News

Mercedes Benz G580: The All-new Electric G-Class

Published

on

Mobil offroad listrik pertama kepunyaan Mercedes, gak dikasih nama EQG di mobil ini. Tapi Mercedes Benz G580 with EQ Technology 😎😎.

G-class ini tipenya all wheel drive punya tenaga 579 hp dengan torsi 859 lb-ft. Akselerasi dari 0 hingga 60 mph dalam 4,6 detik. Kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik hingga 112 mph. Untuk jarak tempuhnya belum tertera di situs resmi Mercedes.

Tipe baterai Lithium-ion, kapasitasnya 116 kWh. Daya pengecasan kalau AC (11kWh) dari 10%-100% dalam waktu 13,5 jam. Kalau fast charging (200kWh) dari 10%-80% membutuhkan waktu 32 menit.

Yakin bisa diajak offroad?

Walaupun banyak yang masih ragu kalau mobil elektrik bisa diajakin offroad, tapi Mercedes Benz G580 ini nyaman untuk offroad. Ada Offroad Cockpit yang menyediakan 3 fitur yaitu low range gear, G-Turn dan G-Steering.

G-TURN dimana G-Class listrik dapat berputar di tempat (kayak gasing hehe). Mobil ini bisa melakukan hingga dua putaran penuh ke arah yang diinginkan pada permukaan off-road yang tidak beraspal atau spacenya luas ya.

G-STEERING dapat secara signifikan mengurangi lingkaran belok G 580 dengan Teknologi EQ saat offroad. Misal ditikungan tajam dan butuh berbelok, roda belakang akan ke lock, tapi roda depan tetep memutar sesuai dengan arahan kita sehingga memudahkan untuk berbelok dengan cepat.

Fitur lain dari Mercedes Benz G580

Yang lucu adalah suara mesin dari mobil ini yang namanya G-ROAR: the sound of the all-new electric G-Class. Ada 2 tipe suara “Aura” dan “Event, kalau “Aura” lebih lembut alunannya bisa didengar di sekitar kendaraan saat kita mendekati G-Class listrik dan membuka kunci pintu. Kalau “event” baru kedengeran pas masuk dan nutup pintu mobil, nyalain dan matiin mesin, dan saat membuka pintu di akhir perjalanan. Pas ngecharge juga nanti ada suara unik dari mobil ini. Gak standard lah!

Ada fitur Keyless-Go, untuk lock mobilnya cukup dengan nempelin tangan diluar handle pintu, kalo unlock mobilnya cuma dengan masukin tangan ke cekungan handle pintunya aja. Wooow!

Tipe yang keluar ini adalah Edition One dan baru ada di pasar eropa aja, harganya masih estimasi nih diangka $180.000 atau 2,9M. Kalau ada edition one? Berarti akan ada edition lainnya dong. Kita tunggu aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Exit mobile version