News

Rivian Release 3 Electric SUV R2, R3, R3X

Published

on

Tanggal 7 Maret 2024 di Laguna Beach, California, U.S. Rivian resmi memperkenalkan 3 electric SUV mereka yang berkonsep family friendly dan juga adventure.

Setelah meluncurkan R1, banyak masukan yang diterima oleh Rivian untuk membuat mobil yang cocok digunakan sehari-hari dan jelasnya yang lebih murah ya. Dari masukan tersebut, Rivian mengabulkan permintaan fans mereka, dengan mengeluarkan mobil Rivian 5 seater, yang sebelumnya Rivian memiliki double cabin R1T dan 7 seater R1S.

Welcome R2,

Rivian R2

Boxy style masih dibawa oleh Rivian di mobil ini. Dengan panjang 4.715 mm, lebar 1.700mm serta wheelbase 2.935mm. Mengutip dari omongan sang CEO RJ Scaringe dia menambahkan compartment sebanyak 2 gloves box jadi nambah storage si Rivian R2 ini. Karena konsepnya ini mobil untuk adventure, row 1 dan row 2 bisa dilipat secara data atau Fold-flat seats, keren bisa jadi invisible mattress!!

Untuk bagian kaca belakang bagian kiri dan kanan bisa dibuka keluar biar angin sejuk bisa masuk kedalam sehingga sirkulasi udaranya baik, terus kaca bagasi belakang ada powered rear glass jadi bisa diturunin ke bawah guys. Fungsinya kalau mau masukin barang seperti papan surfing, atau mungkin bawa tiang yang panjang mobil R2 ini masih muat hehe.
Rivian R2 juga tidak melupakan signature dari mobil Rivian lain, ada flashlight di pintu depan jadi kalau sewaktu-waktu butuh senter bisa langsung dipakai.

Halotomotif_Rivian R2

Gimana sih performanya? Waaaah ya pasti tidak biasa dong.

Dengan rakitan teknologi internal Rivian, akan ada konfigurasi Single-Motor (RWD), Dual-Motor (AWD), dan Tri-Motor (dua motor di belakang dan satu di depan) pada mobil ini. Rivian R2 ini punya 4.629 cylinder battery cell yang bisa menempuh jarak kurang lebih 300 km. Mode fast charging jadi kalau ngisi baterai 10-80% hanya dalam 30 menit. Dan yang paling penting Rivian R2 ini kecepatannya kurang dari 3 detik untuk 0-60 mph. Kenyamanan berkendara juga diperhatikan, sudah dilengkapi dengan 11 sensor mengelilingi mobil dengan 5 radar.

Harganya? Ya jauh lebih murah dari SUV R1, dibanderol dari harga $45.000 dan sudah bisa dipesan sekarang, tapi baru dikirim di tahun 2026.

Kalau misalkan gak suka model boxy dan lebih compact lagi, berarti silahkan idam-idamkan Rivian R3 ini.

Hello gorgeous R3,

Rivian R3

Ukuran dari Rivian R3 ini sedikit lebih kecil dari R2, wheelbase-nya 1.800mm. Kalau interior dan spesifikasinya sih kurang lebih sama dengan R2, yang bikin beda bagian bagasi. Rivian R3 bagasinya udah elektrik, jadi gak ribet kalau mau buka, ada wiper juga dibagian belakang mobil, dan kaca belakangnya bisa dibuka keatas. Lagi-lagi gunanya untuk memuat barang-barang yang panjang.

Rivian R3
Rivian R3

Gimana? lebih kece Rivian R3 kan? Untuk harga Rivian R3 ini akan lebih murah dari Rivian R2 karena ukurannya lebih kecil juga kan. Kita tunggu aja di 2027 mobil ini sudah bisa dibeli langsung di dealer Rivian.

Nah sekarang, apa perbedaan dengan R3X?

This is R3X,

Menurut CEO RJ Scaringe, “It’s not a rock crawling vehicle, but it’s more of a higher speed type of vehicle” , jadi otomatis lajunya dibikin lebih cepat dari R3. Selain itu, interiornya dibikin kombinasi warna yang playful, sehingga menampilkan kesan sporty dan adventure banget.

Rivian R3
Rivian R3X
Rivian R3X
Rivian R3X
Rivian R3X

Sama halnya dengan R3, R3X masih belum bisa dipesan tahun ini, kemungkinan akan ready di 2027 juga. So, kalau udah ngincer yang R3 dan R3X nabung dulu mulai sekarang!

1 Comment

  1. Pingback: New Volkswagen: ID.3 GTX dan ID.7 GTX Tourer - Halotomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Exit mobile version