News

Mulai 1 Juli 2024 Urus SIM Pakai BPJS, Gimana yang Nunggak?

Published

on

Masih anget-angetnya nih! Buat kamu yang mau urus SIM, mulai tanggal 1 Juli 2024 nanti harus nyertain BPJS Kesehatan aktif. Kebijakan perpanjang SIM pakai BPJS bukan untuk mempersulit masyarakat kok. Kepolisian pingin memastikan semua masyarakat Indonesia terlindungi jaminan kesehatan tanpa ada dikecualikan.

FYI, kebijakan perpanjang SIM A, SIM B, dan SIM C pakai BPJS masih diujicobakan sampe 30 September 2024 nanti. Lokasinya sendiri ada di Aceh, Sumatera Selatan, Sumatra Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Bali, dan Kalimantan Timur. 

Aturan perpanjang SIM pakai BPJS

BPJS dijadikan syarat perpanjangan SIM udah ada aturannya, lho! Yakni sesuai Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 2 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang penerbitan dan Pendanaan SIM. 

Meski udah ada aturan tertulis, mekanisme perpanjang SIM pakai BPJS masih perlu sosialisasi dan edukasi ke masyrakat luas. Jadi, gak usah buru-buru bingungin BPJS. 

Gimana kalo nunggak BPJS?

Buat kamu yang punya tunggakan BPJS tetep bisa perpanjang SIM, kok. Dikutip dari Humas Polri, Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol. Heru Sutopo bilang, kalo mau lunasin tunggakan, ada beberapa situs pembayaran yang bisa diakses. Ada juga opsi cicilan iuran lewat pendaftaran daring. Nantinya, kamu bisa pake bukti pendaftaran cicilan buat perpanjang SIM.  

Kalo mau tau aktif atau gaknya status kepesertaan BPJS, kamu cek Pelayanan Administrasi lewat Whatsapp Pandawa di nomor 0811816516. Opsi lain pake aplikasi Mobile JKN di fitur kepesertaan anggota. Bagi yang menunggak bisa ngelampirin bukti pelunasan tunggakan, ya!

Pendaftaran BPJS baru

Beda halnya kalo kamu belum daftar kepesertaan baru. Disarankan, kamu daftar di nomor Whatsapp Pandawa nomor 0811816516 atau aplikasi Mobile JKN juga, ya! Kalo kamu bingung, dateng langsung aja ke pusat BPJS di kota terdekat. Satu minggu pertama uji coba bakal ada petugas BPJS yang bantu pengurusan SIM pakai BPJS. 

Itu tadi penjelasan seputar kebijakan perpanjang SIM terbaru. Kira-kira daerah termasuk bagian uji coba gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Exit mobile version