News

Ada Hiu di GIIAS 2024, Halo Toyota Prius!

Published

on

Di GIIAS tahun lalu cuma mejeng doang, tahun ini di GIIAS 2024 Toyota All New Prius udah bisa lo beli. Mobil ini ada dua varian Prius HEV dan Prius Plug in Hybrid, tapi yang bisa diorder yang HEV terlebih dahulu.

Bagian depannya mirip hiu atau nama kerennya ‘hammerhead shark-like design’. Dimensi dari Toyota prius HEV ini punya panjang 4.599mm lebar 1.782mm tinggi 1.435mm, dengan wheelbase 2.750mm dan ground clearance 151mm. Untuk bagian peleknya 17 inch.

Soal performa Prius Hybrid menggunakan mesin 4 silinder, 16 katup, DOHC. Jadi bisa ngehasilin tenaga 72 kW pada 5.200 rpm dan torsi puncak 142 Nm pada 3.600 rpm. Gak cuma itu, ada tambahan motor penggerak listrik dengan tenaga 70 kW dan torsi puncak 185 Nm. Karena sumber penggerak roda berasal dari tenaga listrik, konsumsi bahan bakar mobil ini diklaim up to 30 km per liter. Wooow sekalian full electric aja gak sih? Hehe.

Sistem keamanan untuk Prius HEV juga udah lengkap. Karena ada sistem Toyota Safety Sense, mobil ini punya fitur Lane Tracing Assist (LTA), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beams (AHB), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Pre-Collision System (sistem radar yang udah terintegrasi jadi bisa ngebantu ngurangin risiko tabrakan dan kerusakan kalo ada tabrakan depan).

Bedanya sama Toyota Prius PHEV apa?

Di GIIAS 2024, Toyota ngenalin yang Prius Plug in Hybrid, dari desainnya serupa tapi tak sama. Kalau yang PHEV, ada tambahan panoramic sunroofnya yang bisa terbuka, dan ada panel surya untuk membantu mengisi daya baterai ketika mobil parkir di ruang terbuka. Terus kalau yang PHEV udah power tailgate ya, sedangkan varian HEV masih belum.

Berapa sih harganya? Harga Toyota Prius HEV start from Rp 698 juta OTR Jakarta. Kalau yang Plug in Hybrid masih harus sabar nunggu mungkin akan launch di akhir tahun ini atau awal tahun depan. Range harga beda Rp 100 jutaan lebih tinggi.

Gimana pecinta Toyota? Mending nunggu yang PHEV apa gas beli Toyota Prius HEV di GIIAS 2024?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

Exit mobile version