News

iCar – Mobil Listrik Apple Batal Diproduksi

Published

on

Buat yang belum tau di tahun 2017, perusahaan besar Apple ngumumin kalau mereka lagi garap project mobil listrik yang namanya Titan. Keren ya Apple terus develop macem-macem produknya gak cuma Iphone yang udah banyak seri dan laku banget, ada Macbook juga dan kemarin terakhir rilis Vision Pro nya.

CEO Apple, Tim Cook pernah kasih clue kalau Apple tertarik buat masuk industri mobil cuma emang gak secara resmi juga ngumumin rencananya ini untuk ditawarin ke pasaran. Dan ternyata plan mobil listrik-Titan udah sering banget berubah jadinya banyak ketunda, ditambah lagi miliaran dollar dihabisin buat bikin mobil nya.

Apple udah ngelewatin segala proses di project Titan ini, dari mulai ngerekrut banyak insinyur brand mobil ternama terus nge-hire eksekutif dari brand besar kaya Lamborghini dan Tesla buat ngawasin developingnya sampai akuisisi startup kendaraan otonom. Awalnya mobil Titan mau diluncurin tahun 2026, tapi dalam prosesnya harus ditunda sampe tahun 2028 yang akhirnya tahun 2024 ini diputusin kalau project diberhentikan.

Dengan distop-nya project Titan, ada 2000 karyawan yang bakalan kena imbasnya. Menurut berita dari Bloomberg, beberapa karyawan yang terlibat dalam project ini bakal dipindahin ke divisi lain salah satunya divisi AI generative dan ada banyak yang di PHK juga. Kaget pasti ya mereka, project udah jalan bertahun-tahun develop sana sini ujung-ujungnya batal.

Alasan kenapa project Titan yang udah jalan 10 tahun distop belum clear, karena berita ini diumumin secara internal sama Chief Operating Office Apple Jeff Williams dan Wakil Presiden Project Titan Kevin Lynch selasa kemarin. Sayang banget ya padahal udah sukses ngeluarin produk-produk apple lainnya, kita tunggu aja terobosan apalagi yang bakalan digemparin sama Apple. Mungkin project mobil mereka dialokasiin untuk produk Apple yang lebih besar lagi, dan yang pasti para kompetitor mobil sedikit bernafas lega ya tentang kabar batalnya mobil Apple hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Exit mobile version