News
Mobil Xiaomi SU7 Terjual 88 Ribu Unit, Konsumen Ngeluh Rusak?

Belum lama ini dunia otomotif heboh dengan kabar mobil listrik Xiaomi SU7 yang mudah rusak. Padahal, mobil ini sempat jadi incaran 88 ribu orang karena nawarin harga miring dan kualitas flagship. Waktu nyampe di tangan konsumen, ternyata mobil ini mulai eror. Wah, bisa rugi dong?
Biar gak ada salah paham, mending simak penjelasannya di sini!
Kronologi Xiaomi SU7 rusak
Seperti yang udah kita tahu, tanggal 28 Maret 2024 lalu, perusahaan Xiaomi ngeresmiin mobil listrik terbarunya. Jumlah pemesannya pun gak main-main, baru 24 jam udah kejual 88 ribuan unit! Saking banyaknya, para konsumen harus nunggu 4-7 bulan buat dapetin mobil Xiaomi SU7. Goks abis!
Source: https://carnewschina.com/
Terus masalahnya di mana? Masalahnya muncul pada tanggal 5 Mei lalu, tepatnya waktu salah satu pemilik SU7 (Wen) ngeluhin mobilnya yang mogok dan gak bisa diperbaiki. Padahal jarak tempuh mobil baru 39 km-an dari tempat dealer dia ngambil mobil.
Xiaomi SU7 terkenal dengan fitur pintarnya, seperti sistem infotainment buat ngasih tau keadaan mobil. Anehnya, sistem ini muncul tulisan gini “mobil akan berhenti, harap menepi dan hubungi pusat servis online”. Terus, di bagian sistem hiburan muncul pesan “sistem penggerak rusak dan tidak bisa digeser”. Wau, siapa yang gak panik kalo baru punya Xiaomi SU7 terus rusak?
Baca juga: Mau Mobil Pick Up Versi Elite? Ini Keunggulan Tesla Cybertruck!
Karena ada yang gak beres sama mobil barunya, akhirnya perusahaan menderek mobil Wen mengembalikan ke pusat Xiaomi Auto Xing’an. Sayangnya, pihak Xiaomi gak bisa memperbaiki mobil Xiaomi SU7 yang rusak karena alasan mau analisis pabrik. Sebagai gantinya, Xiaomi mau ngembaliin uang konsumen yang udah rugi, tapi pihak Wen menolak dan pilih mobilnya kembali dalam kondisi normal.
Sebenernya, gak cuma aduan dari Wen aja yang bilang sistem Xiaomi SU7 rusak, konsumen lain ada yang ngeluhin fitur Autonomous Emergency Braking (FEB) yang gak bisa berjalan normal di kecepatan 135 km/jam. Itu artinya sistem eror dan gak sesuai klaim Xiaomi. Klaim lain berhubungan dengan cat eksterior mobil yang konsisten.
Kalo kalian di posisi Wen, mending nerima mobil seharga Rp 444 juta atau pilih mobil baru?
Baca juga: Mazda EZ-6 dan Mazda Arata, Mobil Listrik Terbaru
News
Chery TIGGO Cross, Compact Low SUV.

Udah ada plan mau beli mobil SUV baru? Coba mampir deh ke booth Chery di IIMS 2025, soalnya ada Chery TIGGO Cross. SUV ini punya sentuhan premium dengan desain fashionable dan modern karena ada Tiger Philosophy sebagai DNA khas Chery TIGGO Series. Mobil ini punya sejumlah fitur dan teknologi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.
Sekilas tentang mobil ini
Dimensi Chery TIGGO Cross, panjang 4.320 mm lebar 1.831 mm tinggi 1.622 mm. Ground clearance 190 mm. Kapasitas 5 seaters. Mobil ini memiliki mesin 1.500 cc dan Transmisi CVT. Menghasilkan tenaga 116 PS dan 138 Nm yang disalurkan ke roda depan (Front Wheel Drive).
Modelnya dari jauh menarik banget, karena bagian depan Chery nyematin DRL Energy Crystal Outline Lamp, ada paduantiga garis tajam kayak cakar harimau (Tiger Claw Lamp) raaawwwr!
Keunggulan Chery TIGGO Cross
Se-unggul apa sih mobil ini? Baca sampai selesai dulu ya.
Pertama SUV ini udah punya Cross Level Safety. Ada 15 fitur ADAS yaitu ACC (Adaptive cruise control), AEB (Autonomous Emergency Braking), TJA (Traffic Jam
Assist), ICA (Integrated Cruise Assist), RCTB (Rear Cross Traffic Braking), FCW (Forward Collision Warning), ELK (Emergency Lane Keeping), LKA (Lane Keeping Assist), BSD (Blind Spot Detection), LDW (Lane Departure Warning), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), LCA (Lane Change Assist), RCW (Rear Collision Warning), IHC (Intelligent Headlamp Control), MCB (Multi Collision Brake). Gak ketinggalan 6-airbags.
Kedua, bagian interior. Udah bisa konek ke Apple CarPlay dan Android Auto. Biar makin nyaman, kabin di mobil ini luas dan pakai material soft-touch premium.
Ketiga, Chery TIGGO Cross punya Dual Screen 10,25 inci beresolusi HD, electric sunroof, dan 360 Camera beresolusi tinggi. Jadi, saat berkendara visibilitasnya optimal.
Cukup lengkap secara fitur, emang perlu lo cobain biar gak underestimate sama brand ini. Karena feels berkendaranya jujur nyaman, enteeeng, cocok buat yang gak suka ribet!
Harganya? Bakal di spill saat IIMS 2025. So, pantengin instagram halotomotif biar tau updatenya.
News
Road Trip Lampung Jakarta Pakai Hyundai New Creta

Tim Halotomotif berkesempatan nyobain langsung road trip Hyundai New Creta dari Lampung ke Jakarta. Kegiatan media drive ini berlangsung tanggal 6-7 Februari 2025 dengan tema “Be Unstoppable”.
Tim Halotomotif berkeliling di kota Lampung untuk lebih kenal dengan fitur dan juga berkunjung ke dealer Hyundai Lampung yang ada di JL. Z.A. Pagar Alam No.3, Labuhan Ratu, Bandar Lampung. Dealer ini punya standar pelayanan 3S (Sales, Service, Spare Parts), jadi kalau mau cobain Hyundai New Creta dan new Creta N Line bisa juga disini.
Hari pertama, explore Lampung
Febry yang ngewakilin Halotomotif berkesempatan nyobain Hyundai New Creta Prime. Seluruh media diajak eksplor ke beberapa lokasi ikonik di Lampung kayak ke Umbul Helau Kemiling, Monumen Adipura, Taman Estetika Kebun Raya Itera, Bukit Aslan, Lengkung Langit 2, hingga Puncak Mas. Mumpung background lokasinya ikonik Lampung, jadi momen ini dibuat untuk foto-fotoin detail Hyundai New Creta. Asli ganteng banget nih mobil! Mulai dari bagian depan ada Black Chrome Parametric Radiator Grille dikombinasi sama Daytime Running Light (DRL) model baru jadi makin mencolok di jalan. Lampu belakangnya juga berubah jauh dari model lama, jadi lebih keliatan modern.
Menurut Febry, feels berkendaranya sama kayak Hyundai Creta Prime Pre Facelift. Tapi, yang kerasa beda banget pas masuk kedalam mobilnya dan liat kabinnya. Dari mulai setirnya, logo Hyundai berubah jadi flat dan matte bukan chrome lagi. Terus juga Panoramic Integrated Display-nya, karena ada 10,25” Touch Display Infotainment System dan 10,25” Integrated Color TFT LCD Cluster yang nyambung dan seamless, jadi gampang buat akses fitur-fiturnya.
Hari kedua, Lampung Jakarta!
Hari kedua Febry nyobain Hyundai Creta N Line Turbo. Memulai perjalanan dari Grand Mercure Hotel ke Pelabuhan Bakauheni! Jenis jalannya beragam, mulai dari Tol Bakauheni – Terbanggi Besar yang sering dilewati kendaraan besar, jalan lokal yang berkelok, sampai kawasan permukiman yang ramai warga melalui Jl. Lintas Sumatra. Total perjalanan 95 km. Nyobain semua Drive Mode-nya dari mulai Comfort, Eco, Sport, dan Smart. Paling banyak kepake mode Smart soalnya bersifat adaptif, jadi cocok dipakai di berbagai kondisi jalan. Gak lupa karena ini N Line Turbo jadi nyobain akselerasi dari 0-100 km/jam yang ngehasilin 9.6 deti kalau Hyundai Creta biasa sekitar 12 detik.
Lanjut ke Tol Tangerang-Merak, disini mulai nyobain ‘ngebut’ pas kondisi kosong. Nyaman banget dibagian penumpang, gak ngayun dan kerasanya lebih ‘firm’. Rasio bensin selama perjalanan sekitar 1:15. Cukup hemat ya dengan spesifikasi mesin Smartstream G1,5 GDI | 1.482cc In-line 4 Cylinders-Turbocharged.
Di varian N Line Turbo ini, yang paling eye catching adalah Sporty 3-spoke Leather Steering Wheel-nya. Keren looks exclusive dan sporty!
Fitur yang membantu di Hyundai New Creta
Selama road trip ini beberapa fitur yang ngebantu di Hyundai New Creta dan Hyundai Creta N Line Turbo. Ada fitur Remote Start & Climate Control, jadi bisa nyalain kendaraan dan atur suhu interior sebelum masuk mobil. Jadi, pas masuk mobil udah adem dan ready to go! Terus ada juga Find My Car, bukan cuma pacar doang yang bisa di track lokasinya, ini berguna buat yang biasanya lupa lokasi parkir mobilnya haha.
Selain itu yang paling membantu adalah Hyundai SmartSense-nya. Semua varian terbarunya kedapetan ADAS yang lengkap seperti Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Surround View Monitor (SVM), Lane Keeping Assist (LKA) dan Smart Cruise Control (SCC). Yang paling disukai sekarang ada Adaptive Cruise Controlnya karena di tipe lama hanya Cruise Control aja. Menurut Febry, ADAS terenak dan terpercaya masih dipegang sama Hyundai.
Overall Hyundai New Creta dan Hyundai Creta N Line Turbo nyaman buat perjalanan jauh!
News
Mazda CX-80, Irit Tapi Tenaganya Besar.

Emang ada mobil tenaganya besar tapi irit? Ada dong Mazda CX-80.
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) bawa kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pertama Mazda ke Indonesia, The All-New Mazda CX-80.
Kalau yang masih bingung apa itu Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) gini penjelasannya. Jadi Mazda CX-80 ini ada mesin pembakaran internal (bensin) dan juga listrik. Jadi ada dua sumber tenaga. Makanya bisa irit karena mobil ini bisa pakai mesin listriknya.
Masih dengan filosofi Jinba-Ittai yang punya arti harmoni antara mobil dan pengemudi. Mazda CX-80 ini juga bakal kasih pengalaman mengemudi yang dinamis dan nyaman. Seriusan, harus cobai feels-nya nyetir Mazda.
Spesifikasi Desain
The All-New Mazda CX-80 mengadopsi filosofi KODO Design yang menjadi identitas Mazda; garis desain halus, tampilan gagah, serta kabin yang mewah dan nyaman. Konsep desain “Graceful Toughness” jadi keliatan tangguh dan anggun. Jadi mobil ini punya kapasitas 6 seaters ya alias row kedua captain seat ada console tengahnya.
Ada 2 tipe yaitu Elite Edition dan Kuro Edition. Yang ngebedain dari 2 tipe ini ada di desain luar dan dalamnya.


Elite Edition, ada chrome signature wing di bagian depan vertical grille dengan insignia (liat grille depannya deh ada kayak motif cakaran gitu kan). Velgnya silver. Looks interiornya premium, jok nappa leather berwarna terang, kain woven pada dashboard, serta maple wood trim pada center console dan door trim.
Kuro Edition, Black chrome signature wing berpadu dengan vertical grille dan insignia. Sisi samping, kaca spion, side signature, hingga velg semuanya berwarna hitam. Interiornya juga didominasi warna gelap, dengan jok nappa leather warna hitam dan cokelat, kain suede pada dashboard, serta metal wood trim di center console dan door trim.
Mazda juga punya pilihan warna baru seperti Melting Copper Metallic dan Artisan Red Metallic. Suka sama yang Copper!
Spesifikasi Mesin
The All-New Mazda CX-80 dilengkapi dengan teknologi e-SKYACTIV PHEV. Komponen utamanya ini nih:
– Mesin pembakaran internal 2,5L yang menghasilkan tenaga 191 ps dan torsi 261 Nm
– Motor listrik dengan output 175 ps dan torsi 270 Nm
– Baterai lithium-ion berkapasitas 17,8 kWh sebagai sumber daya utama untuk motor listrik
– Sistem transmisi 8-percepatan tanpa torque converter.
– All-Wheel Drive (AWD)
– 4 mode berkendara, mode normal, sport, offroad, dan EV.
Fitur Keselamatan
Pakai teknologi keselamatan aktif i-ACTIVSENSE yang bisa bantu untuk mencegah kecelakaan dan mengurangi dampaknya. Mulai dari Adaptive LED Headlights (ALH), jadi tetap terang dimalam hari tapi gak ganggu pengendara lain. Ada juga fitur Smart Brake Support, Front Cross Traffic Alert (FCTA), Blind Spot Monitoring (BSM), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).
Driver Attention Alert (DAA) dan Driver Monitoring System, yang bakal jadi reminder buat kamu kalau misalkan ada tanda-tanda kelelahan atau ngantuk. Ada juga kamera 360° View Monitor, dan Mazda Radar Cruise Control (MRCC). Selain itu, yang menarik adjust seat bagian drivernya gampang karena ada fitur Driver Personalization System, cuma tinggal set tinggi badan nanti kursinya bakal ke adjust sendiri.
Harganya Rp1.199.900.000 OTR Jabodetabek, udah dapat portable chargernya.
Mau lihat detailnya? Bisa kamu liat di YouTube Halotomotif disini ya.
- NewsBacaan 2 menit
Mercedes Benz AMG SL 63 Nampang Di Queen Of Tears
- NewsBacaan < 1 menit
iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi
- NewsBacaan 2 menit
Lampu DRL Audi A3 Terbaru Bisa Diubah Sesuai Selera
- Duotomotif
Review Modifikasi Semi-alto Hyundai Creta Prime
- NewsBacaan 3 menit
Intip Perbedaan Hyundai Stargazer X
- NewsBacaan 5 menit
Marcello Gandini dan Mobil-Mobil Ikoniknya
- Duotomotif
Review Wuling AIR EV Termurah Se-Indonesia
- Duotomotif
Review Honda WR-V