Tips
Cara Aman Nyetir Mobil Manual Di Jalan Tanjakan
Kalau yang baru belajar nyetir mobil, biasanya bagian paling susah itu markirin mobil sama nyetir di jalan tanjakan. Tapi jangan takut dan jangan sedih, kuncinya adalah terus latihan dan berdoa semoga gak ngerusak mobil orang atau mobil kursus hehe. Ini ada beberapa cara aman yang bisa diikutin pas lagi nyetir mobil di jalan tanjakan, gak cuma buat yang baru belajar nyetir, tapi bisa juga sebagai reminder buat yang nyetirnya udah lancar jadi mobilnya tetep sehat wal afiat.
Jaga jarak
Paling awal yang bisa dilakuin sama kita, bukan jarak diantara kamu dan dia ya tapi maksudnya jarak antara mobil kita dengan mobil yang di depan. Gak usah terlalu jauh juga, tapi yang kerasanya aman aja jadi semisal si mobil depan meluncur karena gak kuat nanjak kita masih bisa gercep buat cari aman.
Set transmisi rendah
Amannya kalau kita lagi di jalanan yang nanjak itu pake gear 1 atau 2. Misalnya jalanannya agak nanjak, transmisi atau gear-nya masih bisa di 2. Tapi kalau udah curam banget, mending ikutin kata orangtua ya tetep di 1.
Tarik rem tangan
Kalau lagi parkir biasanya kita tarik rem tangannya biar mobilnya gak bergerak atau jalan lagi. Ini juga sama, pas lagi tanjakan dan biar si mobil gak meluncur bebas tarik aja rem tangannya. Nanti pas mau jalan lagi baru deh rem tangannya dilepas lagi.
Pake rem kaki
Part ini butuh extra latian ya apalagi buat yang baru belajar, harus hati-hati banget. Soalnya gak cuma teori aja yang kita praktekin tapi ada sedikit feeling buat ngerasain pas lagi ngeremnya. Maksudnya gimana tuh? Pas ditanjakan kita kudu atur strategi permainan kaki, kolaborasi antara pedal gas dan kopling. Kalau keduanya diinjek itu otomatis berhenti, dan kalau mau jalan lagi tinggal dilepas pelan-pelan pedal koplingnya. Nah, gimana tuh? Silahkan dicoba dulu.
Dan terakhir paling penting please diingat ya, kalau ngantuk harus melipir dulu atau gantian nyetir deh sama orang sebelahnya. So, that’s it reminder singkat biar kita tetep aman kalau lagi nyetir mobil di jalanan nanjak. Langsung komen ya kalau ada tambahan lagi!
Pingback: Panas Dingin Kalo Parkir di Tanjakan atau Turunan? Ini Tipsnya. - Halotomotif