Connect with us

News

Neta X, Spacious Medium SUV Electric.

Bacaan 3 menit

Finally setelah muncul di GIIAS 2024, NETA X ngumumin harganya. Medium SUV ini udah rakitan lokal secara Completely Knock-Down (CKD), pabriknya ada di PT Handal Indonesia Motor Bekasi Jawa Barat. Serius banget nih PT NETA Auto Indonesia buat berkiprah di Indonesia.

Kemarin Halotomotif di undang ke acara The Grand Launch of NETA X – Xperience Tech With EV di Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat. Selain liat lebih dekat semua warna dari medium suv ini, yang paling ditunggu pengumuman harganya. Ada 2 varian yang ditawarkan, NETA X 500 Elite Rp 428 juta dan NETA X 500 Supreme Rp448 Juta on the road (OTR) Jakarta.

Gak cuma itu aja, NETA juga umumin kalau udah mulai kirim unitnya ke 500 konsumen pertama yang udah pesen dalam masa pre-book.

Tipe varian NETA X

Tipenya ada 500 Supreme dan 500 Elite bedanya apa? Nanti dulu ya, baca sampai selesai. Kalau dari dimensinya, mobil ini ‘spacious’ banget karena dimensinya (P) 4.619 mm x (L) 1.860 mm x (T) 1.628 mm. Wheelbase-nya 2.770 mm.

Ruang kabinnya gedeee cukup buat 5-penumpang, terus ada One-piece Affinity Seat. Yang artinya ada fitur pengaturan jok elektrik di sisi pengemudi dan penumpang baris depan. Terus seatnya empuk dan soft karena dirancang biar punggung dan bahu yang ada di mobil ini nyaman.

Ditambah kapasitas bagasi mencapai 508 liter dan bisa diperluas menjadi 1.388 liter. Beneran luas sampe kemarin nyobain duduk di bagasinya dan gak sempit.

NETA X Indonesia sudah bisa dibeli
NETA X Interior
NETA X Seat
NETA X Steer

Semua varian NETA X udah ada Panoramic Sunroof sebagai standar, jadi bisa menyapa warga nih pas kampanye. Nah ini bedanya, NETA X varian 500 Supreme udah ada fitur ADAS Level 2 yang didukung oleh 11 High Precision Sensor. Satu fiturnya Full Speed Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic Emergency Braking (AEB) dan Lane Keep Assist (LKA).

Bagian depan kabin udah dilengkapi dengan Wireless Phone Charging, Intelligent Central Control Screen berukuran 15.6 inch yang terkoneksi dengan NETA Auto App dan tampilannya bisa diatur jadi Split-screen Design dan Floating D-shaped Steering Wheel. Fitur V2L juga hadir di mobil ini, jadi bisa jadi ‘powerbank’.

Performa

Secara performa, NETA X bisa ngehasilin output daya maksimum 120 kW (175 hp) dengan torsi 210 Nm. Jarak tempuh hingga 480 Km dalam sekali pengisian daya penuh.

Baterai yang digunakan Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 63.56 kWh. Dilengkapi Liquid Cooling HEPT 4.0 dan bersertifikat IP68+ Waterproof dan Dustproof. So, aman melintasi genangan air dan jalanan berdebu. Udah fastcharging juga, untuk mengisi daya dari 30 ke 80 persen dalam waktu 30 menit.

Poin menarik lainnya, NETA X sudah mengadopsi port charging model CCS2 (Combined Charging System 2). Salah satu port charging yang paling mudah ditemui pada SPKLU di Indonesia untuk pengisian reguler maupun fast charging.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

AION UT: Mobil Futuristik yang Siap Bikin Kamu Jatuh Hati

Bacaan 3 menit

AION UT

Lagi-lagi AION ngeluarin mobil terbarunya, AION UT. Mobil hatchback ini tampil futuristik, elegan, tapi tetep sporty. Gak heran sih, soalnya didesain langsung sama GAC Advanced Design Center Europe dan dirancang oleh desainer Mr. Stephan Janin. 

Futuristik Bergaya Eropa 

AION UT terinspirasi dari gaya kota Milan yang klasik-modern. Lampu depannya unik! Mirip mata dan alis burung hantu, dilengkapi Matrix Cube Light yang bikin tampilannya semakin kece. Body nya juga dirancang seamless dan streamline, cocok buat yang suka mobil bergaya clean tapi tetep standout. Velg nya 17 inci, walaupun elegan tapi tetep gak ninggalin kesan sporty nya. 

Menurut Andry Clu, CEO GAC Indonesia, “AION UT bukan cuma mobil listrik biasa. Hatchback satu ini jadi simbol gaya hidup baru buat anak muda dan keluarga modern yang butuh mobil yang gak cuma efisien, tapi juga stylish. Desainnya ikonik dilengkapi teknologi kekinian, jadi solusi mobilitas masa depan.” 

Apa yang Keren dari AION UT? 

AION UT udah menang penghargaan “The Most Valuable Car” di Milan Design Week 2025, bukti kalo mobil ini gak main-main. Pakai platform AEP 3.0 (AION Electric Platform), performanya dijamin oke banget! Tersedia dalam dua jenis, varian Standard yang dilengkapi baterai 44 kWh, jarak tempuh 400 kilometer, dan tenaga 100 kW (134 Hp) dengan torsi 145 Nm. Dan kalo mau yang lebih oke, ada varian Premium – dilengkapi baterai 600 kWh,  jarak tempuh sampe 500 kilometer, dan tenaga 150 kW (201 Hp) dengan torsi 210 Nm. 

Sama kayak unit lain – AION Y Plus dan AION V – mobil ini juga udah dilengkapi LFP Magazine Battery 2.0, bisa diisi ulang pakai DC Fast Charging CCS2. Waktu charging nya? dari 30% ke 80% cuma butuh 24 menit aja dengan daya maksimal 80 kWh. Mantep kan?. 

Fitur Keamanan dan Kenyamanan? Lengkap Banget! 

Soal keamanan, gak usah khawatir! AION UT udah dibekali teknologi AdiGO Level 2, ada 6 airbag dan fitur modern lainnya mulai dari ventilated seat, voice command, 6 AdiGO speaker, sampai wireless fast charging 50 watt. Kabin dalamnya juga super lega, dilengkapi panoramic roof dengan electric sunshade, dan kapasitas bagasi bisa sampai 1600 liter. Cocok banget nih buat liburan bareng keluarga atau road trip seru sama temen. 

Gimana? Udah ngebayangin naik AION UT belum? 

Stay tune di Instagram @halotomotif.id dan jangan lupa nanti datang ke GIIAS 2025 buat liat langsung mobil keren ini!

Continue Reading

News

Dulu Omoda 5, Sekarang Berubah Jadi Chery C5. Apa Bedanya?

Bacaan 3 menit

Chery lagi-lagi bikin gebrakan dengan ngeluarin versi terbaru dari Chery C5, SUV crossover mereka yang sekarang tampil makin kece, makin modern, dan pastinya lebih siap nemenin aktivitas sehari-hari. Kalau yang dulu namanya Omoda 5 ya.

Pertama dari tampangnya dulu. Di bagian depan, desain grill-nya sekarang pakai Frameless Diamond-pattern, bikin look-nya lebih clean dan berkelas. Lampunya juga makin tajam dengan LED DRL model panah, terus dikasih velg hitam sporty dan bumper bentuk “X” yang bikin mobil ini kelihatan agresif tapi tetap stylish. Pokoknya, aura SUV-nya makin berasa banget.

Masuk ke kabin, nuansanya mewah tapi tetap fungsional. Jok udah dilapisi kulit sintetis yang empuk dan nyaman. Di bagian dashboard ada dua layar HD ukuran 10,25 inci yang jadi pusat kontrol mobil. Hiburan pun nggak kalah niat—ada 8 speaker dari Sony yang bikin audio makin nendang, plus sunroof elektrik buat nuansa kabin yang lebih terang dan lega. Udara di dalam mobil juga dijaga bersih berkat filter khusus PM0.3 dan ada AC dua zona yang bisa atur suhu terpisah antara supir dan penumpang.

Spesifikasi Chery C5

Beda Chery Omoda 5 dan Chery C5
Chery C5
Chery C5
Chery C5

Ngomongin mesin, Chery C5 masih pakai mesin 1.5L turbo, tapi sekarang digabungin sama transmisi dual clutch (6-DCT) yang bikin akselerasinya lebih halus dan responsif. Tenaganya sampai 145 HP, torsinya 230 Nm, dan ada fitur auto engine shut-off yang matiin mesin otomatis saat lagi berhenti. Jadinya irit bensin, tetap nyaman.

Suspensinya juga ikutan di-upgrade. Di depan pakai MacPherson, belakang pakai multi-link. Hasilnya, mobil ini lebih stabil di berbagai kondisi jalan. Mau santai, normal, atau agak ngebut dikit juga bisa, karena ada 3 mode berkendara: Eco, Normal, dan Sport.

Soal keamanan, Chery tetap serius. C5 dibekali fitur-fitur pintar kayak Traffic Jam Assist buat jaga kecepatan saat macet, dan Intelligent Avoidance System yang bantu jaga jarak aman saat mau nyalip mobil gede. Jadi tetap tenang dan aman selama di jalan.

C5 versi baru ini hadir dalam dua varian: C5-Z dan C5-RZ. Ada total 5 pilihan warna yang bisa disesuaikan sama gaya kamu. Mulai dari warna netral sampai yang standout kayak merah dan dual-tone putih-hitam.

Intinya, Chery C5 versi baru ini cocok banget buat kamu yang pengen SUV crossover yang tampil beda, nyaman buat harian, tapi tetap fun buat diajak jalan jauh. Udah keren, lengkap, performa juga oke. Worthy buat dilirik!

Continue Reading

News

Baterai Mobil Listrik Terendam Air Laut 53 Jam, Aman Gak Ya?

Bacaan 3 menit

Kebanyakan orang udah pada ngeh kalau baterai mobil listrik kena air tuh bakal aman-aman aja. Tapi kalau gak ada buktinya, ya mana percaya. No pic hoax ya kan? Makanya Chery ngebuktiin kalau baterai yang mereka pakai gak cuma tahan di air biasa tapi di air laut yang sifat korosinya tinggi.

“Extreme Challenge – Chery Safety Battery Test” yang dilakuin Chery ini jadi pembuktian. Jadi baterai mobil listrik ini direndam tanggal 17 Juni 2025 dan diangkat tanggal 19 Juni 2025. Acaranya digelar di Land’s End PIK 2.

Uji ini dilakukan secara realtime dan disaksikan sama media dari Indonesia dan internasional. Challenge ini juga bagian dari kampanye global Chery yang bertajuk Mission Impossible, bukan film ya! Tapi pembuktian dari teknologi keselamatan mobil.

Baterainya direndam di akuarium buatan setinggi 1 meter berisi air laut super korosif dan ditemenin ikan-ikan nemo kecil juga. Setelah 2 hari atau lebih tepatnya kurang lebih 53 jam baterainya diangkat. Kemudian dikeringkan, dan langsung dipasang ke Chery Tiggo 8 CSH. Hasilnya? Mobil jalan normal, tanpa masalah! Ini membuktikan bahwa baterai Chery bukan kaleng-kaleng dalam urusan ketahanan ekstrem.

Baterai Chery Tiggo 8 CSH

Kenapa ini penting? Karena Indonesia, dengan curah hujan tinggi dan potensi banjir, jadi medan uji ideal buat ngebuktiin ketahanan baterai mobil. Selain soal air laut yang korosif, uji ini juga secara teknis menguji isolasi, kekuatan struktur, hingga kestabilan saat pengisian dan pengosongan daya.

TIGGO 8 CSH sendiri dibekali baterai jenis Lithium Iron Phosphate (LFP) dengan kapasitas 18,3 kWh. Baterai ini punya sertifikasi IP68 Waterproof, tahan suhu dari minus 35°C sampai 60°C, dan bisa melaju sampai 90 km dalam mode listrik penuh (EV). Gak cuma itu, baterainya juga mendukung fast charging dari 30% ke 80% cuma dalam 20 menit lewat port CCS2.

Acara perendaman baterai mobil listrik Chery Tiggo 8 CSH selaa 55 Jam

Terus baterai ini dilindungi teknologi Chainmail Battery Safety Structure. Jadi ada 14 titik penahan (safety anchor points) yang bisa tahan tekanan sampai 200 KN dan ningkatin kekuatan rangka mobil sampai 7%. Struktur pelindungnya juga punya lapisan isolasi ganda, 10 lapis di bawah, 15 lapis di samping, dan 16 lapis insulasi termal. Intinya, baterai ini kuat banget!

Sebelum diuji di Indonesia, baterai ini juga udah lolos berbagai tantangan ekstrem di China, mulai dari tabrakan beruntun, mobil ditumpuk sampai 7 unit, hingga jatuh dari ketinggian 4,9 meter. Bahkan sempat diuji disemprot air garam selama 720 jam nonstop!

Lewat aksi ini, Chery gak cuma pengen pamer teknologi, tapi juga nunjukin komitmen mereka dalam menghadirkan mobil listrik yang aman dan cocok buat berbagai kondisi ekstrem. Setelah sukses di Indonesia, Chery berencana lanjut bawa pengujian ekstrem ini ke negara lain seperti Afrika Selatan, Brasil, dan Meksiko.

Kalau mau lihat hasil tesnya bisa juga cek instagram @halotomotif.id.

Continue Reading

Trending