News

Baru Diresmikan, Ini Syarat Punya SIM C1 Buat Pemilik Moge

Published

on

Pengendara motor gede (moge) wajib punya SIM C1 dengan syarat tertentu! Spesifikasi motor moge di sini cuma buat motor kapasitas silinder 250-500 CC aja. Nah, sejak perilisannya tanggal 27 Mei 2024 kemarin, SIM C1 udah berlaku di seluruh Indonesia. 

Buat kamu yang belum tau, SIM C1 moge ini sebenernya gak langsung diresmiin gitu aja. Dilansir dari Korlantas Polri, rencana ini udah dari 3 taun lalu sesuai amanat Perpol tahun 2021. Masalahnya, buat kamu yang punya moge, udah siap daftar SIM baru belum?

Biar kamu gak ketinggalan info, simak persyaratan SIM C1 moge ini, ya!

Syarat punya SIM C1

Yang namanya bikin SIM udah mesti ada syaratnya. Menurut pasal 3 ayat (8) Peraturan Polri No.2 Tahun 2023, syarat pemohon SIM C1 harus punya SIM C minimal satu tahun atau 12 bulan. Syarat yang lain, pemohon harus ikut ujian tes teori, kompetensi, dan attitude.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa harus ada tes segala kalo udah ada SIM C? Ya, soalnya kategori motor SIM C dan SIM C1 udah beda. Kalo menurut Pak Aan Suhanan, pemohon SIM C1 harus ikut tes attitude atau sikap, soalnya Korlantas Polri pingin meminimalisir konvoi besar-besaran di jalan, seperti yang sering terjadi di Indonesia. 

Untuk ujian prakteknya, Korlantas Polri udah nyediain motor Hunter Scrambler SK500 dengan trek sepanjang 2,5 meter. Ada juga tes tertulis yang gak jauh beda sama tes SIM yang lain. Jadi, kamu tetep perlu belajar tertulis dan praktik biar lolos syarat SIM C1 moge ini, ya!

Baca juga: Tahun 2025 SIM Gabung NIK KTP, Gimana Kabar SIM Lama? 

Biaya SIM C1 

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2022 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak, biaya penerbitan SIM C1 Rp100.000. Biaya ini sama seperti biaya SIM C dan SIM C II. 

Ada lagi biaya cek kesehatan Rp35.000, tes psikologi Rp 60.000, dan asuransi kecelakaan pengemudi (gak wajib) Rp50.000. Jadi, kurang lebih biaya kamu keluarin sekitar Rp245.000 aja. 

Sekarang udah tau syarat pembuatan SIM C1 dan harganya kan? Cus, urus SIM sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Exit mobile version