Connect with us

Tips

Servis Mobil Rutin, Perhatikan Ini

Bacaan 3 menit

Servis mobil berkala wajib dilakukan

Servis mobil wajib dilakukan nih apalagi kalau mobil kamu baru, walau kadang bingung dan pasrah aja sama montir atau bengkelnya buat di servis, tapi komponen-komponen apa aja yang perlu dicek saat servis harus kamu pahami.

Pertama-tama kamu harus paham apa konsep dari servis mobil berkala, servis berkala ini merupakan servis yang biasa dilakukan berdasarkan jarak tempuh atau jangka waktu. Contohnya, untuk mobil baru saat mencapai 1.000 km wajib servis mobil ke bengkel resmi untuk dicek keseluruhannya, setelah itu rutin per 10.000 km atau per 6 bulan mana dahulu yang lebih tercapai, kalau udah kelipatan 50.000 km atau 100.000 km, mobil kamu harus dicek secara menyeluruh atau servis mobil besar-besaran untuk menjamin kesehatan mobil.

Pada saat servis mobil ini beberapa komponen mobil yang harus kamu cross check dan tanyakan pada bengkel.

Ganti oli dan filter

Saat servis mobil oli dan filter jadi treatment yang wajib diganti, Oli mesin berfungsi untuk melumasi dan melindungi mesin dari keausan akibat gesekan. Seiring waktu, oli akan menurun kualitasnya dan kotor, sehingga harus diganti secara berkala. Kalau gak diganti, pasti kerasa deh mobil kamu jadi gak enak saat dikendarai, dan performa mobil juga turun.

Filter oli juga perlu diganti bersamaan pas ganti oli, karena berfungsi menyaring kotoran dan partikel yang bisa merusak mesin jika tidak disaring dengan baik. Jika komponen ini tidak diganti berkala, maka kotoran bisa masuk ke dalam mesin dan mengakibatkan kerusakan.

Cek kondisi aki

Walaupun kondisi mobil kamu baru, tapi cek kondisi aki juga wajib dilakukan saat servis mobil. Aki berfungsi sebagai sistem kelistrikan mobil. Mobil gak akan bisa di starter kalo aki rusak atau lemah. Tanda-tanda simple kalo aki sedang bermasalah misalnya saat klakson bunyi klaksonnya tidak nyaring, lampu redup, dan mesin sulit dinyalakan. So, jangan lupa tanyakan ke bengkel servis mobil kira-kira akinya masih aman gak ya?

Filter udara dan AC

Kalau mobil dipakai setiap hari mobil pasti ketemu dengan udara kotor dong. Oleh karena itu, Di dalam mobil sudah dipasang filter udara dan filter ac biar kita nyaman saat berkendara dengan mobil. Filter udara di mobil memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Agar hasilnya sempurna, udara yang disalurkan juga harus bersih dari kotoran

Selain itu, filter pada AC juga jangan lupa diganti. Filter AC memiliki fungsi untuk mencegah debu, kuman, bakteri dan partikel kecil agar tidak masuk ke evaporator. Sehingga udara yang dihasilkan dalam kabin mobil lebih bersih dan sehat.

Saat servis mobil, kedua filter ini harus dibersihkan atau bahkan bisa jadi diganti kalau kondisinya parah.

Kampas mobil

Perhatikan saat servis mobil untuk kampas rem dan kampas kopling. Kampas rem ada usianya, jadi semakin lama digunakan dan semakin bertambahnya usia pemakaian mobil, kinerja kampas rem tidak pakem lagi.

Kampas rem yang sudah menipis akan menyebabkan gesekan antar komponen logam dan mengurangi jumlah minyak rem. Selain itu dari sisi pengereman juga kurang pakem sehingga berbahaya.

Kampas kopling memiliki fungsi untuk memutus dan menyambungkan tenaga yang dihasilkan pada mesin ke sistem transmisi. Kampas kopling dilakukan penggantian saat mobil mencapai 30.000 km sampai 40.000 km.

Cara mengetahui kampas kopling pada mobil sudah minta ganti adalah pada akselerasi yang semakin lambat. Tanda-tandanya itu posisi pedal kopling akan tampak lebih tinggi atau saat perpindahan gigi terasa berat.

Spooring dan balancing

Sering lewat jalan rusak dan berlubang bisa mengubah presisi ban, jadinya posisi setir lebih kekanan atau kekiri, tidak seimbang.

Nah saat servis mobil inilah harus di benerin lagi posisinya seperti semula. Spooring merupakan proses meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal sesuai dengan pengaturan pabrikannya. Sementara itu, balancing adalah proses menyeimbangkan kembali.

Erat kaitannya dengan ban, jadi di cek sekalian apakah ban masih tebal atau minta ganti baru.

Cek semua lampu

Fungsi lampu mobil adalah sebagai penerangan mobil saat malam hari. Saat melakukan servis mobil, jangan lupa untuk cek semua lampu mulai dari lampu utama, lampu sen, lampu rem karena terkadang part ini sering disepelekan.

Kaki-kaki mobil

Part penting saat servis mobil adalah pengecekan kaki-kaki mobil, kalau sering melewati jalanan yang tidak halus maka bisa jadi semua komponen pada kaki-kaki mobil geser. Komponen yang di maksut adalah suspensi (Shockbreaker) yang berfungsi untuk peredam guncangan, tie rod berfungsi sebagai penghubung setir dan pengikat roda agar roda dapat berbelok ke kiri dan kanan, bentuknya bundar dan besarnya seperti kelereng, ball joint (bentuknya bola letaknya berada di dudukan roda dan berfungsi sebagai penghubung lengan ayun sehingga suspensi lebih mudah bergerak dan menahan roda agar tidak lepas), bushing (bentuknya karet sebagai peredam getaran agar tidak mengganggu komponen dengan metal lain yang berhubungan), bearing (leher yang fungsinya sebagai bantalan roda agar dan memperkecil gesekan pada sumbu putar sehingga putaran roda terasa lebih halus

Busi

Busi berperan sebagai pemantik pada mesin mobil. Kalau kotor membuat mobil sulit dinyalakan dan membuat bahan bakar menjadi boros. Idealnya, busi harus diganti setiap menempuh jarak 20.000 km.

Jadi, buat kamu yang punya mobil baru atau yang ngerasa nyetirnya gak bener wajib banget servis mobil rutin. Pastikan ngobrol sama montir di bengkelnya biar gak ada yang ke skip.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Mobil Overheat, Gak Usah Panik! - Halotomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips

Wiper Mobil Biar Awet Emang Harus Diangkat?

Bacaan 2 menit

Wiper Mobil diangkat atau gak ya?

Wiper mobil diangkat itu cuma mitos atau fakta? Baca sampai habis.

Masih banyak yang bingung apakah wiper sebaiknya diangkat atau tidak ketika mobil diparkir. Sebenarnya, tergantung kondisi dan juga teknologi wipernya.

Biar sedikit ada pencerahan, yuk dibahas!

Kondisi cuaca

Salah satu alasan orang angkat wiper biar karetnya dan kaca depan mobil gak rusak karena efek dari cuaca ekstrim.

Musim Dingin : Kalau tinggal di daerah salju atau suhu di bawah nol derajat Celcius, sangat disarankan untuk angkat wipernya saat parkir. Jadi wiper bisa terhindar dari pembekuan pada kaca depan yang dapat merusak karet wiper dan menyebabkan kesulitan saat mau dipake lagi. 

Panas terik: Kayak di Indonesia, masih sering ditemuin orang angkat wiper saat parkir diluar ruangan dibawah terik matahari. Padahal gak diangkat juga gak masalah, karena teknologi wiper jaman sekarang udah tahan dengan panas tinggi. So, wipernya gak bakal kering.

Menghindari kerusakan kaca depan

Ada juga yang beranggapan angkat wiper bisa ngelindungin kaca depan dari goresan. Ada yang berlogika, karet wiper yang nempel di kaca mobil secara terus menerus bisa bikin kaca kegores, padahal goresan yang terjadi itu karena ada pasir atau debu yang terperangkap di karet wipernya. Jadi bukan permasalahan posisi wipernya harus rebahan atau berdiri hehe.

Biar mencegah goresan, lebih baik rajin bersihin kaca dan lap karet wipernya tapi harus handle with care ya hehe.

Pengaruh di sistem wiper mobil

Jaman udah makin maju guys, beberapa mobil sekarang ini udah punya teknologi wiper yang bagus tanpa harus diangkat pas parkir. Kalau wiper diangkat terlalu sering, ada kemungkinan mekanisme penggeraknya bisa jadi kendor, apalagi kalau lo gak hati-hati. Kalau diangkat akan nyebabin per atau pegas pada tangkai wiper bakal cepet rusak karena ada penumpukan berat. Malah lebih mahal ganti tangkai wipernya daripada karet wipernya lho.

Pertimbangan dari produsen mobil

Beberapa produsen mobil juga udah kasih panduan tentang wiper sebaiknya diangkat atau gak saat parkir. Sebagian besar dari mereka ngerekomendasiin agar wiper dibiarkan dalam posisi normal saat parkir. Untuk situasi tertentu misal lagi parkir dalam suhu sangat dingin, produsen biasanya udah nyediain solusi seperti defroster atau pengaturan wiper otomatis yang bisa cegah masalah beku.

Lo tipe yang angkat wiper apa gak nih?

Baca juga tips lain ini ya : Dilarang Bunyiin Klakson di Tempat Ini!

Continue Reading

Tips

Dilarang Bunyiin Klakson di Tempat Ini!

Bacaan 2 menit

Tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin~~ 

Suka sebel kan sama yang gak urgent tapi ngeklaksonnya bikin pusing kepala dan jantungan. Dilarang bunyiin klakson sembarangan ya, karena secara definisi, klakson itu alat yang difungsikan buat kasih peringatan ke pengendara lain atau pejalan kaki biar tau keberadaan mobil. Jadi, bisa terhindar dari kecelakaan. Kalau sembarangan klakson bisa kena sanksi hukum juga.

Ini beberapa tempat yang ngelarang penggunaan klakson atau sangat dibatasi:

Tempat ibadah

Udah tau dong kalau tempat ibadah itu sakral. Kalo kata bokap “Jangan berisik pas lagi sholat!”. Berisik aja gak boleh apalagi bunyiin klakson yang berlebihan. Bisa bikin kaget orang yang lagi ibadah yang akhirnya bisa diamuk masa!

Dengan lo gak bunyiin klakson di dekat tempat ibadah sama artinya lo juga menghargai waktu beribadah umat beragama kan.

Area rumah sakit

Kalau yang di area ini bener-bener BIG NO! Dilarang banget bunyiin klakson. Karena lokasi ini kan butuh ketenangan, banyak pasien yang lagi jalanin perawatan juga jadi butuh calm down dan jauh dari kebisingan. Coba bayangin kalo lo lagi di rumah sakit terus lagi istirahat siang, tiba-tiba dikagetin sama suara klakson, dueeer langsung darah tinggi kan! 

Ambulance aja yang punya prioritas untuk ke area rumah sakit juga harus ‘pelanin’ bahkan matiin sirinenya kalau udah sampai di area rumah sakit.

Sekolah

Sekolah yang lokasinya di sepanjang jalan utama atau daerah padat penduduk, juga jadi area yang dilarang untuk bunyiin klakson. Karena ada banyak anak-anak yang jadi pengguna jalan, bisa jadi kaget dan panik kalau ada klakson yang terlalu kenceng. Jadi, udah ada aturan lalu lintas juga yang ngelarang bunyiin klakson di sekitar sekolah terutama pas jam-jam masuk dan pulang sekolah. 

Selain itu, suara klakson yang keras bisa ganggu konsentrasi dan kenyamanan guru dan siswa yang ada di dalam lingkungan sekolah. Inget gak pas jaman masih sekolah, kalau berisik di kelas juga sering kena marah guru.

Perumahan

Ada quote home sweet home, tapi kalau ada yang bikin bising jadi gak sweet jadinya bitter hmm~ 

Kawasan perumahan jadi zona yang dilarang buat bunyiin klakson soalnya bisa mengganggu kenyamanan dan ketenganagan warganya. Apalagi di jam-jam pagi hari waktunya riweuh nyiapin bekal atau mau berangkat kerja, dan malam hari yang mana emang mau istirahat. Cukup pertengkaran antar tetangga aja yang bikin pusing, jangan ditambahin sama suara klakson yang bikin kaget.

Kalau mau bunyiin klakson di area pemukiman bisa aja, tapi kalau ada keadaan darurat atau untuk mencegah kecelakaan.

Lingkungan yang sedang berduka

Ya kalau ini gak perlu dijelasin, kesadaran diri aja gak? Si sopan tuh kalau ada yang lagi berduka tiba-tiba ngebunyiin klakson.

So, bunyiin klakson emang penting untuk keselamatan tapi di tempat yang tepat. Karena klakson itu buat peringatan bukan untuk shock therapy.

Tetap jadi pengguna lalu lintas yang baik ya~

Continue Reading

Tips

Udah Ada Carport, Masih Perlu Cover Mobil?

Bacaan 3 menit

Cover mobil ternyata menjadi hal penting

Punya mobil udah, punya carport udah. Tapi ada satu hal yang menurut Halotomotif penting walaupun sederhana yaitu cover mobil. Apalagi kalau lo masih belum ada carport, kejemur dan keujanan deh mobil kesayangan lo. Ini nih alasan-alasan kenapa sebaiknya pakai cover.

Perlindungan dari cuaca ekstrem

Udah pada tau kan ya kalau negara +62 ini adalah negara dengan iklim tropis yang sering mengalami perubahan cuaca ekstrem. Hujan deras, panas terik, terus kelembaban tinggi dapat mempengaruhi kondisi cat dan material pada mobil. Air hujan yang mengandung asam bisa merusak lapisan cat, kalau sinar UV dari matahari bisa buat warna mobil memudar dan menyebabkan retak pada permukaan interior. Fungsinya, bisa meminimalisir dan melindungi dari pengaruh buruk cuaca ini, sehingga kondisi mobil tetap mulus.

Melindungi dari debu dan kotoran

Walaupun udah parkir di garasi, mobil tetap bisa kena debu dan kotoran yang berterbangan. Debu yang nempel di mobil lo dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan goresan halus pada cat mobil, apalagi kalau lo langsung lap mobil tanpa cuci terlebih dahulu. Cover mobil berfungsi sebagai penghalang antara debu, jadi bisa ngurangin resiko goresan dan menjaga mobil tetap bersih lebih lama.

Melindungi dari benturan dan goresan

Suka parkir di tempat umum? Baik-baik deh kena benturan dari pintu mobil lain atau benda jatuh. Gunanya ya jelas buat meminimalisir kejadian yang gak terprediksi jaya jaya jaya. Setuju gak?

Jalan ninja terhindar dari pencurian dan vandalisme

Cover mobil bisa jadi penghalang visual yang efektif untuk mencegah maling dan vandalisme. Mobil yang tertutup akan lebih sulit dikepoin sama pencuri, apalagi kalau si pencuri mencari model atau merek tertentu. Pencuri gak ada waktu tuh buat buka dulu cover mobilnya.

Sebenernya pake sarung mobil juga bisa bikin gak overthinking lagi mikirin kena goresan, atau kejemur terus cat mobil jadi memudar, kena ujan, kena debu, dll. Terus cover mobil juga bikin nilai jual mobil lo tetep tinggi karena gak ada defect-defect alias terawat dengan baik.

Rekomendasi cover mobil

Ada rekomendasi cover mobil nih dari Halotomotif yaitu Cover Super. Sesuai namanya, cover ini super melindungi mobil lo karena produknya terbuat dari material polyester rocky Jepang grade A+. Jadi bahannya tahan air, anti debu, anti jamur, dan 100% UV protection. Btw, produk ini hasil dari riset lebih dari 10 tahun, jadi satu-satunya cover mobil di Indonesia dengan material berkualitas tinggi yang teruji laboratorium dan bergaransi. Gak heran kalau Cover Super punya masa pakai yang panjang.

Kelebihan Cover Super

  1. Customable – Mobil lo udah di modifikasi, pengen ukuran khusus, tambah sablon logo atau gambar favorit, bisa!
  2. Pengerjaan Cepat – Waktu pengerjaan hanya 4-6 hari untuk menghasilkan cover yang presisi dan pas sesuai kebutuhan mobil lo.
  3. Garansi body fit – Kalau cover yang datang kebesaran atau kekecilan? Langsung diganti/perbaiki tanpa tambahan biaya.
  4. Garansi Perbaikan Produk. Barang nggak sesuai atau cacat produksi? Bakal ditukar yang baru.
  5. Garansi Biaya Servis. Cover melunturi bodi mobil saat dipakai? Kami tanggung biaya perbaikannya.


Bingung pilih yang mana? Klik link ini aja Cover Super Xtreme Outdoor Xtra Bodyfit !

Continue Reading

Trending