Tips
RON 92, 95, 98… Ini Angka Apa Sih Sebenernya?
Pernah liat angka-angka di pom bensin? 92, 95, 98… sebenernya itu apa sih? Angka kelahiran? Ofkorsss bukan dong. Itu kepanjangannya Research Octane Number sering disingkat RON. Pasti kamu pernah denger orang-orang bilang “isi bensin sesuai RON” biar gak ngerusak mobil atau motor. Oke sini kita bahas!
Jadi Gini…
Pembakaran di mesin kendaraan kan ada beberapa proses. Idealnya, flownya gini: udara + bensin > dikompresi > disulut busi > meledak > dorong piston > mobil jalaaan.
Nah peran RON tuh kayak time keeper buat ngejaga proses pembakaran di mesin bisa teratur, sesuai, dan stabil, jadi kinerja mesinnya juga optimal. Kalo kamu sadar, di deket tutup tangki bensin kendaraan kamu ada angka kayak 88, 92, 95, atau 98. Itu bukan angka kelahiran ya, itu angka yang jadi arahan rekomendasi buat kamu isi bensin yang sesuai.
Kalo kamu isi RON bensin yang kurang dari rekomendasi seharusnya, pembakaran bensinnya bisa lebih cepet dari seharusnya atau gampangnya udah meledak sebelum waktunya. Yah namanya meledak sebelum waktunya, jadi bisa ngerusak mesin kamu. Nah kejadian itu disebut ‘knocking’ yang kalo dibiarin terus, bisa bikin gak optimal lagi performa mesin kendaraan kamu ke depannya.
Perbedaaan Angka RON

Sebelumnya, kamu bisa cek dulu di motor atau mobil kamu angkanya berapa. Ini perbedaan yang mesti kamu tau
Pertama, RON 90, cocok buat kendaraan yang cuma biasa dipake buat harian, misalnya jalan-jalan, mobilitas rumah-kantor, pokoknya buat kamu yang pake kendaraan buat wara-wiri standar kegiatan sehari-hari.
Kedua, RON 92, naik sedikit dari sebelumnya, RON ini buat mobil kamu yang agak lebih ‘sensitif’, biasanya buat mobil keluaran baru atau mesin yang gak bisa sembarangan dikasih ‘minum’.
Ketiga, RON 95-98, nah ini tertinggi diantara sebelumnya. Kalo kamu punya mobil sport atau high performance, ini paling pas banget ngedukung kamu ngebuttt. The best lah buat mobil yang tenaganya kelas atas.
Kenapa harus isi RON bensin yang sesuai?
Bayangin yaa, kamu lari pake sepatu yang gak pas – kekecilan atau kebesaran. Kalo kekecilan, dipaksa terus lama-lama sakit, kalo kebesaran juga jadi kurang nyaman dipakenya. Sama kayak bensin. Kalo dikasih RON yang gak sesuai, motor atau mobil kamu jadi harus kerja ‘extra’ buat nyesuain energi yang masuk.
RON yang kekecilan bikin kinerja mesin jadi gak optimal. Tapi kalo kamu kasih RON yang lebih tinggi pun sebenernya efeknya gak banyak signifikan ke performa kendaraan, malah bisa bikin boros dompet. Makanya, paling aman yang sesuai rekomendasi aja. Gak cuma buat hari ini, tapi buat ngejaga mesin kamu biar tetep sehat & optimal sampe jangka panjang.
Jadi sekarang kalo ke pom bensin, jangan jawab “kayak biasa” lagi ya! Langsung cek rekomendasi RON di kendaraan kamu biar gak lupa. Follow Instagram @halotomotif.id buat cek update harga bensin terbaru. Jangan sampe ketinggalan!