan Penumpang

JAECOO juga gak lupa memikirkan penumpang belakang. Ada port USB tipe A dan C, serta dual-zone climate control biar suhu kabin merata. Untuk hiburan, mobil ini menyediakan subwoofer dan mikrofon buat karaoke bareng di perjalanan.

Yang menarik, J5 EV bisa jadi sumber listrik portabel berkat fitur V2L (Vehicle-to-Load) hingga 3,3 kW. Jadi kalau kamu lagi camping atau piknik, mobil ini bisa jadi sumber listrik. Bisa buat nyalain rice cooker, lampu tenda, atau alat elektronik lainnya.

Semua fitur itu masih ditambah kemampuan kendali jarak jauh lewat aplikasi smartphone. Dari ponsel, pengguna bisa menyalakan AC, buka jendela, nyalakan pemanas jok, bahkan atur jadwal pengisian daya otomatis.

“Kombinasi fitur keluarga, hiburan, dan kemampuan outdoor ini menunjukkan bahwa J5 EV benar-benar dirancang untuk mendukung berbagai gaya hidup, dari aktivitas harian di kota sampai petualangan akhir pekan,” kata Max.

Continue Reading

News

Chery Gelar Uji Tabrak Tiggo 9, Ini Hasilnya!

Bacaan 2 menit

Bukan sekadar pamer teknologi, Chery gelar uji tabrak Tiggo 9 secara langsung di depan ratusan tamu. Uji tes ini dilakukan dalam rangkaian acara Chery Brand User Summit 2025 bertema “Ultimate Safety Exploration Tour”.

Dalam pengujian itu, ada dua unit Tiggo 9 yang sengaja ditabrakkan satu sama lain dengan kecepatan 50 km per jam, dalam sudut tumpang tindih 15 derajat. Tujuan tes ini buat tunjukin hal penting filosofi Chery, “Safety, for Family”, di mana keselamatan itu nomor satu.

Dibuka dengan Taichi

Uniknya, acara ini gak langsung dimulai dengan suara mesin bertabrakan, tapi dengan penampilan Taichi. Filosofi harmoni dan keseimbangan itu dijadikan simbol bahwa keselamatan bukan cuma soal kekuatan baja.

“Keselamatan sejati bukanlah sekadar adu kekuatan, tapi seni dalam mengarahkan, menetralkan, serta menyeimbangkan antara kekuatan dan keluwesan, seperti halnya Taichi,” kata Gavin Liang, Deputy General Manager Chery Brand.

Setelah itu, baru kemudian dua Tiggo 9 dilepas di jalur yang sudah dihitung super presisi buat simulasi tabrakan offset, kondisi yang sering kejadian di jalan raya. Sudut 15 derajat ini bikin balok utama mobil (yang menjadi pelindung utama tabrakan) gak bisa bekerja maksimal.

Ini sekaligus menjadikan uji coba bukan hanya tantangan terhadap kekuatan struktur bodi, tapi juga penilaian menyeluruh dari kemampuan Chery dalam merancang jalur distribusi gaya benturan, koordinasi sistem penahan, sampai kecepatan aktivasi sistem penyelamatan pasca tabrakan.

Momen Uji Tabrak Disaksikan Ratusan Orang

Lebih dari 500 tamu mulai dari karyawan, diler, media, sampai komunitas nonton langsung momen uji tabrak Tiggo 9. Begitu mobil berhenti bergerak, tim teknis langsung ngecek hasilnya. Ada beberapa poin yang menjadi hasil tersebut :

  • Struktur kabin tetap utuh, pilar A, B, dan C gak ada deformasi
  • Semua airbag mengembang sesuai timing, termasuk airbag lutut.
  • Sabuk pengaman dengan pretensioner aktif tepat waktu.
  • Sistem bahan bakar aman, tanpa ada kebocoran.
  • Setelah insiden, semua pintu bisa dibuka normal, evakuasi aman.
  • Lampu hazard langsung menyala otomatis.

Para insinyur Chery bilang kalau hasil tabrak itu merupakan manifestasi dari Filosofi “Keselamatan Taichi” yang ada pada Tiggo 9. Pertama Guidance (Panduan), Neutralization (Netralisasi), Strength (Kekuatan), dan Prevention (Pencegahan).

Uji tabrak Tiggo 9 jadi bukti nyata komitmen terhadap standar keselamatan global, sekaligus jadi panggung keluarga Tiggo untuk menegaskan kekuatan dari sisi keselamatan setelah sebelumnya Tiggo 7 CSH dan Tiggo 8 CSH juga sukses dapet rating lima bintang dari Euro NCAP.

Continue Reading

Trending