News
Hyundai Creta Terbaru: Creta N Line dan New Creta Facelift

Awal tahun 2025, PT Hyundai Motors Indonesia bawa angin segar buat pecinta SUV. Apalagi yang udah ngelirik buat beli mobil Hyundai Creta wajib banget baca sampai habis. Gak cuma satu doang yang diluncurin tapi ada 3 tipe mobil. Mulai dari yang sporty-sporty HMI bawa Hyundai Creta N Line dan Hyundai Creta N Line Turbo. Satu lagi New Creta yang punya tampang baru lebih fresh daripada Hyundai Creta sebelumnya.
PT Hyundai Motors Indonesia gak bosen-bosennya kasih ‘barang baru’ soalnya biar masyarakat Indonesia punya pilihan yang lebih beragam dan bisa disesuaikan sama kebutuhan sehari-hari apalagi yang memang antusias ke Hyundai Creta.
Bedanya apa? Ya ayo dibahas!
Hyundai Creta N Line
Kalau udah ada trim N Line udah pasti ini lebih bertenaga. Ada 2 varian New Creta N Line dan New Creta N Line Turbo. Perbedaannya jelas ada di mesinnya, kalau New Creta N Line pakai mesin Smartstream G1.5 MPI (Multi Point Injection) dengan kode G4FL, Ini adalah mesin bensin 4-silinder berkapasitas 1.497 cc naturally aspirated (N/A) yang menghasilkan tenaga 116 dk/6.300 rpm dan torsi puncak 143,8 Nm/4.500 rpm. Kalau yang Turbo punya mesin 1.5L Turbo GDi dengan transmisi DCT 7-speed. So, tenaga yang dihasilkan sampai 160 PS dan torsi 253 Nm. Feels-nya sporty tapi masih tetep nyaman dipakai sehari-hari.
Eksteriornya juga menarik perhatian soalnya lampu depannya nyambung dan desainnya mengkotak. Dipercantik dengan Satin Black Paint Radiator Grille dan Velg R18 Diamond Cut Alloys berlogo N.
Untuk interior, New CRETA N Line ada fitur Ventilated Seat di baris depan, Panoramic Sunroof, serta Wireless Phone Charger, dan Air Purifier. Kursi belakang bisa dilipat hingga 60:40.
Gak lupa biar lebih sporty, di bagian dashboard dan stir ada sentuhan merah khas Hyundai N Brand. Ada juga tombol kemudi 3-Spoke, Knob Gear, dan jok kulit berlogo N dengan pengaturan 8 arah. Woow! Fitur canggih lainnya ada Ambient Mood Lamp merah dan Electric Power Tailgate, biar lebih futuristik dan nyaman.
Biar pas berkendara lebih enak, fitur entertainmentnya juga wajib lo tau. New CRETA N Line dibekali dengan BOSE® Premium 8-speaker audio system. Sementara itu, Full TFT LCD Meter Clusternya 10,25 inci ini bisa banget ngebantu lo buat baca maps lebih jelas biar gak nyasar hehe.
Hyundai New Creta Facelift
Dari mesin dulu ya, New CRETA dilengkapi dengan mesin 1.5L MPI transmisi manual 6-speed atau IVT yang ngehasilin tenaga 115 PS dan torsi 143,8 Nm. Masih sama kayak yang lama ada empat pilihan Mode Berkendara, yaitu Eco, Smart, Normal, dan Sport (tapi khusus tipe Style sama Prime).
Faceliftnya ada dimana? Di tampak depan dan belakangnya. Kalau lo liat dari gambar diatas, udah jelas banget ya mukanya berubah. Di bagian depan, ada Black Chrome Parametric Radiator Grille jadi kesannya lebih bold. Terus lampunya totally berubah karena desain lampu depan LED MFR disatuin sama Daytime Running Light (DRL) yang baru jadi lebih cakep aja sih! Terus bagian belakangnya gak sipit lagi, sekarang bentuk LED Rear Combination Lamp-nya segaris lurus jadi lebih keliatan dan modern.
Masih sama kayak yang dulu, Hyundai new CRETA ini punya 4 pilihan varian, yaitu Active, Trend, Style, dan Prime. Detailnya bisa lo cek di website Hyundai hehe.
Safety System-nya
Udah satu kesatuan lah ya, pasti ada Hyundai Bluelink dan Hyundai SmartSense. Kalau Hyundai Bluelink ini sistem yang terintegrasi ke handphone bisa untuk SOS Emergency Assistance, Remote Start & Climate Control, dan Vehicle Tracking. Untuk sistem keselamatan, new CRETA dilengkapi Hyundai Smartsense termasuk Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA) dan Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA) yang bisa bantu cegah tabrakan di area blind spot dan pas mundur.
Selain itu, fitur Lane Keeping Assist (LKA) dan Smart Cruise Control (SCC) with stop and go untuk ngedukung kenyamanan dan keselamatan pengemudi. Khusus new CRETA N Line, ada fitur Surround View Monitor (SVM) dan Blind-spot View Monitor BVM yang bisa kasih visibilitas penuh di sekitar kendaraan untuk ningkatin kewaspadaan pengemudi.
Gak cuma itu, new CRETA sekarang sudah dilengkapi fitur keamanan lainnya, seperti
Electronic Stability Control (ESC), Anti-lock Braking System (ABS), Emergency Stop Signal (ESS), Hill-start Assist Control (HAC), dan Vehicle Stability Management (VSM).
Udah mulai tertarik? Ini harga new CRETA N Line dan new CRETA (On The Road/OTR Jakarta):
● New CRETA N Line Turbo: Rp507.280.000,-
● New CRETA N Line: Rp460.500.000,-
● New CRETA Prime: Rp426.940.000,-
● New CRETA Style: Rp396.640.000,-
● New CRETA Trend IVT: Rp352.140.000,-
● New CRETA Trend MT: Rp331.640.000,-
● New CRETA Active MT: Rp299.700.000,-
Gimana menurut lo Hyundai Creta N Line dan Hyundai New Creta Facelift ini? Lebih menarik atau lebih suka yang model lama?
News
Dulu Omoda 5, Sekarang Berubah Jadi Chery C5. Apa Bedanya?

Chery lagi-lagi bikin gebrakan dengan ngeluarin versi terbaru dari Chery C5, SUV crossover mereka yang sekarang tampil makin kece, makin modern, dan pastinya lebih siap nemenin aktivitas sehari-hari. Kalau yang dulu namanya Omoda 5 ya.
Pertama dari tampangnya dulu. Di bagian depan, desain grill-nya sekarang pakai Frameless Diamond-pattern, bikin look-nya lebih clean dan berkelas. Lampunya juga makin tajam dengan LED DRL model panah, terus dikasih velg hitam sporty dan bumper bentuk “X” yang bikin mobil ini kelihatan agresif tapi tetap stylish. Pokoknya, aura SUV-nya makin berasa banget.
Masuk ke kabin, nuansanya mewah tapi tetap fungsional. Jok udah dilapisi kulit sintetis yang empuk dan nyaman. Di bagian dashboard ada dua layar HD ukuran 10,25 inci yang jadi pusat kontrol mobil. Hiburan pun nggak kalah niat—ada 8 speaker dari Sony yang bikin audio makin nendang, plus sunroof elektrik buat nuansa kabin yang lebih terang dan lega. Udara di dalam mobil juga dijaga bersih berkat filter khusus PM0.3 dan ada AC dua zona yang bisa atur suhu terpisah antara supir dan penumpang.
Spesifikasi Chery C5
Ngomongin mesin, Chery C5 masih pakai mesin 1.5L turbo, tapi sekarang digabungin sama transmisi dual clutch (6-DCT) yang bikin akselerasinya lebih halus dan responsif. Tenaganya sampai 145 HP, torsinya 230 Nm, dan ada fitur auto engine shut-off yang matiin mesin otomatis saat lagi berhenti. Jadinya irit bensin, tetap nyaman.
Suspensinya juga ikutan di-upgrade. Di depan pakai MacPherson, belakang pakai multi-link. Hasilnya, mobil ini lebih stabil di berbagai kondisi jalan. Mau santai, normal, atau agak ngebut dikit juga bisa, karena ada 3 mode berkendara: Eco, Normal, dan Sport.
Soal keamanan, Chery tetap serius. C5 dibekali fitur-fitur pintar kayak Traffic Jam Assist buat jaga kecepatan saat macet, dan Intelligent Avoidance System yang bantu jaga jarak aman saat mau nyalip mobil gede. Jadi tetap tenang dan aman selama di jalan.
C5 versi baru ini hadir dalam dua varian: C5-Z dan C5-RZ. Ada total 5 pilihan warna yang bisa disesuaikan sama gaya kamu. Mulai dari warna netral sampai yang standout kayak merah dan dual-tone putih-hitam.
Intinya, Chery C5 versi baru ini cocok banget buat kamu yang pengen SUV crossover yang tampil beda, nyaman buat harian, tapi tetap fun buat diajak jalan jauh. Udah keren, lengkap, performa juga oke. Worthy buat dilirik!
News
Baterai Mobil Listrik Terendam Air Laut 53 Jam, Aman Gak Ya?

Kebanyakan orang udah pada ngeh kalau baterai mobil listrik kena air tuh bakal aman-aman aja. Tapi kalau gak ada buktinya, ya mana percaya. No pic hoax ya kan? Makanya Chery ngebuktiin kalau baterai yang mereka pakai gak cuma tahan di air biasa tapi di air laut yang sifat korosinya tinggi.
“Extreme Challenge – Chery Safety Battery Test” yang dilakuin Chery ini jadi pembuktian. Jadi baterai mobil listrik ini direndam tanggal 17 Juni 2025 dan diangkat tanggal 19 Juni 2025. Acaranya digelar di Land’s End PIK 2.
Uji ini dilakukan secara realtime dan disaksikan sama media dari Indonesia dan internasional. Challenge ini juga bagian dari kampanye global Chery yang bertajuk Mission Impossible, bukan film ya! Tapi pembuktian dari teknologi keselamatan mobil.
Baterainya direndam di akuarium buatan setinggi 1 meter berisi air laut super korosif dan ditemenin ikan-ikan nemo kecil juga. Setelah 2 hari atau lebih tepatnya kurang lebih 53 jam baterainya diangkat. Kemudian dikeringkan, dan langsung dipasang ke Chery Tiggo 8 CSH. Hasilnya? Mobil jalan normal, tanpa masalah! Ini membuktikan bahwa baterai Chery bukan kaleng-kaleng dalam urusan ketahanan ekstrem.

direndam 53 jam


Baterai Chery Tiggo 8 CSH
Kenapa ini penting? Karena Indonesia, dengan curah hujan tinggi dan potensi banjir, jadi medan uji ideal buat ngebuktiin ketahanan baterai mobil. Selain soal air laut yang korosif, uji ini juga secara teknis menguji isolasi, kekuatan struktur, hingga kestabilan saat pengisian dan pengosongan daya.
TIGGO 8 CSH sendiri dibekali baterai jenis Lithium Iron Phosphate (LFP) dengan kapasitas 18,3 kWh. Baterai ini punya sertifikasi IP68 Waterproof, tahan suhu dari minus 35°C sampai 60°C, dan bisa melaju sampai 90 km dalam mode listrik penuh (EV). Gak cuma itu, baterainya juga mendukung fast charging dari 30% ke 80% cuma dalam 20 menit lewat port CCS2.
Terus baterai ini dilindungi teknologi Chainmail Battery Safety Structure. Jadi ada 14 titik penahan (safety anchor points) yang bisa tahan tekanan sampai 200 KN dan ningkatin kekuatan rangka mobil sampai 7%. Struktur pelindungnya juga punya lapisan isolasi ganda, 10 lapis di bawah, 15 lapis di samping, dan 16 lapis insulasi termal. Intinya, baterai ini kuat banget!
Sebelum diuji di Indonesia, baterai ini juga udah lolos berbagai tantangan ekstrem di China, mulai dari tabrakan beruntun, mobil ditumpuk sampai 7 unit, hingga jatuh dari ketinggian 4,9 meter. Bahkan sempat diuji disemprot air garam selama 720 jam nonstop!
Lewat aksi ini, Chery gak cuma pengen pamer teknologi, tapi juga nunjukin komitmen mereka dalam menghadirkan mobil listrik yang aman dan cocok buat berbagai kondisi ekstrem. Setelah sukses di Indonesia, Chery berencana lanjut bawa pengujian ekstrem ini ke negara lain seperti Afrika Selatan, Brasil, dan Meksiko.
Kalau mau lihat hasil tesnya bisa juga cek instagram @halotomotif.id.
News
Lihat Lebih Dekat Volkswagen di VW City Store yang Dibuka Pertama Kali di Indonesia.

Gak cuma ngeluarin The All-electric VW ID. Buzz, terus bikin lagu bareng Andin dan Laeilmanino, sekarang bikin showroom yang gak biasa. Volkswagen Indonesia, lewat PT Garuda Mataram Motor (APM resminya di Indonesia), baru aja ngeresmiin Volkswagen City Store pertamanya di Indonesia. Ini bukan showroom biasa, tapi konsep 1S (Sales) yang modern dan stylish, letaknya juga strategis banget di Wisma Indomobil 1, MT Haryono, Jakarta Selatan.
Dengan buka City Store ini, VW pengen lebih deket sama konsumen di kota-kota besar, terutama yang udah melek teknologi dan nyari mobilitas yang modern. Apalagi lokasi showroom ini satu kompleks sama merek-merek otomotif besar lain di bawah naungan Indomobil Group, jadi makin berasa vibe otomotif masa depannya.
Ada apa aja di Volkswagen City Store?
City Store ini bukan cuma tempat buat lihat-lihat mobil doang, tapi jadi semacam experience center. Lo bisa eksplor semua lini mobil VW yang dijual di Indonesia, termasuk ID. Buzz van listrik futuristik yang jadi highlight-nya. Dari desain kece, fitur canggih, sampai teknologi canggih didalamnya, semua bisa lo nikmati langsung di sini. Showroom-nya juga dibuat senyaman mungkin, ada area display yang keren plus ruang konsultasi yang bikin ngobrol sama sales jadi lebih santai dan personal.
Andrew Nasuri, Director Indomobil Group, bilang kalau pembukaan VW City Store ini bukan cuma soal jualan, tapi juga bukti komitmen VW buat hadir lebih dekat dan bikin konsumen bisa lebih kenal sama teknologi masa depannya. Apalagi Wisma Indomobil ini punya sejarah panjang di dunia otomotif Indonesia—udah berdiri lebih dari 30 tahun. Sekarang, bangunan ikonik ini jadi rumah baru buat VW mengenalkan visi mobilitas yang lebih ramah lingkungan dan modern.
Gak cuma dari Indonesia, peresmian ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Volkswagen Global. Salah satunya Lars Krause, dari jajaran direksi Sales & Marketing Volkswagen Nutzfahrzeuge. Ia menyampaikan rasa apresiasinya dan menyebut kalau Indonesia itu pasar penting banget buat VW. Mereka percaya ID. Buzz bakal punya peran besar dalam memperkenalkan gaya hidup berkendara yang lebih sustainable.
Oh iya, buat lo yang penasaran, showroom ini juga menyediakan test drive. Jadi gak cuma bisa lihat, lo bisa langsung ngerasain sensasi nyetir mobil VW, termasuk mobil listriknya. Siapa tahu cocok! Jadi kalau lagi sempat bisa mampir ke Volkswagen City Store di Wisma Indomobil 1, lantai 4 ya.
- NewsBacaan 2 menit
Mercedes Benz AMG SL 63 Nampang Di Queen Of Tears
- NewsBacaan < 1 menit
iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi
- NewsBacaan 2 menit
Lampu DRL Audi A3 Terbaru Bisa Diubah Sesuai Selera
- NewsBacaan 3 menit
Intip Perbedaan Hyundai Stargazer X
- Duotomotif
Review Modifikasi Semi-alto Hyundai Creta Prime
- NewsBacaan 3 menit
Miyabi. Mobil Jimny Off Road Milik Babe Cabita.
- NewsBacaan 5 menit
Marcello Gandini dan Mobil-Mobil Ikoniknya
- BlogBacaan 3 menit
Elegan dan Paling Hitz, Ini Keunggulan Mobil Wuling Binguo EV