Connect with us

Tips

Servis Mobil Rutin, Perhatikan Ini

Bacaan 3 menit

Servis mobil berkala wajib dilakukan

Servis mobil wajib dilakukan nih apalagi kalau mobil kamu baru, walau kadang bingung dan pasrah aja sama montir atau bengkelnya buat di servis, tapi komponen-komponen apa aja yang perlu dicek saat servis harus kamu pahami.

Pertama-tama kamu harus paham apa konsep dari servis mobil berkala, servis berkala ini merupakan servis yang biasa dilakukan berdasarkan jarak tempuh atau jangka waktu. Contohnya, untuk mobil baru saat mencapai 1.000 km wajib servis mobil ke bengkel resmi untuk dicek keseluruhannya, setelah itu rutin per 10.000 km atau per 6 bulan mana dahulu yang lebih tercapai, kalau udah kelipatan 50.000 km atau 100.000 km, mobil kamu harus dicek secara menyeluruh atau servis mobil besar-besaran untuk menjamin kesehatan mobil.

Pada saat servis mobil ini beberapa komponen mobil yang harus kamu cross check dan tanyakan pada bengkel.

Ganti oli dan filter

Saat servis mobil oli dan filter jadi treatment yang wajib diganti, Oli mesin berfungsi untuk melumasi dan melindungi mesin dari keausan akibat gesekan. Seiring waktu, oli akan menurun kualitasnya dan kotor, sehingga harus diganti secara berkala. Kalau gak diganti, pasti kerasa deh mobil kamu jadi gak enak saat dikendarai, dan performa mobil juga turun.

Filter oli juga perlu diganti bersamaan pas ganti oli, karena berfungsi menyaring kotoran dan partikel yang bisa merusak mesin jika tidak disaring dengan baik. Jika komponen ini tidak diganti berkala, maka kotoran bisa masuk ke dalam mesin dan mengakibatkan kerusakan.

Cek kondisi aki

Walaupun kondisi mobil kamu baru, tapi cek kondisi aki juga wajib dilakukan saat servis mobil. Aki berfungsi sebagai sistem kelistrikan mobil. Mobil gak akan bisa di starter kalo aki rusak atau lemah. Tanda-tanda simple kalo aki sedang bermasalah misalnya saat klakson bunyi klaksonnya tidak nyaring, lampu redup, dan mesin sulit dinyalakan. So, jangan lupa tanyakan ke bengkel servis mobil kira-kira akinya masih aman gak ya?

Filter udara dan AC

Kalau mobil dipakai setiap hari mobil pasti ketemu dengan udara kotor dong. Oleh karena itu, Di dalam mobil sudah dipasang filter udara dan filter ac biar kita nyaman saat berkendara dengan mobil. Filter udara di mobil memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Agar hasilnya sempurna, udara yang disalurkan juga harus bersih dari kotoran

Selain itu, filter pada AC juga jangan lupa diganti. Filter AC memiliki fungsi untuk mencegah debu, kuman, bakteri dan partikel kecil agar tidak masuk ke evaporator. Sehingga udara yang dihasilkan dalam kabin mobil lebih bersih dan sehat.

Saat servis mobil, kedua filter ini harus dibersihkan atau bahkan bisa jadi diganti kalau kondisinya parah.

Kampas mobil

Perhatikan saat servis mobil untuk kampas rem dan kampas kopling. Kampas rem ada usianya, jadi semakin lama digunakan dan semakin bertambahnya usia pemakaian mobil, kinerja kampas rem tidak pakem lagi.

Kampas rem yang sudah menipis akan menyebabkan gesekan antar komponen logam dan mengurangi jumlah minyak rem. Selain itu dari sisi pengereman juga kurang pakem sehingga berbahaya.

Kampas kopling memiliki fungsi untuk memutus dan menyambungkan tenaga yang dihasilkan pada mesin ke sistem transmisi. Kampas kopling dilakukan penggantian saat mobil mencapai 30.000 km sampai 40.000 km.

Cara mengetahui kampas kopling pada mobil sudah minta ganti adalah pada akselerasi yang semakin lambat. Tanda-tandanya itu posisi pedal kopling akan tampak lebih tinggi atau saat perpindahan gigi terasa berat.

Spooring dan balancing

Sering lewat jalan rusak dan berlubang bisa mengubah presisi ban, jadinya posisi setir lebih kekanan atau kekiri, tidak seimbang.

Nah saat servis mobil inilah harus di benerin lagi posisinya seperti semula. Spooring merupakan proses meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal sesuai dengan pengaturan pabrikannya. Sementara itu, balancing adalah proses menyeimbangkan kembali.

Erat kaitannya dengan ban, jadi di cek sekalian apakah ban masih tebal atau minta ganti baru.

Cek semua lampu

Fungsi lampu mobil adalah sebagai penerangan mobil saat malam hari. Saat melakukan servis mobil, jangan lupa untuk cek semua lampu mulai dari lampu utama, lampu sen, lampu rem karena terkadang part ini sering disepelekan.

Kaki-kaki mobil

Part penting saat servis mobil adalah pengecekan kaki-kaki mobil, kalau sering melewati jalanan yang tidak halus maka bisa jadi semua komponen pada kaki-kaki mobil geser. Komponen yang di maksut adalah suspensi (Shockbreaker) yang berfungsi untuk peredam guncangan, tie rod berfungsi sebagai penghubung setir dan pengikat roda agar roda dapat berbelok ke kiri dan kanan, bentuknya bundar dan besarnya seperti kelereng, ball joint (bentuknya bola letaknya berada di dudukan roda dan berfungsi sebagai penghubung lengan ayun sehingga suspensi lebih mudah bergerak dan menahan roda agar tidak lepas), bushing (bentuknya karet sebagai peredam getaran agar tidak mengganggu komponen dengan metal lain yang berhubungan), bearing (leher yang fungsinya sebagai bantalan roda agar dan memperkecil gesekan pada sumbu putar sehingga putaran roda terasa lebih halus

Busi

Busi berperan sebagai pemantik pada mesin mobil. Kalau kotor membuat mobil sulit dinyalakan dan membuat bahan bakar menjadi boros. Idealnya, busi harus diganti setiap menempuh jarak 20.000 km.

Jadi, buat kamu yang punya mobil baru atau yang ngerasa nyetirnya gak bener wajib banget servis mobil rutin. Pastikan ngobrol sama montir di bengkelnya biar gak ada yang ke skip.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Mobil Overheat, Gak Usah Panik! - Halotomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips

Jalan Bareng Anak Gak Pake Drama, Bareng Hyundai Stargazer

Bacaan 3 menit

Hyundai Stargazer

Buat para orang tua, pasti relate banget ya kalo jalan bareng anak atau toddler tuh jadi tantangan. Tapi tenang, sekarang gak perlu khawatir banyak drama lagi kalo perjalanan bareng si kecil. Soalnya ada Hyundai Stargazer yang siap nemenin kamu dan keluarga dengan fitur family-friendly nya. Cek di sini! 

Calm Down Corner: Si Kecil Bisa Chill 

Hyundai Stargazer punya kabin super lega, apalagi kalo kamu pilih yang versi captain seat. Area tengahnya ini bisa disulap jadi “calm down corner”, yah semacam space pribadi buat si kecil ngadem dan santai. Kamu bisa bawa bantal kesayangan, boneka-boneka favoritnya, buku cerita atau buku gambar buat jadi temen main si kecil. Ada 30 ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatin, plus bagasi fleksibel, jadi semua perlengkapan bisa dibawa tanpa ribet dan berantakan. Tapi tetep ya, ibu-ibu, bapak-bapak, si kecil harus selalu dalam pengawasan. 

Snack Station: Storage Cemilan Gak Bikin Repot 

Udah paham dong, anak-anak kalo laper bisa langsung berubah moodnya. Nah untungnya di Hyundai Stragazer ini, ada banyak cup holder, center console storage, dan kompartmen kecil yang bisa kamu sulap jadi snack station mini. Jadi, kapanpun si kecil pengen nyemil, ya tinggal ambil aja. Gak perlu repot buka-buka tas bekal yang udah disusun rapih dari rumah. Lebih sastset, lebih tenang, daaaan lebih jauh dari tantrum. 

Pre-Tip Routine: Ajak Si Kecil Siap-Siap Bareng 

Gak kalah penting nih, sebelum perjalanan apalagi kalo perjalanan jauh, coba ajak si kecil ngobrol dulu. Anggap mereka kayak orang dewasa juga, kasih tau aturan di mobil, ajak diskusi soal mainan atau buku apa yang mau dibawa. Percaya deh, anak-anak tuh juga seneng banget kalo dilibatin. Biar makin nyaman, kamu bisa pake fitur Hyundai Bluelink buat nyalain mesin dan atur suhu kabin lewat HP. Jadi sebelum masuk mobil, kabin udah adem dan nyaman. Anak-anak juga bisa langsung happy begitu masuk mobil. 

Mainan Jadi Kunci

Last but not least, yang udah umum banget: jangan lupa bawa mainan-mainan favorit si kecil. Mulai dari boneka, puzzle mini, pop it, magnet board, busy book, atau mainan edukatif lainnya. Biar gak berantakan dan berceceran di mobil, mainannya bisa disimpen di kompartmen Stargazer. Gak cuma punya banyak storage multifungsi, Hyundai Stargazer juga udah dilengkapi layar sentuh 8 inci yang bisa connect langsung ke HP pake Apple CarPlay atau Android Auto. Jadi selama perjalanan, bisa play lagu-lagu favorit anak atau video-video edukatif supaya si kecil gak bosen. Karena itu kuncinya! 

Jadi gak perlu takut drama lagi, langsung cek Hyundai Stargazer di dealer Hyundai terdekat. Bisa dapetin ekstra benefit sampai 25 juta, DP ringan mulai dari 10%, sampe cicilan mulai dari 60ribuan aja per hari selama 3 tahun. 

Biar gak ketinggalan info, follow dan pantau terus sosial media Halotomotif dan @HyundaiMotorIndonesia.

Continue Reading

Tips

Cara Ngerawat Mobil dari Orang Tua Biar Gak Bikin Kecewa

Bacaan 2 menit

rawat mobil

Dikasih atau dibeliin mobil sama orang tua, pasti happy banget. Seneng sekaligus bangga karena ngerasa udah dikasih kepercayaan buat nyetir sendiri. Tapi inget ya, dapet mobil bukan cuma soal gaya-gayaan atau jalan bareng temen, itu juga jadi tanggung jawab dari pemberian orang tua. Nah biar makin dipercaya, ini cara yang bisa kamu lakuin biar orang tua kamu makin seneng.

1. Jangan Males Cuci Mobil

Salah satu rahasia mobil bisa keliatan keren, kuncinya: jangan males. Ini jadi hal paling basic dari rasa sayang kamu sama mobil, sekaligus jadi bukti kalo kamu emang “peduli” dan serius ngejaga pemberian orang tua. Tapi ingeet, jangan cuma bagian luarnya aja yang dibersihin, dalemnya juga harus diperhatiin. Jangan sampe pas bapak ibu ikut nebeng, ngeliat mobil kamu kotor, ada tumpahan kopi atau bungkus permen, tisu, kertas-kertas struk berserakan dimana-mana. 

Nah ada sedikit tips nih, cuci mobil baiknya 1-2 kali seminggu, tergantung seberapa sering kamu pake mobilnya. Atau misal kamu liat udah banyak debu, kena kotoran, apalagi setelah kena hujan, better nya sih segera dicuci biar gak kotor. Coba setiap weekend pagi, sambil nemenin bapak ngopi di teras, kamu keluarin peralatan cuci mobil: ember, lap, sabun cuci mobil, selang. Percaya deh, orang tua kamu pasti “meleleh” liat anaknya rajin. Pasti seneng karena beneran disayang sama kamu. Tapiii harus beneran ikhlas tuh ya nyuci mobilnya, jangan karena pengen dipuji aja. 

2. Perawatan Rutin Gak Boleh Diskip

Ini juga gak kalah penting. Mobil butuh perhatian lebih dari sekedar dicuci. Cek dan servis rutin hukumnya wajib. Apalagi kalo kamu dikasih mobil second atau antik yang udah jadi warisan turun temurun keluarga, pasti mobilnya punya banyak cerita. Supaya tetep awet, biar bisa kamu kasih lagi sampe ke anak cucu kamu, perlu banget buat dicek dan servis rutin dan konsisten. 

Gak cuma itu, ini juga jadi bukti ke orang tua kalo kamu udah cukup dewasa dan beneran bisa bertanggung jawab. Jangan nunggu rusak dulu baru dibenerin. Ganti oli, cek aki sama air radiator, pokoknya semuanya dicek. Kalo kamu udah biasa ngurus hal-hal teknis, yakin deh orang tua juga makin yakin & seneng karena kamu emang udah “layak” pegang kunci mobil sendiri. 

Baca juga: Tips Merawat Mobil Biar Jadi Warisan Anak Cucu

3. Ajak Orang Tua Jalan-Jalan

Keasikan punya mobil sendiri, malah lebih sering ngapel atau nongkrong sama temen sampe lupa ajak orang tua jalan-jalan. Jangan ya dik yaaaa. Bukan cuma bikin mereka ikutan happy, tapi jadi momen bonding juga plusss momen pamer dikit skill nyetir kamu ke orang tua. Apalagi kalo weekdays kamu udah sibuk kerja, atau kamu tim ngekost yang kalo pulang ke rumah cuma pas weekend. Sesekali ajak mereka jalan bareng, misalnya makan siang bareng pas weekend atau se-simple anterin ibu belanja ke pasar. Hal-hal kecil kayak gini tuh jadi cara paling simpel tapi paling tulus buat bilang “terima kasih”, bener gak?. 

Siapa tauuu kan, abis itu dibayarin beli bensin sama Bapak hehehe 

4. Jangan Asal Modif Mobil

Ya namanya juga pemberian orang tua, apalagi kalo warisan keluarga besar, pastinya punya ‘value’ lebih dari sekedar kendaraan. Sebelum kepikiran buat modif sana-sini, better ngobrol dulu sama orang tua. Tanya dulu, mereka oke gak kalau mobilnya diutak-atik. Kalo pun udah dikasih izin dari awal buat modif, pastiin modifnya juga gak berlebihan. Jangan cuma ngejar gaya tapi malah bikin performa mobil turun, boros, atau jadi gak nyaman dipake kalo sewaktu-waktu orang tua mau ikut nebeng atau pinjem. 

Ingeet aja, mobil pemberian sebenernya bukan bahan eksperimen. Itu aset, kepercayaan, dan bukti kasih sayang. Jadiii harus dirawat baik-baik, jangan sampe bikin kecewa. 

Continue Reading

Tips

Mobil Manual Atau Matic, Mana yang Paling Cocok Buat Pemula? 

Bacaan 2 menit

Masih bingung mau belajar nyetir pake mobil manual atau matic? atau kamu lagi mikir mau beli mobil pertama yang pas, tapi belum yakin enaknya pilih manual atau langsung matic? Wajar kok! banyak juga yang ngalamin hal yang sama, apalagi kalo baru pertama kali mau punya mobil atau belajar dari 0. Gak usah buru-buru, cari tau dulu yuk sini!

Emang Bedanya Mobil Manual dan Matic Itu Apa Sih?

Mobil manual itu kamu harus nginjek kopling dan pindah-pindah gigi sendiri pake tuas persneling. Pedalnya ada tiga: gas, rem, dan kopling. Jadi pas nyetir, kamu harus atur sendiri kapan harus oper gigi, tergantung kebutuhan, kecepatan, dan pastinya kondisi jalan. Kalo nyetir pake mobil manual, koordinasi tangan sama kaki harus oke, di awal mungkin agak ribet ya tapi nanti lama-lama juga terbiasa, apalagi kalo udah ngerti ritmenya. 

Nah, kalo mobil matic, semuanya udah serba otomatis. Pedalnya cuma ada dua: gas dan rem–gak ada kopling. Jadi kamu cuma perlu nginjek gas buat jalan dan rem buat berhenti, udah gitu aja. Kamu gak perlu mikirin mindahin gigi, emang lebih praktis apalagi buat yang baru belajar nyetir atau sering nyetir di jalanan macet. Pokoknya tinggal duduk, nyalain mesin, trus go jalan!

Baca juga: Tips Merawat Mobil Biar Jadi Warisan Anak Cucu

Manual vs Matic: Plus Minusnya Apa? 

Plusnya, mobil manual lebih irit bahan bakar, karena kamu bisa atur sendiri giginya sesuai kebutuhan. Selain itu, harga mobil manual juga biasanya cenderung lebih murah. Ini bisa jadi salah satu pertimbangan kalo budget kamu terbatas. Gak cuma harga belinya aja yang murah, biaya perawatannya juga cenderung lebih rendah. Karena kalo mau beli mobil, perlu juga tuh dipikirin biaya-biaya perawatannya. Mobil manual juga punya kontrol lebih baik, terutama kalo harus lewatin jalan tanjakan atau turunan. 

Kalo mobil matic, jelas lebih praktis dan nyaman terutama buat pemula. Kamu gak perlu mikirin kopling atau perpindahan gigi, cocok banget buat kamu yang gak suka ribet dan punya mobilitas tinggi di perkotaan yang macet udah jadi makanan sehari-hari. Nyetir mobil matic gak bikin gampang capek, apalagi kalo sering stop and go.

Tapiii, dibalik itu pastinya masing-masing ada kekurangannya juga. Mobil manual lebih teknis dan butuh banget skill nyetir yang lebih oke, jadi bisa terasa susah buat pemula. Apalagi kalo mobilitasnya tinggi di perkotaan, kaki bisa lebih cepet pegel karena harus sering mainin kopling. 

Nah mobil matic emang lebih gampang sih, tapi harus siap biaya perawatan yang lebih tinggi dan lebih boros bahan bakar, walaupun sekarang udah banyak teknologi buat ngurangin konsumsi bahan bakar. Trus, karena semua otomatis, kamu juga harus banget pinter buat nyesuain tenaga mesin, apalagi kalo lewat jalan tanjakan. Harus extra hati-hati. 

Terus, Buat Pemula Lebih Bagus Mana?

Jawabannya, tergantung kamu dan kebutuhannya kayak gimana. Intinya, kalo kamu baru banget belajar nyetir dan pingin cepet bisa jalan, mobil matic bisa jadi pilihan yang aman. Tapi kalo kamu pingin belajar nyetir yang “bener-bener nyetir”, mobil manual bisa kamu pertimbangin. 

Yang pentinggg, kamu harus nyaman dan percaya diri. Gak masalah pake mobil manual atau mobil matic, yang penting bisa nyetir dengan aman, bijak, dan tanggung jawab. Ada sedikit tips buat kamu yang baru belajar nyetir. 

  1. Gak usah gengsi belajar dari awal, semua orang juga pasti pernah kagok dan belajar dari 0 
  2. Belajar di jalanan yang cenderung sepi, misal di jalanan komplek dulu. Jangan langsung ke jalan besar 
  3. Cari orang yang sabar buat nemenin! Jangan sampe belajar nyetir jadi stres dan trauma buat kamu karena diomelin 🙁 

Gimana? Udah siap nyetir mobil?

Continue Reading

Trending